5 Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Rebusan Rambut Jagung

5 Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Rebusan Rambut Jagung

Burungnya.com – Pusing memikirkan cara menurunkan birahi Lovebird? Ternyata caranya cukup mudah, salah satunya dengan air rebusan rambut jagung. Selain itu, ada beberapa cara lain yang terbilang ampuh untuk menurunkan Lovebird birahi.

Selama ini, penurunan birahi pada burung Lovebird dapat dilakukan dengan pemberian mentimun, kemangi, atau sering dimandikan. Ternyata masih ada cara lain, yakni dengan memberikan rebusan rambut jagung dan air perasan belimbing wuluh.

Cara ini disampaikan oleh Dani Susanto di channel YouTube miliknya. Menurutnya Lovebird over birahi dapat distabilkan dengan 5 cara, di antaranya pemberian mentimun, batang kemangi, air rebusan rambut jagung, dan air perasan belimbing wuluh.

Cara Menurunkan Lovebird Birahi

Perlu Anda ketahui, tips menurunkan birahi Lovebird harus dilakukan secara bertahap sesuai urutannya. Jadi, pertama diberi mentimun dulu, apabila birahi burung sudah turun, maka cara yang lain tidak perlu dilanjutkan, cukup mentimun saja. Jika mentimun tidak mempan, maka dilanjutkan dengan jenis pakan lainnya.

1. Mentimun

Tahap pertama berikan timun ke Lovebird. Cara pemberian, belah mentimun menjadi dua, kemudian gantung timun di dinding sangkar. Biarkan Lovebird makan mentimun sendiri. Apabila birahi Lovebird sudah stabil atau turun, maka Anda tidak perlu mencoba pakan lain.

2. Batang Kemangi

Daun kemangi (volosgr.blogspot.com)
Daun kemangi (volosgr.blogspot.com)

Untuk kemangi, yang diberikan hanya bagian batang saja dan daun kemangi dibuang. Cara pemberian batang kemangi sama seperti pemberian mentimun ke Lovebird. Jadi, batang kemangi digantung di dinding sangkar, tapi sebelumnya dicuci dulu.

Anda jangan menurunkan birahi Lovebird menggunakan 2 pakan sekaligus. Lakukan secara bertahap, mulai dari mentimun kemudian berlanjut ke batang kemangi.

3. Air Rebusan Rambut Jagung

Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Air Rebusan Rambut Jagung (youtube.com)
Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Air Rebusan Rambut Jagung (youtube.com)

Cara lainnya yakni menggunakan rambut jagung atau bulu jagung. Jadi, rambut jagung dipisahkan dulu dari biji-bijian jagung. Masukkan rambut jagung ke dalam panci dan tambah air secukupnya. Setelah itu, rebus rambut jagung sampai mendidih dan berwarna kuning kecokelatan.

Setelah mendidih, tunggu sampai dingin dulu. Kemudian, ambil air saja, dan rambut jagungnya jangan sampai tercampur. Pemberian rebusan ini biasanya pagi hari, lalu malam hari diganti air biasa.

Air rebusan bulu jagung ini dapat diberikan ke Lovebird paud sampai dewasa dan jenis burung kicau yang lain. Cara ini sangat ampuh untuk menurunkan birahi Lovebird. Kata Dani Susanto, dia sering menggunakan rebusan rambut jagung untuk Lovebird-lovebird miliknya.

Loading...

4. Air Perasan Belimbing Wuluh

Jika sudah sampai ke tahap rambut jagung, tapi birahi Lovebird belum turun juga, maka berikan air belimbing wuluh. Ini cara terakhir karena ada efek sampingnya. Biasanya sebelum birahi Lovebird turun, maka suara Lovebird akan sedikit serak.

Cara pemberian, belimbing wuluh digeprek atau diperas. Air belimbing wuluh diberikan ke paruh Lovebird langsung sebanyak 3-4 tetes. Berikan air belimbing wuluh selama seminggu, maka birahi Lovebird akan turun dan stabil.

5. Lovebird Dikawinkan atau Beri Untulan

Makanan Lovebird biar Cepat Birahi, Cepat Kawin, dan Cepat Bertelur (cintaburung2017.blogspot.com)
Makanan Lovebird biar Cepat Birahi, Cepat Kawin, dan Cepat Bertelur (cintaburung2017.blogspot.com)

Selanjutnya cara penurunan birahi secara alami yaitu dengan mengawinkan Lovebird atau diberi untulan. Lovebird yang over birahi atau OB pasti butuh pasangan untuk menyalurkan birahinya. Saat sudah ada untulan, tentu birahi Lovebird tersalurkan dan birahinya kembali stabil.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menurunkan Lovebird over birahi dengan mentimun, batang kemangi, air rebusan rambut jagung, air perasan belimbing wuluh, dan mengawinkan Lovebird. Kembali lagi kami ingatkan, bahwa cara-cara ini harus dilakukan secara bertahap dan jangan dilakukan secara bersamaan.

Baca juga:

Misalnya, Lovebird diberi mentimun dulu. Apabila tidak berpengaruh, maka dilanjutkan diberi batang kemangi. Kalau birahi Lovebird tidak turun juga, berikan air rebusan rambut jagung. Pemberian rambut jagung tidak mempan, lanjutkan ke air belimbing wuluh. Kalau Anda punya untulan, maka berikan untulan dan kawinkan Lovebird.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung birahi dikasih mentimun apakah dpt serak
  • Guna air rebusan jagung buat lovebird
  • Menurunkan birahi lovebird betina dengan belimbing wuluh

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!