10 Cara Menyiapkan Lovebird Lomba Setiap Akhir Pekan

10 Cara Menyiapkan Lovebird Lomba Setiap Akhir Pekan

Burungnya.com – Setiap akhir pekan selalu ada lomba burung atau gantangan di berbagai daerah. Entah hanya untuk latihan bersama (latber) atau event tertentu, pastinya lomba tersebut selalu ramai dikunjungi kicau mania. Jika Anda ingin mengikuti lomba Lovebird setiap akhir pekan, maka persiapkan burung Lovebird untuk mengikuti lomba.

Apa saja yang harus disiapkan sebelum mengikuti lomba Lovebird? Ternyata yang paling penting adalah memberikan perawatan atau setingan Lovebird sebelum lomba. Setingan ini kami bahas secara umum agar semua Lovebird lomba dapat menjalankannya dengan baik.

Cara Menjemur Lovebird Kusumo (youtube.com)
Cara Menjemur Lovebird Kusumo (youtube.com)

1. Penjemuran Lovebird Dikurangi

Jika Anda biasanya sering menjemur Lovebird di pagi hari, maka sebelum lomba sebaiknya kurangi penjemuran Lovebird. Misal, biasanya jemur Lovebird selama 1 jam, dikurangi menjadi 15 menit. Tujuannya agar Lovebird bisa beristirahat dan dapat menyiapkan mental untuk lomba di hari Sabtu atau Minggu.

2. Pakan Extra Fooding Ditambah

Sebelum mengikuti lomba, pakan extra fooding atau EF Lovebird ditambah porsinya. Jika Lovebird terbiasa memakan sayur sebagai pakan tambahan, maka berikan sayur lebih banyak. Begitu pula bila Lovebird menyukai buah. Jika perlu, berikan vitamin dan suplemen Lovebird.

3. Lovebird Dikerodong Semalaman

Apabila Anda besok ikut lomba, maka malam sebelumnya Lovebird dikerodong full. Manfaat kerodong semalaman, Lovebird lebih tenang, tubuh hangat dan terhindar dari udara dingin, serta stamina Lovebird lebih fit.

4. Birahi Harus Stabil

Makanan Lovebird biar Cepat Birahi, Cepat Kawin, dan Cepat Bertelur (cintaburung2017.blogspot.com)
Makanan Lovebird biar Cepat Birahi, Cepat Kawin, dan Cepat Bertelur (cintaburung2017.blogspot.com)

Perhatikan birahi Lovebird sebelum lomba. Usahakan birahi Lovebird stabil dengan memberikan kangkung, jagung, dan air garam. Berikan pakan dan minuman tersebut sesuai kondisi burung sebelum naik gantangan. Intinya, Anda harus mengetahui, burung sedang over birahi atau kurang birahi sebelum lomba.

5. Lovebird Dipisah dari Burung Lain

Sebelum lomba, Lovebird dipisah dari burung lain. Tujuannya agar Lovebird tidak berkicau terus menanggapi burung lain. Hal ini bisa membuat burung kelelahan dan menurunkan stamina saat lomba. Oleh karena itu, sebaiknya Lovebird dikarantina di ruangan yang tenang dan dikerodong sampai keesokan harinya.

6. Kerodong Dibuka Setelah Adaptasi

Sesampainya di lapangan lomba, Lovebird dibiarkan dalam keadaan kerodong. Biarkan Lovebird beradaptasi dengan lingkungan, termasuk mendengarkan suasana di lomba. Setelah cukup beradaptasi, buka kerodong agar suara ngekek dan mentalnya maksimal.

Loading...

7. Bersihkan Sangkar Sebelum Berangkat Lomba

Kalau mau berangkat lomba, pastikan sangkar dalam keadaan bersih. Hal ini membuat burung merasa nyaman dan sehingga performa Lovebird di lomba lebih baik. Jika sangkar dibiarkan kotor, Lovebird akan terganggu dan tidak mau bunyi di lapangan.

8. Bersama Lovebird Untulan

Lovebird Jantan Konslet dengan Untulan (youtube.com)
Lovebird Jantan Konslet dengan Untulan (youtube.com)

Jika Lovebird mempunyai untulan, maka ke manapun Lovebird pergi harus didampingi dengan untulan. Sebab, birahi Lovebird hanya bisa disalurkan atau distabilkan dengan untulan tersebut. Apabila pasangannya tidak berada di tempat, tentu Lovebird Anda akan merasa kesepian dan akhirnya over birahi karena birahinya tidak tersalurkan.

9. Pemasteran Lovebird

Apabila Anda tidak mempunyai burung masteran atau guru vokal untuk Lovebird, maka burung dimaster dengan suara MP3 saja. Saat ini sudah banyak masteran suara burung di aplikasi maupun YouTube.

Burung masteran Lovebird, biasanya Ciblek, Cucak Jenggot, Tengkek Buto, Kenari, Cililin, dan Walang Kecek. Proses pemasteran dilakukan siang dan malam dengan volume pelan saja.

10. Jamu Lovebird Lomba

Sebelum lomba, Anda dapat memberikan jamu Lovebird berupa racikan buah pepaya yang dicampur dengan sejumlah bumbu dapur dan jamu tradisional.

Jamu Lovebird ngekek panjang JTJ dengan campuran pepaya mentah (facebook.com)
Jamu Lovebird ngekek panjang JTJ dengan campuran pepaya mentah (facebook.com)

Bahan-bahan:

  • Pepaya mentah secukupnya
  • Jahe 3 buah
  • Kunyit seruas jari
  • Bawang putih segerombol
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  1. Buah pepaya diparut sampai halus, kemudian diperas dengan kain halus sampai sarinya setengah gelas.
  2. Jahe, kunyit, dan bawang putih diparut sampai halus. Hasil parutan diperas dengan kain tipis dan diambil sarinya.
  3. Sari pepaya mentah dicampur dengan sari jahe, kunyit, dan bawang putih. Lalu tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan.
  4. Jamu Lovebird dari pepaya mentah siap dinikmati Lovebird.
  5. Pemberian jamu Lovebird ini cukup 3 tetes di paruh setiap hari selama seminggu. Selanjutnya jamu diberikan seminggu 3 kali sebelum lomba.

Demikian beberapa persiapan sebelum Lovebird lomba di akhir pekan. Anda dapat menyesuaikan berbagai perawatan ini dengan setingan yang sudah biasa Anda berikan pada Lovebird di rumah.

Baca juga: Penelitian Cara Memahami Settingan Lovebird Lomba dalam 1 Bulan

Jangan langsung mengubah setingan apabila Anda belum yakin. Hal ini akan berpengaruh pada performa burung di lapangan dan kemungkinan membuat Lovebird stres bila setingan yang baru tidak cocok.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • persiapan Lovebird buat lomba
  • persiapan gantang lovebird
  • perlukah masteran buat lb sebelum gantang
  • lb latihan selama seminggu sebelum lomba
  • kunci menyiapkan lovebird untuk lomba
  • Hal penting lovebird lomba
  • extra fooding lovebird lomba
  • Cara mempersiapkan love bird untuk lomba
  • cara mempersiapkan lb sebelum lomba
  • cara melatih lb 3 sebelum lomba

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!