Cara Merawat Burung Ala Ustadz Abdul Somad

Burungnya.com – Akibat pandemi kemarin, banyak orang mulai merawat burung. Pekerja kantoran sampai cari cara merawat burung yang benar.

Untungnya Ustadz Abdul Somad memberikan petuah bagaimana cara merawat burung yang baik dan benar sesuai ajaran Agama Islam.

Ustadz Abdul Somad sudah lama mengingatkan pada kita bahwa hewan yang paling baik dipelihara adalah burung.

Jenis burung tertentu bisa menyelamatkan manusia di hadapan Allah saat di akhirat. Namun, cara merawat burung ini harus benar agar mendapatkan pahala.

Jangan sampai kita asal merawat burung tapi ternyata menyiksanya. Burung sudah dimasukkan kandang, tapi tidak pernah diberi makan dan minum.

Penyiksaan seperti ini tidak dibenarkan dalam Agama Islam. Jika kalian tidak bisa memberikan makanan, minuman, dan kandang yang layak, sebaiknya burung tersebut dilepas saja.

Baca juga: Ini Jawaban Ustadz tentang Hukum Lomba Burung dalam Pandangan Islam

Hewan Penolong Masuk Surga

Tahukah Anda, ada hadits yang menceritakan tentang perempuan ahli maksiat yang masuk surga karena memberikan minum pada anjing yang kehausan.

Dari sini kita bisa belajar bahwa Allah SWT memberi ampunan pada siapapun termasuk pezina sekalipun.

Bahkan hewan yang diberi minum adalah seekor anjing. Tetap saja, Allah menilai hal tersebut tindakan kebaikan.

Makanan Burung Pipit (pelataransastrakaliwungu.com)
Makanan Burung Pipit (pelataransastrakaliwungu.com)

Lalu ada salah seorang sahabat Nabi SAW yang bertanya. Apakah memberi binatang minum dapat pahala ya Rasulullah?

Pertanyaan tersebut dijelaskan oleh Ustadz Abdul Somad (UAS). Kemudian dijawab Ustadz Abdul Somad dengan jelas.

Nabi SAW menjawab, kalau hatinya basah maka kau dapat pahala sedekah.

Hal ini diketahui dari ceramah beliau melalui channel YouTube Dakwah Muslim Net.

Baca juga: Hukum Islam Memelihara Burung dalam Sangkar, Boleh atau Tidak?

Dilarang Menyiksa Binatang

Ternyata hewan-hewan di dunia ini tidak boleh disiksa sama sekali. Kalau Anda ingin membunuhnya, lebih baik langsung dibunuh secara baik dan cepat.

“Jangan menyiksa binatang, kalau kau membunuh, bunuhlah dengan baik. Hewan seperti ular, kalajengking, lipan, kalau mau dibunuh, bunuh dengan cara yang baik. Sekali pukul mati,” kata Ustadz Abdul Somad.

Sama seperti saat akan menyembelih kambing, sapi, atau unta. Jadi sembelih hewan dengan cara yang baik dan cepat mencabut nyawanya.

Ustadz Abdul Somad melarang keras membiarkan anak-anak kita menyiksa binatang.

Cara Merawat Burung Ala Ustadz Abdul Somad

Banyak yang tidak tahu, bahwa burung termasuk hewan yang paling istimewa. Menurut Ustadz Abdul Somad jangan sampai kita menyiksa burung.

“Kalau mempunyai peliharaan burung-burung di rumah, kalau sayang betul, buatkan kandang yang besar. Makan dan minumnya cukupkan semua. Kalau tidak bisa, lepaskan,” kata UAS.

Bisnis Ternak Burung Pipit Pelangi (sandiegozoo.org)
Bisnis Ternak Burung Pipit Pelangi (sandiegozoo.org)

Jenis Burung Pipit

Ternyata burung yang dimaksud adalah burung Pipit kecil. Suatu ketika, Rasulullah SAW pernah bertanya kepada Abu Umair tentang merawat burung pipit kecil.

“Anak tersebut pelihara burung pipit. Itu dalil boleh memelihara binatang selama tidak menyakiti dan tidak haram,” kata UAS.

Baca juga: Cara Menghitung Usaha Ternak Burung Pipit Pelangi

“Saya anjurkan pelihara burung; memelihara binatang itu boleh berdasarkan hadits. Kalau mau koleksi burung, koleksilah yang menolong kita di hadapan Allah,” terang Ustadz Abdul Somad.

Jika Anda memelihara burung pipit, siapkanlah kandang yang besar untuk menampung banyak burung.

Selain bisa menampung banyak burung, burung jadi lebih leluasa bergerak dan bisa terbang ke sana ke mari.

Kemudian jangan sekali-kali menyiksa burung yang Anda pelihara. Misalkan, burung lama tidak mau bunyi, biarkan saja. Tetap rawat burung tersebut dengan baik.

Soalnya, dari video yang tersebar di Facebook maupun Instagram, ada beberapa kicau mania yang kesal dengan burungnya, kemudian menyiksanya dengan cara membanting sangkar.

Hal tersebut tidak dibenarkan dan akan mendapatkan dosa yang besar. Lebih baik memelihara burung dengan baik karena burung bisa membawa kita masuk surga.

Baca juga: 15 Cara Merawat Burung Hantu untuk Pemula

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang cara merawat burung ala Ustadz Abdul Somad. Burung saja mendapatkan perhatian di sisi Allah, sehingga kita harus memeliharanya dengan sebaik mungkin.

Burung yang dipelihara dengan baik pasti akan membalas dengan berkicau gacor atau nanti di akhirat bisa memudahkan kita masuk surga.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...
error: Stop copy and paste because it is an illegal act.