8 Cara Merawat Kacer di Musim Hujan Agar Performa Stabil

Burungnya.com – Musim penghujan bisa membuat performa burung Kacer menurun drastis. Sebenarnya diperlukan perawatan yang baik agar burung Kacer tetap mau berkicau gacor dan tampil stabil di lapangan. Perawatan ini sudah pasti berkaitan dengan pola makan, latihan, dan peningkatan perawatan harian.

Seperti yang kita tahu bersama, di musim hujan sinar matahari jarang bersinar. Hampir sepanjang waktu turun hujan, angin, mendung, sehingga sinar matahari merupakan hadiah terindah bagi burung Kacer.

Lantas, kalau sedang hujan bagaimana cara merawat burung Kacer? Intinya Anda harus bisa menyiasati suhu tubuh burung Kacer. Kalau cuaca sedang dingin dan hujan, maka Anda harus memberikan pakan yang bergizi dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Lalu, diberikan latihan agar tubuhnya lebih berenergi.

Cara Merawat Kacer di Musim Hujan (youtube.com)
Cara Merawat Kacer di Musim Hujan (youtube.com)

Perawatan Burung Kacer di Musim Hujan

1. Makanan Burung Kacer

Voer burung Kacer dicampur dengan madu dan telur. Manfaat pencampuran ini untuk membantu menghangatkan tubuh Kacer. Kemudian ganti pakan voer setiap hari agar tidak jamuran terkena udara dingin dan hujan.

2. Minuman Kacer

Untuk air minum burung tidak hanya air biasa, tapi sesekali berikan seduhan air jahe campur madu. Tujuannya untuk menghangatkan tubuh burung Kacer. Jangan lupa minum Kacer juga diganti setiap hari.

3. Pakan EF Kacer

Kalau pakan EF atau extra fooding sudah pasti Kacer diberi jangkrik 5 ekor pagi 5 ekor sore hari. Oh iya, jangkrik sebelumnya diberi pakan berupa potongan jahe agar saat dimakan Kacer bisa membuat tubuhnya hangat.

Ulat hongkong bisa diberikan sebagai penunjang atau selingan makanan Kacer. Porsi pemberian ulat hongkong pagi dan sore masing-masing 10-20 ekor. Hampir sama seperti jangkrik, sebelum diberikan ke Kacer, ada baiknya ulat hongkong diberi makan voer ayam agar kandungan protein di dalam ulat lebih tinggi.

4. Mandi

Burung Kacer sejatinya harus dibuat agar suhu tubuhnya selalu hangat. Oleh karena itu, saat musim hujan kurangi proses pemandian. Burung dimandikan saat cuaca cerah, sehingga nanti bisa dijemur agar tubuhnya hangat kembali.

5. Kerodong Kacer

Musim hujan udaranya dingin dan anginnya kencang. Anda harus selalu mengerodong Kacer sesering mungkin. Kacer full kerodong baik setelah mandi jemur atau setelah latihan umbaran. Intinya begitu hujan turun, burung Kacer harus segera dikerodong.

Loading...

Jangan lupa cuci kerodong seminggu sekali karena udara dingin berpotensi membuat pertumbuhan jamur lebih cepat.

6. Jaga Kebersihan Kandang

Anda harus selalu menjaga kebersihan kandang Kacer. Setiap pagi dan sore kandang Kacer dibersihkan. Pembersihan bisa dimulai dari kotoran, alas sangkar, tangkringan, tempat makan minum, jeruji sangkar, dan lain-lain.

7. Penjemuran Kacer

Burung Kacer harus dijemur di bawah sinar matahari. Namun, saat musim hujan hal tersebut sulit dilakukan. Oleh karena itu, Anda bisa menjemur burung Kacer begitu sinar matahari muncul. Kalau seharian tidak ada sinar matahari solusinya bisa memakai lampu dengan tingkat kecerahan tinggi dan hangat.

8. Latihan Umbaran untuk Kacer

Musim hujan membuat tubuh Kacer kedinginan. Untuk menghangatkannya, Anda dapat melatih Kacer umbaran di kandang besar. Burung Kacer dilatih gerak terus menerus untuk membakar kalori dan membuat tubuhnya tetap fit. Latihan umbaran Kacer dapat dilakukan seminggu sekali atau dua kali seminggu.

Kesimpulan

Cara merawat burung Kacer di musim hujan sebenarnya hampir sama dengan perawatan harian. Bedanya, burung diberikan makanan yang lebih bergizi dan sifatnya menghangatkan tubuh. Kemudian pembersihan sangkar Kacer harus lebih sering.

Baca juga:

Anda juga harus sering-sering mengerodong Kacer dan menempatkannya di dekat lampu pijar agar tubuhnya hangat. Begitu melihat sinar matahari, segera jemur burung Kacer. Dengan perawatan seperti ini performa burung Kacer akan tetap stabil.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara merawat kacer tipe dingin d musim hujan
  • perawatan kacer tipe dingin di musim hujan
  • prawatan kacer musi
  • Cara merawat kacer tipe dingin di musim ujan
  • manfaat mandi air hujan untuk kacer tipe panas
  • perawatan kacer pada musim hujan
  • perawatan kacer tipe dingin musim hujan
  • rawatan kacer tipe dingin dimusim penghujan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!