10 Cara Merawat Kucing di Kosan Kamar Kecil

Burungnya.com – Ingin merawat tahu cara merawat kucing di kosan? Sebelumnya Anda harus izin dulu dengan bapak atau ibu kos. Jangan sampai mereka suatu hari melarang kalian pelihara kucing karena kalian belum izin.

Merawat kucing di kosan tentu butuh usaha ekstra. Terutama bagaimana caranya membuat kucing tidak stres.

Pasalnya, kucing yang hidup di kosan rata-rata kamar kecil. Sehingga ruang gerak kucing terbatas. Sehingga bisa dipastikan kucing lama-lama stres dan tidak mau makan.

Cara Merawat Kucing di Kosan
Cara Merawat Kucing di Kosan

Jadi jangan kaget bila kucing tiba-tiba tidak mau makan. Ini nanti bisa jadi karena kucing stres atau dia baru saja menelan benda kecil yang berserakan di kamar kosan.

Baca juga: 10 Cara Merawat Kucing Anggora di Rumah Tanpa Kandang

Cara Merawat Kucing di Kosan

1. Kucing Sehat

Sebelum memutuskan membeli kucing dan merawat kucing di kosan, Anda juga harus memastikan kucing dalam keadaan sehat.

Lihat ciri kucing yang sehat jasmani dan rohani. Jangan sampai kucing sakit.

2. Kucing Sudah Sterilisasi

Biaya Kebiri Kucing dan Sterilisasi Kucing Betina (animalwised.com)
Biaya Kebiri Kucing dan Sterilisasi Kucing Betina (animalwised.com)

Cara merawat kucing di kosan sebaiknya pilih kucing yang sudah sterilisasi. Dengan begitu, nafsu kawinnya akan berkurang dan menjaga kucing tetap sehat.

Baca juga: Alasan Kucing Jantan dan Betina Wajib Disteril atau Dikebiri

3. Kotak Kardus

Siapkan tempat privasi untuk kucing peliharaan. Biasanya kucing suka tempat hangat seperti kotak kardus.

Berikan saja kotak kardus bekas Aqua atau Indomie. Kemudian, lapisi alasnya dengan bekas handuk atau selimut yang tidak terpakai.

4. Litter Box

Litter Box Kucing (webmd.com)
Litter Box Kucing (webmd.com)

Setelah kotak kardus, Anda bisa menyiapkan litter box di dalam kamar kosan. Tujuannya agar kucing bisa buang kotoran di situ.

Jika kamar kosan Anda memiliki kamar mandi dalam, Anda bisa melatih kucing buang kotoran di kamar mandi.

Siapkan pula serokan untuk mempermudah Anda membuang kotoran kucing. Sapu kecil juga diperlukan untuk membersihkan area lantai bekas makanan kucing yang berserakan.

Obat pembersih lantai bisa dibeli yang kemasan semprot. Sehingga Anda bisa langsung semprot dan membersihkan lantai dengan tisu.

Untuk pembuangan kotoran bisa di kamar mandi atau dimasukkan ke plastik. Setelah itu, tutup plastik dan masukkan ke tempat sampah berpenutup.

Baca juga: 15 Tempat Menaruh Litter Box Kucing yang Benar

5. Makanan Kucing

Cara Makanan Kucing Tidak Disemutin
Cara Makanan Kucing Tidak Disemutin

Selalu sediakan makanan kucing di wadah yang anti semut. Ini dikarenakan Anda tidur sekamar dengan kucing. Apabila makanan kucing didatangi semut, nanti tidur Anda bisa terganggu.

Biasakan memberikan makanan kucing sesuai dengan porsinya. Jangan lupa berikan minumannya biar kucing tidak tersedak.

Makanan yang diberikan juga harus bervariasi. Anda bisa memberi makanan kering dan juga basah. Untuk harian, Anda bisa memberikan makanan kering dulu.

Jika kucing tidak mau makan, baru berikan makanan basah. Biasanya makanan basah sangat disukai kucing. Namun, berikan makanan basah saat kucing tidak mau makan saja.

Baca juga: 3 Makanan Kucing Termurah 1 Kg Di Bawah Rp 20.000

6. Mainan Kucing

Mainan Anak Kucing (telegraph.co.uk)
Mainan Anak Kucing (telegraph.co.uk)

Cara merawat kucing di kosan ternyata tidak sulit. Hanya saja Anda harus memberikan hiburan dan mainan kucing agar dia tidak bosan serta stres.

Kamar kosan biasanya sempit dan kecil sehingga kalau Anda pergi, tentu kucing akan bosan. Anda bisa mengajak kucing bermain bila sudah sampai di kosan.

Mainan kucing banyak sekali, Anda bisa memberikan mainan bulu, mainan cahaya, mainan gerak, mainan bola, mainan suara, dan lain-lain.

Anda jangan cuma memberikan mainan saja, tapi ajak kucing main bersama. Kucing butuh Anda dan suka berinteraksi.

Baca juga: 10 Jenis Mainan Kucing Terbaik Sesuai dengan Usia

7. Kucing Butuh Keluar

Cara Melatih Kucing Rumahan Jadi Penurut (yourcat.co.uk)
Cara Melatih Kucing Rumahan Jadi Penurut (yourcat.co.uk)

Semakin sering kucing berada di dalam kosan, tentu dia penasaran dengan dunia luar. Coba setiap beberapa hari sekali ajak kucing jalan-jalan keluar kosan.

Anda harus sedia tali kucing agar kucing tidak terlepas. Bawa kucing jalan ke sekeliling kosan atau taman dekat kosan juga tidak masalah. Jika tidak ingin mengajak keluar, berikan sirkulasi udara yang bagus di dalam kos. Anda bisa menggunakan AC atau kipas angin.

Sirkulasi udara penting karena kamar kos yang sempit biasanya pengap. Oleh karena itu, udara di dalam kamar harus bagus sirkulasinya.

8. Berikan Peringatan Tegas

Cara Merawat Kucing di Kamar Kosan
Cara Merawat Kucing di Kamar Kosan

Anda tidur dengan kucing, berarti kucing harus mematuhi peraturan dari Anda. Contoh, bila Anda ingin kucing tidur sendiri di tempatnya, maka berikan ketegasan agar kucing tidur sendiri.

Anda tidak perlu memukul, Anda cukup bernada keras dengan sorot mata tajam. Dengan begitu, kucing akan memahami bahwa majikannya ingin kucing tidur di kotak kardus saja.

Saat makan juga harus disiplin. Kucing bisa diberikan kesiplinan dalam hal makan. Misalnya, makan sampai habis dan makan tidak berantakan.

9. Grooming Kucing

Grooming Kucing di Rumah (pawversity.com)
Grooming Kucing di Rumah (pawversity.com)

Kucing butuh perawatan grooming agar bulunya tetap bagus dan cantik. Kucing bisa digrooming sendiri atau dibawa ke tempat grooming kucing.

Baca juga: 12 Cara Grooming Kucing di Rumah dan Alat-alatnya

10. Kucing Butuh Kandang atau Tidak

Ini tergantung kalian, bila kalian ingin kamar kosan tetap rapi dan bersih, kucing bisa dimasukkan ke dalam kandang. Namun, kamar kos sudah sempit, bila kucing dimasukkan ke dalam kandang, tentu akan membuatnya stres.

Solusinya, masukkan barang-barang penting Anda, terus jendela diberi ram-raman besi agar kucing tidak kabur.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat kucing di kosan. Kucing bisa dirawat dalam kamar kos, asalkan pemilik kos dan teman yang lain mengizinkan.

Ingat toleransi dengan penghuni kamar kosan lain juga penting. Jangan egois harus pelihara kucing di dalam kosan padahal teman dan pemilik kosan tidak mengizinkan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.