10 Cara Merawat Kucing Kampung agar Nurut dan Sehat

Burungnya.com – Tidak perlu mahal, bila ada kucing kampung yang tersesat, Anda bisa merawatnya. Namun, pastikan dulu kucing ini tidak ada pemiliknya. Jangan sampai Anda dimarahi orang gara-gara merawat kucing kampung milik orang lain.

Dalam merawat kucing kampung, ternyata tidak terlalu sulit bila dibandingkan merawat kucing Anggoran atau Persia. Kucing kampung bisa diberi makanan yang sama dengan manusia, sehingga lebih hemat dalam pengeluaran biaya makanan.

Selain itu, kucing kampung tergolong kuat dan sehat bila dirawat dengan baik. Dia tidak terlalu memilih menu makanan. Sehingga Anda memberikan makan ikan atau daging, pasti dia menyukainya.

Berbeda dengan kucing mahal berbulu cantik, dia membutuhkan perawatan ekstra. Di samping itu pemberian makanannya juga tidak boleh sembarangan.

Cara Merawat Kucing Kampung agar Nurut

Perawatan kucing kampung terbilang standar dan sederhana. Anda cukup memberikan makan, minum, dan mandi teratur saja, dia sudah senang sekali.

Sebab, kalau kucing kampung hidup di jalanan, dia akan kesulitan mendapatkan makan, minum, dan tidak pernah dimandikan.

Bila dia bersama manusia pecinta kucing, pasti kucing kampung mendapatkan makanan, minuman, dan dibersihkan tubuhnya secara teratur.

Kucing Kampung Lucu (hadikurniawan.com)
Kucing Kampung Lucu (hadikurniawan.com)

Perawatan Standar Kucing Kampung

1. Makanan Kucing Kampung

Enaknya merawat kucing kampung yaitu makanannya tidak terlalu mewah. Berikan saja makanan yang ada di kulkas atau beli dari pasar. Misalnya, berikan daging yang sudah direbus atau digoreng.

Kalau kucingnya belum bisa makan menu yang keras, berikan saja bubur yang ada dagingnya. Kalau tidak ada daging, ganti saja dengan ikan.

Pemberian daging atau ikan tadi bisa dicampur dengan nasi putih sedikit. Campur-campur nasi dengan daging atau ikan, lalu berikan ke kucing kampung.

Bila kucing mencret setelah makan nasi, ganti saja dengan tempe. Tapi tempe ini harus direbus dulu dan dihaluskan, baru dicampur dengan daging atau ikan.

Kalau tidak mau ribet, berikan makanan kucing bermerek dari petshop. Anda juga bisa memberikan pakan kucing kiloan yang tidak bermerek.

2. Minuman Kucing Kampung

Agar sehat, kucing kampung dapat diberi susu formula. Berikan susu formula sebanyak 4-6 kali dalam sehari. Cara pemberian, susu dimasukkan dalam botol, lalu masukkan ke dalam wadah berisi air hangat.

Saat memberikan susu, jangan sampai terkena bulu kucing, nanti bulunya bisa mengeras. Jika bulu kucing tidak sengaja terkena tumpahan, langsung bersihkan dengan tisu basah.

Apabila Anda tidak memiliki susu, berikan saja air putih biasa atau air mineral.

3. Mandikan Kucing Kampung

Peralatan yang dibutuhkan untuk memandikan kucing kampung, di antaranya bak mandi, air hangat, shampo bayi atau shampo kucing, hair dryer, handuk, cotton bud, dan sisir kucing.

Kucing kampung sangat sulit dimandikan. Jadi, cari cara agar kucing mau mandi. Mandikan kucing kampung seminggu sekali sudah cukup.

Saat mandi berikan shampo di seluruh permukaan bulu. Setelah itu dibilas sampai bersih. Keringkan bulu kucing dengan handuk dan hair dryer.

Selanjutnya, bersihkan kotoran telinga dengan cotton bud dan sisir bulu kucing sampai rapi dan lembut.

4. Suplemen Kucing Kampung

Untuk memperkuat imun tubuhnya, kucing kampung diberi suplemen atau vitamin. Bila kucing flu atau demam, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari.

Berikan pula suplemen Nutri-plus gel setiap hari, sesuai dengan berat tubuhnya. Takaran 1 soft gel per kg berat tubuh kucing.

Loading...
Kucing Kampung (perempuanapril.com)
Kucing Kampung (perempuanapril.com)

Latihan Agar Kucing Kampung Nurut dan Betah di Rumah

Kucing kampung juga bisa berperilaku baik dan tidak nakal. Bahkan kucing ini bisa dilatih untuk buang air di tempatnya. Sehingga ruangan di rumah tidak kotor dan bau.

1. Ajari Kucing Tidak Pup Sembarangan

Biasanya kucing kampung sering buang kotoran sembarangan. Nah, agar kucing mau buang kotoran pada tempatnya, letakkan kucing di bak pasir sebelum atau sesudah makan.

Lakukan ini secara rutin agar kucing kampung belajar pup pada tempatnya. Sehingga dia tidak membuang kotoran sembarangan.

2. Kucing Kampung Betah di Rumah

Naluri kucing kampung selalu berkelana mencari makan. Namun, karena dia sudah Anda rawat di rumah, maka kucing kampung harus betah di rumah.

Caranya, berikan tempat istirahat yang nyaman, makanan tersedia, diajak main, dan diberikan kasih sayang dengan cara dielus-elus.

Dengan begitu, kucing kampung akan betah di rumah dan tidak keluar untuk berkelahi atau mencari kucing lainnya.

3. Ajari Kucing Tidak Mencakar Perabotan Rumah

Kucing kampung dan kucing lain memiliki kebiasaan mencakar benda-benda. Nah, ajari kucing kampung Anda untuk mencakar benda khusus yang terbuat dari kayu lalu dilapisi tali tambang.

Biarkan dia mencakar kayu tersebut agar tidak mencakar perabotan rumah. Dengan begitu, kucing kampung agar terbiasa berperilaku baik.

4. Berikan Nama Kucing

Jalin hubungan dengan kucing dengan cara memberikan nama sejak masih kecil. Kalau sudah besar, biasanya kucing dewasa sulit mengingatnya.

Jadi, biasakan sejak kecil kucing sudah diberi nama dan panggil namanya. Walau semua kucing akan datang saat dipanggil puss, tapi dengan tambahan nama pasti kucing akan merasa disayang.

5. Ajak Kucing Kampung Bermain

Mainan kucing kampung bisa dari hal-hal sepele, seperti gantungan kucing, gulungan benang, tas kresek, dan lain-lain.

Anda juga bisa memberikan mainan kucing yang dijual di petshop. Setelah dibelikan ajak dia main bersama. Kucing suka bermain apalagi bila ditemani pemiliknya.

6. Kucing Kampung Sering Dielus

Kesukaan kucing kampung sebenarnya dielus pada bagian kepala belakang dan leher. Biasanya kucing yang sedang bahagia, dia akan mengeluarkan suara mengerang.

Coba elus-elus saja kucing ketika dia sedang mendekati Anda. Dengan begitu, kucing akan merasa bahwa Anda menyukainya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat kucing kampung agar nurut dan sehat. Kucing kampung lucu juga bila dirawat dengan baik. Namun, jika Anda tidak merawatnya kucing kampung bisa sangat nakal.

Jadi, berikan pelajaran dan latihan agar kucing kampung nurut dan berperilaku baik di rumah. Setelah hidup di rumah bersama Anda, jangan biarkan kucing kampung bergaul dengan kucing di luar rumah, nanti dia bisa kembali ke karakter aslinya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Merawat kucing rawa

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!