7 Cara Merawat Kucing Kampung Gemuk dan Lucu

Burungnya.com – Kucing Kampung bisa gemuk dan lucu, asal dirawat dengan baik. Cara merawat kucing ini terbilang mudah karena makanan dan minumannya tidak terlalu ribet. Anda bisa memberikanan makanan kucing kiloan atau buatan sendiri agar kucing kampung cepat gemuk atau gendut.

Bagi Anda yang sekarang sedang memelihara kucing kampung. Kami akan berbagi cara memelihara kucing tersebut supaya cepat gemuk dan gendut.

Kucing kampung identik dengan kucing liar yang hidup di jalanan. Mereka mencari makan dari belas kasihan orang atau mencari sendiri di tempat sampah.

Baca juga: 18 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulu Lebat dan Gemuk

Terkadang bila kucing tadi ketemu orang baik, mereka akan diberi makanan kucing kemasan. Itu sudah sesuatu yang berharga karena kucing kampung jarang sekali menikmati makanan enak.

Cara Merawat Kucing Kampung Agar Gemuk dan Lucu

Kucing Kampung Gemuk dan Lucu (pikist.com)
Kucing Kampung Gemuk dan Lucu (pikist.com)

1. Pilih Makanan Kucing

Dalam hal ini yang paling penting adalah makanan kucing kampung. Anda bisa memberikan makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Makanan tersebut bisa berupa daging ayam rebus, ikan, dan lain-lain.

Agar lebih mudah dicerna, daging ayam tadi bisa dipotong kecil-kecil atau disuwir-suwir. Kemudian makanan diberikan di wadah atau langsung disuapi ke mulut.

Anda bisa memberikan makanan langsung dengan tangan agar kucing kampung mudah jinak dan nurut. Tingkah polahnya akan semakin lucu saat bertemu dengan Anda.

2. Makanan Kucing Kemasan

Kalau sudah diberikan makanan buatan sendiri, sekarang coba berikan makanan kemasan. Ada beberapa camilan kucing yang bisa membuatnya cepat gemuk. Salah satunya adalah biskuit kucing.

Rata-rata kucing sangat suka dengan biskuit kucing dan camilan lainnya. Ini tapi cuma selingan saja, jangan jadikan makanan utama. Sebab, makanan camilan kucing seperti ini kadang gizi kurang seimbang.

Sehingga kucing akan cepat gemuk tapi gizinya kurang seimbang. Lebih baik, berikan makanan utama secara teratur kemudian ditambah camilan tadi.

Baca juga: 7 Jenis Kucing Kampung di Indonesia

3. Vitamin Kucing

Selanjutnya kucing kampung jangan lupa diberi vitamin. Vitamin bisa menambah stamina dan menjauhkannya dari penyakit. Selain itu, vitamin bisa membuat nafsu makan kucing bertambah.

Untuk pembelian vitamin konsultasikan dengan pemiliki pet shop atau dokter hewan kesayangan Anda. Kalau asal beli vitamin, takut kurang cocok.

4. Vaksin

Tips Merawat Kucing Kampung (befreetour.com)
Tips Merawat Kucing Kampung (befreetour.com)

Nah, vaksin termasuk yang paling penting dalam perawatan kucing kampung. Sebab, vaksin bisa menjamin kucing tersebut terlindungi dari berbagai macam penyakit.

Loading...

Dengan begitu kucing akan selalu sehat, bulu lebat, dan tidak gampang sakit. Kucing juga jadi suka makan dan nafsu makannya bertambah.

Baca juga: 6 Jenis Vaksin Kucing dan Harganya

5. Grooming

Bila Anda sedang ada rezeki ajak kucing kampung ke pet shop atau ke salon kucing untuk grooming. Kucing butuh perawatan ekstra agar terlihat lucu. Kasihan kalau kucing cuma diberi makan dan minum saja.

Nanti, tubuhnya kutuan kita tidak tahu. Jadi, perawatan bulu dan bagian tubuh lainnya sangatlah penting. Jangan sampai kucing ditelantarkan dan kurang terawat.

6. Ajak Bermain

Cara Merawat Kucing Kampung agar Bulu Lebat dan Gemuk (tripzilla.com)
Cara Merawat Kucing Kampung agar Bulu Lebat dan Gemuk (tripzilla.com)

Kucing kampung paling suka diajak bermain. Anda bisa menyisihkan waktu sebentar untuk mengajak kucing bermain atau bersendaga gurau.

Belikan juga mainan yang murah atau buat mainan sendiri untuk kucing kesayangan. Kucing yang tidak pernah diajak main, raut mukanya terlihat sedih dan murung.

Baca juga: 10 Jenis Mainan Kucing Terbaik Sesuai dengan Usia

7. Tambah Nafsu Makan Kucing

Apabila nafsu makannya menurun, sekarang naikkan kembali dengan makanan basah atau mentah. Anda bisa menggunakan ikan dan daging ayam mentah untuk membuat nafsu makan kucing bertambahn.

Bila tidak ada makanan mentah, coba beli makanan basah di minimarket terdekat. Aroma makanan basah kucing sangat kuat, sehingga kucing yang kurang nafsu makan akan terpancing untuk makan.

Ciri Kucing Anggora Mix Kampung (wallpaperflare.com)
Ciri Kucing Anggora Mix Kampung (wallpaperflare.com)

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat kucing kampung agar cepat gemuk dan lucu. Kucing kampung yang dirawat dengan baik perkembangannya akan sangat cantik.

Bahkan, jika Anda rutin memberikan vitamin dan vaksin, nanti kucing akan terlihat mempesona. Untuk membuatnya gemuk, Anda bisa memberikan kucing camilan.

Namun, sekali lagi jangan jadikan camilan sebagai makanan utama. Pasalnya, efek camilan dalam jangka panjang membuat kucing tidak suka makan-makanan utama.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!