10 Cara Merawat Kucing Persia yang Benar

Burungnya.com – Berbagai jenis kucing memiliki karakteristik masing-masing. Khusus untuk kucing Persia, perawatannya sedikit lebih rumit. Mengapa demikian? Sudah pasti karena dia termasuk kucing ras dan mempunyai bulu tebal.

Biasanya kucing ras lebih rentan sakit. Salah kasih makan saja kucing Persia bisa jatuh sakit. Oleh karena itu, Anda yang ingin merawat kucing Persia diharapkan lebih waspada dan sigap.

Kucing ini membutuhkan perawatan ekstra setiap hari. Bagi Anda yang sibuk kerja atau pekerja kantoran, disarankan untuk mencari perawat hewan tersebut.

Anda juga bisa minta bantuan keluarga yang lain di rumah. Yang penting kucing ini tidak terlantar selama Anda tinggal kerja.

Bahkan, waktu bermain untuk kucing Persia sangatlah penting. Jadi jangan sampai Anda mengabaikan hal tersebut.

Cara Merawat Kucing Persia yang Benar

Perawatan harian kucing Persia sebenarnya simpel. Bisa dibilang, perawatan kucing ini tidak terlalu sulit bila Anda sudah mengetahuinya.

Namun untuk pemula tentunya cukup merepotkan bila sebelumnya dia belum pernah pelihara kucing.

Jika sudah pelihara kucing pasti sedikit banyak tahu cara merawat kucing. Sehingga untuk perawatan kucing Persia menjadi lebih mudah dan tinggal penyesuaian sedikit.

1. Bersihkan Lingkungan

Nah, di sini lingkungan ang dimaksud adalah lingkungan tempat tinggal kucing atau tempat bermain kucing.

Jadi bersihkan area tempat bermain kucing bila dia sudah memilikinya, seperti kandang, kotak pasir, dan lain-lain.

Bersihkan kandang tidak hanya dilap atau disapu tapi juga dicuci. Bawa kandang ke dekat tpancuran, kemudian semprot dengan air dan bersihkan dengan sabun.

Perawatan Kucing Persia (megainteresting.com)
Perawatan Kucing Persia (megainteresting.com)

2. Tempat Makan

Pilih makanan yang tidak terlalu cekung supaya kucing dewasa dan kitten bisa makan dengan mudah. Ini karena ada kucing yang lidahnya pendek, sehingga mangkuk cekung cukup menyulitkan dia makan.

Oh iya, kucing biasanya hapal dengan tempat makannya. Jadi, jangan terlalu mengganti wadah pakan kucing biar dia tidak kebingungan.

Pemberian pakan sebaiknya di mangkuk. Jangan memberikan makanan kucing di lantai atau alas. Sebab, itu kurang etis dan tidak manusiawi sama sekali.

Kalau bisa pemilik kucing, cuci tangan dulu sebelum mengambil makanan kemudian diberi ke tempat makan kucing.

3. Makanan Kucing

Setiap kucing Persia memiliki merek makanan kesukaan masing-masing. Kucing seperti ini kurang suka makanan kiloan tanpa merek. Dia mungkin juga tidak suka makanan olahan yang dimasak sendiri.

Jadi, lebih baik berikan makanan bermerek saja sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Sekarang sudah ada makanan untuk membuat bulu tebal, kucing sehat, dan kotoran tidak bau.

Pilih makanan yang memiliki nilai lebih supaya tidak mengenyangkan perut saja, tapi juga efeknya positif untuk tubuh yang lain.

4. Kotak Pasir Kucing

Sekarang Anda harus mulai mengajarkan kucing buang kotoran di tempatnya, yaitu kotak pasir. Tujuannya agar kucing tidak buang kotoran sembarangan dan tidak meresahkan tetangga.

Kasihan para tetangga yang rumahnya sering dijadikan tempat pup atau pipis kucing. Jika memang kucing Anda sering keluar rumah dan buang kotoran di tetangga, sebaiknya segera minta maaf.

Kalau perlu bersihkan area yang dikotori kucing Anda. Berikan bingkisan agar tetangga tidak marah dan hubungan kalian kembali harmonis lagi.

Setelah itu latih kucing buang kotoran di bak pasir. Caranya, setiap selesai makan arahkan kucing ke kotak pasir. Berikan kotak pasir di beberapa tempat sekaligus, terutama di sudut ruangan yang sering dia lalui.

Jika perlu, masukkan kucing ke dalam ruangan yang tersedia kotak pasir, misalnya kamar mandi atau WC.

Lama kelamaan kucing Anda mengerti maksud Anda dan mau buang kotoran pada tempatnya.

Tips Merawat Kucing Persia (pawversity.com)
Tips Merawat Kucing Persia (pawversity.com)

5. Kucing Mandi

Tahap selanjutnya melatih kucing Persia mandi. Kucing sebenarnya paling tidak suka mandi karena sebagian kucing takut air.

Namun, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu, kucing harus tetap mandi. Anda bisa memandikan kucing dengan shampo khusus kucing, seperti berikut:

  • Virbac Sebazole
  • Miconazole
  • D&C Shampo
  • Armani Flea Tick & Aroma Therapy

Shampo-shampo ini didesain khusus supaya bulu kucing lebih bersih, mengkilap, lebat, tebal, dan sehat.

Loading...

Kalau Anda sedang mempunyai uang berlebih, sekali-kali bawa kucing Persia ke Petshop untuk di-grooming. Sebenarnya, grooming kucing tidak hanya sekali-kali, paling tidak 2-4 minggu sekali.

Namun, untuk menghemat pengeluaran dalam perawatan kucing Persia, Anda bisa memandikannya sendiri di rumah.

Kucing perlu dimandikan, tapi tidak setiap hari. Dia bisa mandi seminggu sekali atau dua minggu sekali. Namun, bila kondisi tubuhnya kotor, Anda dapat memandikan saat itu juga.

6. Vaksi Kucing

Dalam hal pemberian vaksin sebenarnya bisa ditunda. Namun, untuk kucing Persia ada baiknya divaksin sesuai jadwal.

Anda tahu sendiri bahwa kucing Persia rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, pencegahan dengan memberikan vaksin sangatlah penting.

Kalau kucing kampung bisa divaksin sekali saja karena kondisi tubuhnya sudah kuat dan teruji di lingkungan yang keras. Sedang kucing Persia termasuk kucing rumahan yang bisa jatuh sakit bila tidak divaksin.

7. Perawatan Bulu

Kucing terlihat lucu karena tingkah lakunya dan bulunya. Jadi perawatan bulu kucing sangat penting. Terutama kucing Persia mempunyai bulu yang lebat dan panjang.

Paling tidak Anda harus sering-sering menyisir bulunya biar rapi dan terhindar dari kutu. Sehari Anda bisa menyisir bulu 2 kali pada pagi dan sore.

Sisir yang bagus biasanya berbahan logam. Ini akan membuat bulu kucing rapi, lembut, dan tidak berdiri. Kalau sisir plastik bisa membuat listrik statis yang menjadikan bulu kucing berdiri.

Oh iya, sebelum disisir sebaiknya bulu kucing diseka menggunakan tisu bayi. Tisu ini bagus untuk membuat bulu harum sekaligus aman karena tidak menyebabkan alergi.

Cara Merawat Kucing Persia agar Sehat (popsugar.com)
Cara Merawat Kucing Persia agar Sehat (popsugar.com)

8. Kucing Diajak Bermain

Kesukaan kucing bila diperhatikan pemiliknya dan diajak bermain. Anda harus menyempatkan waktu dalam sehari untuk mengajak kucing Persia main.

Mainan kucing sangat beragam, Anda bisa membelinya di petshop atau membuat sendiri. Lihat channel YouTube DIY tentang mainan kucing.

Di sana Anda dapat membuat mainan dari barang-barang bekas yang tidak terpakai di rumah. Ini lebih hemat bila Anda membuatnya sendiri.

Baca juga:

9. Jemur Kucing di Dekat Jendela

Bila Anda takut kucing Anda hilang, Anda bisa menjemur kucing Persia di dekat jendela. Berikan ruang kosong di area jendela yang besar, biarkan kucing menghangatkan tubuhnya di situ.

Kucing butuh asupan sinar matahari yang hangat. Tidak perlu dibuka jendelanya, cukup berjemur di jendela dengan kaca bening sudah bagus.

Nah, dengan cara ini kucing juga bisa menikmati pemandangan di luar rumah. Pikiran kucing menjadi fresh dan tidak stres lagi.

10. Jaga Kesehatan Kucing

Kesehatan kucing bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Misalnya, kucing sakit karena sering main di luar terus tertular virus dari kucing lain.

Ada kucing yang sakit karena salah pemberian makan, cuaca dingin, bawaan lahir, keturunan, dan lain-lain.

Untuk menjaga kesehatan kucing, Anda bisa memberikan makanan bergizi, vaksin, dan vitamin.

Buat kucing merasa bahagia juga bisa membantu memperkuat imun di tubuhnya. Kucing yang sering stres lebih mudah jatuh sakit ketimbang kucing yang bahagia.

Kesimpulan

Demikian beberapa perawatan kucing Persia yang benar. Kami mengatakan perawatan ini benar karena dasarnya memang seperti ini.

Mungkin ada juga perawatan lain yang mengharuskan kucing mengonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu. Hal tersebut boleh-boleh saja, bila sesuai dengan anjuran dokter hewan.

Kami memberikan cara merawat kucing Persia secara sederhana untuk pemula. Tujuannya agar mereka lebih mudah praktek dan tidak melakukan kesalahan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!