12 Cara Merawat Kucing Sakit Demam Panas

Burungnya.com – Ternyata kucing punya penyakit yang sama dengan manusia yaitu demam atau panas. Kucing yang kena demam harus segera diobati. Selain perawatan terhadap kucing yang demam juga harus diperhatikan.

Sebab, cara merawat kucing demam berbeda dengan kucing biasa. Jadi, dibutuhkan penyesuaian terhadap penyakit tersebut. Sehingga kucing akan lebih cepat sembuh.

Jadi kucing yang demam panas, tidak hanya diberi obat saja, melainkan perawatan juga. Kalau Anda tidak mengetahui cara merawatnya tentu penyakit tersebut akan bertambah parah.

Cara Merawat Kucing Demam Panas

Kucing Demam Panas (catster.com)
Kucing Demam Panas (catster.com)

Sekarang mari kita lanjutkan pada perawatan kucing demam atau panas. Cara merawatnya simpel tapi harus benar agar penyakitnya cepat sembuh.

Baca juga: 17 Penyebab Kucing Sakit Mata Berair dan Cara Mengobati

1. Kucing Diberi Banyak Minum

Rata-rata kucing demam karena tidak mau minum. Sehingga kucing mengalami dehidrasi. Kurangnya cairan pada kucing disebabkan karang gigi dan sisa makanan. Kemudian terjadi peradangan, sakit gigi, dan infeksi.

Apabila kucing mengalami hal tersebut, cek dulu bagian gigi dan gusi kucing. Bagian gusi diseka dengan air hangat untuk bersihkan sisa makanan dan karang gigi.

Lalu berikan air minum memakai alat suntik tanpa jarum atau spuit. Apabila kucing dehidrasi karena diare, berikan larutan elektrolit atau gatorade.

Anda bisa memakai perbandingan 1:4 untuk gatorade dan air. Tes dulu perbandingannya sedikit dulu pada kucing kalian. Cara pemberian gatorade bisa dengan suntikan atau dibekukan dulu biar bisa dijilati.

2. Dinginkan Tubuh Kucing

Suhu tubuh panas bisa membuat kucing demam dan tidak nyaman. Tahukah Anda panas di tubuh kucing bisa berkurang lewat pernapasan atau kelenjar yang terdapat di cakar.

Bagaimana cara mengatasi tubuh kucing yang terserang demam? Anda dapat mencoba untuk bawa kucing ke ruangan sejuk atau ruang gelap dengan lantai keramik berbatu. Kucing dibaringkan di situ supaya panasnya berpindah ke lantai.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

Tubuh kucing bisa dingin lebih cepat, Anda dapat menggunakan cara lain seperti berikut.

  • Kucing dikipasi dengan kipas angin atau kipas manual.
  • Semprotkan air pada tubuh kucing.
  • Basahi kain kemudian seka bulu dengan kain basah.
  • Kuku cakar kucing ditempel kompres es supaya tubuh cepat dingin.
  • Cara ini dilakukan bila kucing demam karena suhu lingkungan panas.
Tanda Kucing Sakit (tufts.edu)
Tanda Kucing Sakit (tufts.edu)

3. Obat Anti Demam

Untuk pengobatan kucing, lebih jangan memberikan obat penurun panas yang biasa dikonsumsi manusia. Pasalnya, obat manusia dapat memberikan efek samping buruk pada kucing. Sebab dosisnya berbeda.

Ada juga yang menyarankan kucing diberi aspirin. Namun, aspirin boleh diberikan ke kucing dengan resep dokter sehingga dosisnya sesuai.

Apabila asal memberikan aspirin, kucing bisa mual muntah dan dehidrasi. Alhasil demam pada kucing akan semakin parah.

4. Obat Kucing Demam Panas

Ada beberapa obat kucing demam panas, yaitu Meloxicam, Tolfenamic acid, dan Echinacea. Jenis obat tadi punya yang berbeda. Anda harus membaca dosisnya sesuai dengan kriteria kucing Anda.

Misal, kucing berat 1,5 kg, berikan Tolfenamic acid 1 tablet per hari. Kucing dengan berat 4-5 kg, berikan 3 tablet Tolfenamic acid. Kalau Meloxicam berikan 0,5 mg/ml sesudah makan dan pakai resep dokter hewan.

Baca juga: 20 Ciri Kucing Sakit yang Perlu Diwaspadai

Pemberian Meloxicam harus dalam keadaan kucing tidak dehidrasi. Kalau Anda memaksakan pemberian obat tersebut saat kucing dehidrasi, dia bisa kena gagal ginjal.

Untuk obat Echinacea, dosisnya 1 tetes per pon berat kucing. Misal, kucing berat 10 pon, maka berikan Echinacea 10 tetes.

Cara Mengobati Kucing Demam Panas (catster.com)
Cara Mengobati Kucing Demam Panas (catster.com)

5. Makanan Recovery Saat Kucing Sakit

Berikan makanan kucing yang teksturnya halus, seperti Royal Canin Veterinary Diet Recovery. Apabila kucing tidak mau makan tekstur lunak, pakai alat suntikan saja.

Loading...

Kalau anak kucing ganti makanan lunak dengan susu. Porsi makanan 5-10 cc untuk anak kucing yang sakit. Apabila anak kucing tetap tidak mau minum susu, langsung bawa dia ke dokter hewan.

6. Kucing Diminta Istirahat

Kucing yang sakit tentu butuh waktu istirahat yang lebih banyak. Jadi, berikan waktu istirahat kucing di dalam kandang.

Jangan lupa kucing dipijat lembut, biar lelahnya hilang. Pijatan ini membantu tubuh kucing lebih rileks sehingga cepat sembuh. Selain itu, peredaran darah menjadi lancar.

Baca juga: 5 Obat Kucing Sakit Mencret, Muntah, dan Pilek

7. Madu untuk Kucing

Kalau mau kucing cepat sembuh dari demam, berikan dia madu. Kandungan propolis pada madu dapat meningkatkan stamina.

Pastikan berikan madu asli yang mengandung propolis. Jangan madu yang banyak gulanya.

Cara memberikan madu ke kucing cukup 1 tetes madu. Berikan setengah sendok teh madu ke air minumnya. Pemberian madu cukup 1-2 kali sehari untuk kucing dewasa. Sementara anak kucing cukup setengahnya saja.

Makanan Untuk Kucing Sakit (thecatfoods.com)
Makanan Untuk Kucing Sakit (thecatfoods.com)

8. Uap Panas Kamar Mandi

Apabila Anda memiliki shower dengan air panas, tampung airnya dan tutup pintu. Nanti uap panas akan memenuhi ruangan kamar mandi. Pastikan kamar mandi kering dan masukkan kucing di ruangan kamar mandi untuk menikmati uap panas selama10-15 menit.

Anda bisa menemaninya biar kucing tidak takut. Setelah selasai keluar dulu, nanti bisa diulang 2-3 kali sehari. Alternatif lain Anda bisa menggunakan dehumidifier.

9. Obat Antibiotik

Bila kucing demam karena infeksi bakteri, coba berikan obat antibiotik. Pemberian antibiotik biotik tidak boleh sembarangan. Dibutuhkan konsultasi ke dokter agar pemberian antibiotik ke kucing benar.

Berikut beberapa dosis antibiotik yang tepat untuk kucing.

  1. Amoxicillin dan ampicillin cukup 20mg/kg berat badan kucing.
  2. Marbofloxacin cukup 2 mg/kg berat badan kucing.
  3. Doxycycline cukup 5mg/kg berat badan kucing.
  4. Vibravet diberikan sesuai dosis suntikan.

Baca juga: 9 Vitamin Kucing untuk Menambah Nafsu Makan Terbaik

10. Beri Cuka Apel

Ternyata cuka apel bisa untuk mengobati kucing demam dan menambah nafsu makan kucing. Kandungan di dalam cuka apel bisa menyeimbangkan pH dan menghilangkan patogen penyebab demam.

Berikan setengah sendok teh cuka sari apel dan campurkan pada makanan kucing. Aduk sampai merata agar kucing tidak mengetahuinya.

Pemberian cuka apel bisa dilakukan 2 kali sehari. Bila kucing tidak suka minum cuka apel, coba berikan melalui suntikan.

11. Vitamin Kucing

Ada banyak vitamin kucing yang bisa membantu proses penyembuhan. Bila imun sudah kuat maka sakit apapun akan sembuh dengan sendirinya.

Contoh vitamin kucing, di antaranya Nutri-Plus Gel dan Coforta. Untuk pemberian Coforta, lakukan sesuai dengan berat badannya.

Misal kucing dengan berat kurang dari 1 kg, berikan 0,5 ml. Untuk kucing dengan berat 2-6 kg, berikan Coforta 1 ml.

Kucing Sakit Makan (dailypaws.com)
Kucing Sakit Makan (dailypaws.com)

12. Beri Makanan Bergizi dan Banyak

Terakhir coba berikan makanan kucing bergizi dalam jumlah besar sampai kenyang. Kucing butuh energi banyak selama sakit. Dia butuh makanan yang enak dan bergizi.

Saran kami berikan makanan dari Royal Canin karena bisa menyembuhkan kucing yang sedang sakit. Pemberian makanan tersebut bisa dilakukan selama sakit saja, nanti setelah sembuh bisa diganti dengan makanan semula.

Baca juga: 10 Solusi Kucing Tidak Mau Makan Sampai Lemas dan Sakit

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat kucing demam atau panas. Kucing bisa sembuh tapi harus dengan perawatan dan pengobatan yang intens. Kucing yang demam secara berkelanjutan dan tidak mau makan terus, sebaiknya dibawa ke dokter hewan.

Selama kucing sakit, coba beri waktu untuk dia beristirahat. Jangan sampai kucing masih tetap aktif dan bermain-main di luar rumah. Kondisi tubuh kucing yang lagi demam rentan terkena penyakit lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!