16 Cara Merawat Lovebird di Musim Hujan Paling Lengkap

Burungnya.com – Musim hujan sudah melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia. Bagi kicau mania, mungkin musim hujan cukup menyulitkan karena tidak bisa menjemur burung Lovebird. Apalagi cuaca dingin seperti sekarang pastinya berpotensi menurunkan performa Lovebird di lomba atau lapangan.

Kalau sudah begini, tentu diperlukan perawatan Lovebird khusus di musim hujan. Soalnya, situasi dan kondisinya tidak memungkinkan apabila cuma diberikan perawatan seperti hari-hari biasa.

Lantas, perawatan apa yang cocok untuk setingan Lovebird di musim hujan? Bicara tentang perawatan Lovebird di musim hujan atau cuaca dingin, intinya Anda harus membuat burung terasa hangat. Selain itu, hindarkan burung dari terpaan angin dingin atau cipratan air hujan.

Perawatan Lovebird di Musim Hujan (rennersafaris.com)
Perawatan Lovebird di Musim Hujan (rennersafaris.com)

Cara Merawat Lovebird di Musim Hujan

1. Lovebird Dimasukkan Ruangan Hangat

Tahukah Anda, ada yang mengatakan burung Lovebird tidak bisa bertahan hidup di bawah suhu 16 derajat Celcius. Lovebird yang hidup di bawah suhu tersebut akan mengalami penurunan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Sehingga burung jadi mudah sakit.

Oleh karena itu, hindari angin kencang atau suhu dingin saat musim penghujan. Burung bisa dimasukkan di dalam ruangan yang hangat tapi tetap memiliki fentilasi udara. Namun ingat, meski dimasukkan ke dalam ruangan, jangan pernah menyalakan AC karena justru akan membuat ruangan bertambah dingin.

2. Gantung Sangkar Lovebird

Jangan menggantung sangkar Lovebird di lingkungan terbuka. Alasannya, lingkungan terbuka udaranya sangat dingin dan anginnya kencang. Mungkin bagi manusia rasanya sejuk, tapi bagi burung Lovebird tentu seperti berada di dalam kulkas. Lebih baik, gantang Lovebird di dalam ruangan saja.

3. Langsung Jemur Begitu Cuaca Cerah

Lovebird butuh vitamin D dari sinar matahari. Sayang, sinar matahari cukup jarang muncul di musim hujan. Oleh sebab itu, begitu sinar matahari muncul atau cuaca sedang cerah, Anda harus segera menjemur Lovebird. Sebentar saja tidak masalah, yang penting burung terkena sinar matahari.

4. Lampu Full Spektrum yang Hangat

Kalau tidak ada matahari, lantas harus bagaimana? Mudah, solusinya pasang lampu full spektrum. Lampu memiliki suhu warna hingga 5500 K (Kelvin) dan mampu memantulkan cahaya seperti sinar matahari. Gantung sangkar Lovebird di dekat lampu tersebut, tapi jangan terlalu dekat karena mungkin akan terasa panas.

5. Kerodong Lovebird saat Hujan

Burung Lovebird di musim hujan harus sering dikerodong. Pilih kerodong yang tebal atau berikan kerodong berlapis agar burung tetap hangat. Namun, pastikan di dalam sangkar tidak seperti sauna. Kerodong tidak harus malam hari, tetapi setiap saat cuaca terasa dingin atau hujan.

6. Sangkar Ditata Berhimpitan

Apabila Anda mempunyai banyak burung Lovebird, maka gantung saja burung Lovebird secara berhimpitan di sudut ruangan. Tujuannya agar udara menjadi hangat dan burung tidak kedinginan.

7. Tangkringan Elektrik atau Electric Perch

Pernah mendengar tangkringan hangat? Tangkringan ini sering disebut Electric Perch. Jadi, tangkringan ini dialiri arus listrik agar terasa hangat. Biasanya burung paruh bengkok bertubuh besar sering diberi tangkringan tersebut.

8. Porsi Makanan Ditambah

Cuaca dingin di musim hujan membuat Lovebird sering merasa lapar. Jadi, burung Lovebird harus lebih banyak diberi makanan. Selain agar burung tidak mudah lapar, staminanya akan semakin kuat. Pilih jenis makanan yang bisa menghangatkan tubuh Lovebird.

9. Vitamin dan Suplemen Lovebird

Burung Lovebird membutuhkan asupan vitamin dan suplemen di musim hujan. Sebab, cuaca tidak menentu, kadang hujan, kadang juga panas. Jadi, tubuh burung yang tidak menyesuaikan lingkungan atau tidak bisa beradaptasi akan lebih mudah jatuh sakit.

Oleh karena itu, burung wajib diberi vitamin dan suplemen, seperti Sempati Joss yang bisa dibeli melalui Instagram @burungnyadotcom atau WhatsApp 085335310350. Harga vitamin ini cuma Rp 30.000, tapi efeknya bagus untuk membuat burung gacor dan sehat.

Loading...

10. Perawatan Lovebird yang Kehujanan

Apabila burung Lovebird sudah kehujanan karena lupa dibawa masuk, maka harus segera dikeringkan dengan handuk atau kain. Setelah itu, hangatkan tubuh Lovebird dengan hair dryer. Penggunaan hair dryer bisa dilakukan saat burung menggigil dan jangan lupa atur tingkat kehangatan di level terendah.

11. Beri Pakan Extra Fooding

Makanan tambahan seperti Extra Fooding (EF) harus ditambah. Sebab, burung Lovebird butuh makan yang bisa membuatnya naik birahi. Saat burung birahi, biasanya tubuhnya akan terasa panas dan bergejolak untuk melakukan perkawinan. Jenis pakan EF yang bisa diberikan ke Lovebird, seperti jagung muda dan kangkung.

12. Minuman Madu Campur Jahe

Agar tubuh Lovebird tetap terasa hangat, sesekali berikan minuman yang sudah dicampur madu dan sedikit jahe. Minuman Lovebird ini diberikan sedikit saja seminggu sekali agar burung senantiasa sehat.

13. Bersihkan Sangkar Secara Rutin

Musim hujan akan membuat sangkar menjadi sarang jamur. Sehingga sangkar Lovebird harus dibersihkan setiap hari. Pastikan tidak ada sisa kotoran burung di dasar sangkar. Selain itu, ganti pakan dan minum secara rutin agar tidak menjadi bibit penyakit.

14. Ramuan Jamu Lovebird

Burung Lovebird juga perlu diberi ramuan jamu Lovebird yang dibuat dari racikan sendiri. Sehingga ramuan ini aman dan tidak ada efek sampingnya. Burung akan merasa fit dan tidak mudah terkena penyakit.

Bahan-bahan:

  • Kunyit: 3/4 kg
  • Jahe: 1 kg
  • Kencur: 3/4 kg
  • Kuning telur ayam: 3 butir
  • Milet: secukupnya
  • Air panas: 1 gelas
  • Madu: 3 sendok

Cara membuat jamu Lovebird:

  1. Kunyit, jahe, dan kencur diparut halus.
  2. Masukkan semua bahan ke dalam panci dan diberi air panas 1 gelas.
  3. Aduk sampai merata dan bersihkan milet menggunakan air bersih.
  4. Masukkan milet ke dalam panci yang berisi semua bahan.
  5. Tunggu beberapa jam sampai bahan meresap dalam milet.
  6. Saring milet dan jemur di bawah sinar matahari.
  7. Ramuan jamu Lovebird siap diberikan ke Lovebird.

15. Dekatkan ke Kompor Gas

Alternatif lain saat udara dingin di musim hujan, Anda bisa mendekatkan Lovebird di kompor gas. Namun, jangan sampai burung merasa kepanasan. Selain itu, pastikan api di kompor tidak berasap agar burung tidak keracunan asap.

16. Mandikan Burung Lovebird dengan Air Hangat

Udara di musim hujan bisa sangat dingin, tapi tidak mungkin memandikan burung dengan air dingin. Sementara, burung perlu mandi untuk membuat segar dan menjaga kesehatan bulu. Solusinya, mandikan Lovebird dengan air hangat-hangat kuku.

Jadi pastikan air benar-benar hangat. Tingkat kehangatan air seperti hangat-hangat kuku di ujung saja. Jika burung dimandikan air hangat seperti air mandi manusia, pasti burung akan merasa kepanasan.

Tingkat kehangatan air untuk manusia dan burung berbeda. Pemandian bisa dengan cara dipegang dan diusap air hangat. Burung jangan disemprot air hangat karena bisa menyakiti tubuh Lovebird.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat Lovebird di musim hujan. Buat burung Lovebird selalu hangat dan hindarkan burung dari angin kencang serta udara dingin. Segala jenis makanan yang bisa menghangatkan tubuh burung wajib diberikan. Anda bisa meracik sendiri jamu Lovebird dan mengikuti resep jamu Lovebird di atas.

Baca juga:

Selanjutnya Anda dapat mengikuti alternatif dalam menghangatkan Lovebird, seperti beri lampu full spektrum, tangkringan elektrik, mandikan air hangat, dihangatkan dengan hair dryer, dan dekatkan dengan kompor gas. Semua ini semata-mata agar Lovebird tidak kedinginan dan tetap sehat saat musim hujan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • memandikan lovebird saat musim hujan
  • Cara merawat burung Lovebird di musim hujan
  • ternak burung saat hujan
  • Perawatan lovebird musim hujan
  • pakan musim hujan lovebird
  • musim hujan buat burung lb malas
  • love bird kehujanan
  • love bird kedinginan
  • https://burungnya com/cara-merawat-lovebird-di-musim-hujan-paling-lengkap/
  • ternak lb di cuaca dingin

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!