Lovebird Giras Cepat Jinak (pinterest.com)

7 Cara Merawat Lovebird Giras agar Cepat Jinak

Burungnya.com – Burung Lovebird yang takut pada manusia atau pemiliknya sering kali disebut Lovebird giras. Burung seperti ini biasanya mempunyai rasa takut yang berlebihan terhadap semua orang yang mendekatinya. Hal tersebut kemungkinan dikarenakan trauma atau stres. Selain itu, burung Lovebird yang giras bisa juga karena belum jinak.

Jika burung Lovebird Anda tidak trauma dan stres, tetapi giras berarti solusinya adalah menjinakkannya. Perawatan untuk menjinakkan Lovebird sebenarnya terbilang gampang-gampang susah. Ini tergantung dari umur Lovebird. Semakin tua, biasanya Lovebird sulit dijinakkan, sehingga Lovebird akan selalu giras.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena dengan sejumlah perawatan yang rutin, Lovebird Anda yang giras akan segera sembuh. Apa saja yang harus dilakukan agar Lovebird tidak giras dan takut pada orang?

Cara Merawat Lovebird Giras Jadi Jinak (birdsnow.com)
Cara Merawat Lovebird Giras Jadi Jinak (birdsnow.com)

1. Mandikan hingga Basah Kuyup

Burung Lovebird yang giras harus dimandikan hingga basah kuyup. Namun, sebelumnya burung diembunkan pada pagi hari dan digantang di tempat yang teduh. Burung tidak perlu dijemur atau diberi pakan Extra Fooding (EF) agar birahinya tidak naik. Biasanya semakin tinggi birahi Lovebird, maka akan sulit menghilangkan giras.

2. Lovebird Dimandikan dengan Tangan

Pemandian Lovebird bisa dilakukan langsung dengan tangan. Caranya, Lovebird dikeluarkan dari sangkar dan dipegang dengan tangan. Nyalakan kran air dan mandikan Lovebird dengan cara dipegang. Kran air tidak perlu terlalu besar atau keras agar tidak menyakiti burung. Cara lainnya, burung Lovebird dapat dimandikan di dalam cepuk mandi, baskom, atau ember.

3. Latihan Lovebird Jinak

Setelah dimandikan, Lovebird dilatih makan menggunakan tangan. Tujuannya agar Lovebird lebih jinak. Sebelumnya, basahi tubuhnya sampai benar-benar basah kuyup. Keluarkan burung dari sangkar tapi pastikan Anda berada di dalam ruangan tertutup agar burung tidak lepas.

Ambil sedikit makanan, taruh di telapak tangan dan sodorkan ke burung Lovebird. Lakukan hal tersebut sampai burung mau makan dari tangan Anda. Lama-kelamaan, Lovebird tidak takut dan sering gigitin jari Anda. Lalu, burung jadi lebih dekat dengan Anda dan mau diajak main-main dengan Anda.

4. Lovebird sering Dielus-elus

Agar Lovebird tidak giras, sering-seringlah memegangnya dan mengelus-elus bulunya dengan lembut. Burung Lovebird sangat suka dielus di bagian kepala atas dan leher. Pastikan mengelus bulu Lovebird secara searah agar bulunya tidak berantakan.

Loading...

5. Terapi Lovebird Lapar

Apabila Lovebird belum jinak, Anda bisa menggunakan terapi lapar. Terapi ini dapat dilakukan setiap beberapa jam sekali. Jadi, burung pagi diberi makan, lalu selang 2 jam, pakan dikeluarkan. Saat makan siang, burung diberi pakan lagi, lalu 2 jam kemudian, pakan dikeluarkan lagi. Waktu pemberian pakan dapat disesuaikan dengan jam makan Anda, pagi, siang, dan sore.

6. Letakkan Lovebird di Tempat Ramai

Lovebird yang giras, awalnya harus disendirikan dulu di tempat tenang dan dibuat nyaman. Setelah psikologinya bagus dan burung tidak stres, maka tempat Lovebird di lokasi yang ramai. Maksudnya, tempat ramai seperti ruang keluarga, depan rumah yang sering dilewati orang, pinggir jalan, dan lain-lain.

Semakin dia sering melihat orang jalan lalu lalang dan mereka bersikap baik, maka burung akan merasa orang-orang baik terhadapnya. Sehingga dia merasa aman dan nyaman berada di dekat banyak orang.

7. Lovebird Dirawat Sejak Kecil

Nah, agar Lovebird tidak giras dan takut pada manusia, maka rawatlah Lovebird sejak masih anakan. Burung yang dirawat sejak kecil akan jinak dan tidak takut sama sekali terhadap manusia. Dia menganggap manusia sebagai teman, bahkan keluarga sendiri.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat Lovebird giras agar cepat jinak. Intinya, Lovebird giras adalah burung yang kurang nyaman sama orang atau manusia. Mungkin dulunya dia pernah mengalami kejadian yang buruk sehingga membuat burung trauma dan stres. Dari situlah burung jadi giras.

Baca juga:

Untuk mengembalikan mental dan rasa percaya dirinya, dibutuhkan kasih sayang serta perawatan khusus. Burung harus dibuat jinak agar sifat girasnya cepat hilang. Burung yang nyaman terhadap manusia, maka dia tidak akan giras lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara kasi jink lb dng cpt

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!