Setingan Lovebird Paud Rajin Ngekek di Rumah dan Lomba (kaskus.co.id)

12 Cara Merawat Lovebird Paud agar Ngekek di Rumah dan Lomba

Burungnya.com – Apakah Lovebird paud yang masih muda sudah bisa dilombakan. Kalau bicara tentang bisa atau tidak, tentu saja bisa. Namun, burung Lovebird paud atau balibu tidak boleh terlalu sering dilombakan karena alasan mental.

Lovebird paud memiliki mental yang belum stabil. Apabila terlalu sering diajak ke gantangan, Lovebird tersebut bisa kalah mental. Takutnya, Anda ingin burung Lovebird rajin ngekek di rumah dan lomba justru macet bunyi.

Anda boleh sesekali mengajak Lovebird paud ke gantangan untuk mengetahui karakternya. Setelah itu, berikan perawatan saja di rumah sampai usia Lovebird matang, birahi stabil, dan mental fighter.

Perawatan Lovebird Paud Harian agar Rajin Ngekek

Sebelum membahas perawatan, Anda harus memiliki Lovebird dari indukan trah jawara atau indukan yang rajin ngekek panjang. Sebab, 60 persen trah indukan sangat berpengaruh pada prestasi di lapangan.

1. Lovebird Mandi Jemur

Burung Lovebird usia 1,5 bulan – 2 bulan harus rajin dimandikan dan jemur. Kemudian Lovebird diangin-anginkan di tempat yang ramai agar mentalnya lebih fighter.

2. Waktu Mandi Jemur

Kapan Lovebird dimandikan dan dijemur? Untuk masalah waktu, sebenarnya opsional, tetapi Anda dapat melakukannya pada pukul 06.00 – 09.00.

3. Latihan Umbaran

Burung juga dilatih pernapasannya di kandang umbaran. Tujuannya agar stamina burung Lovebird lebih kuat dan ngekek panjang. Pelatihan umbaran ini jangan terlalu sering, cukup 1-2 kali seminggu.

4. Jangan Dipertemukan dengan Lovebird Lain

Sebisa mungkin Anda jangan sering-sering mempertemukan Lovebird paud dengan Lovebird lain. Kalau sekadar suara saja tidak masalah, tapi jangan sampai kelihatan satu sama lain.

Untuk menyiasati hal ini Anda bisa menggantung burung di ruangan yang berbeda atau diberi sekat. Bisa juga, salah satu kandang diberi kerodong.

Tujuan dari semua ini agar saat burung Lovebird bertemu dengan burung sesama jenis akan senang dan mau bunyi karena bertemu dengan teman-temannya.

5. Diajak ke Gantangan

Lovebird paud bisa langsung diperkenalkan ke gantangan atau lapangan. Ini untuk mengetes mentalnya. Sebab, lingkungan rumah dan gantangan berbeda.

Kalau di rumah mungkin tidak memiliki lawan, tetapi saat di lapangan banyak sekali lawannya. Selain itu, cara ini untuk melatih burung agar mudah beradaptasi di tempat baru.

6. Pakan EF Lovebird Paud

Jenis makanan Lovebird Paud sama saja, tapi kalau pakan EF harus berkualitas. Pilih pakan EF yang bisa menstabilkan birahi dan meningkatkan stamina, seperti jagung muda, daun bayam, daun ginseng, daun binahong, dan pucuk daun mengkudu.

Pemberian pakan EF Lovebird tidak boleh setiap hari, tetapi harus sesuai dengan kondisi burung. Apabila burung kurang birahi, maka bisa diberi jagung muda secukupnya.

7. Cara Memaster Lovebird Paud

Untuk pemasteran Lovebird, sebaiknya pilih suara burung yang agak kasar, jeda rapat, dan ngerol panjang. Kemudian, volume suara MP3 masteran jangan terlalu keras, pelan saja yang penting terdengar. Perdengarkan suara masteran saat burung istirahat.

Loading...
Cara Merawat Lovebird Paud di Rumah dan Lomba (albertlovebirdmania.blogspot.com)
Cara Merawat Lovebird Paud di Rumah dan Lomba (albertlovebirdmania.blogspot.com)

Perawatan Lovebird Paud Lomba

1. Jadwal Mandi Jemur

Setingan Lovebird mandi jemur tidak dilakukan pada hari Jumat sampai Minggu.

2. Jenis Makanan

Untuk pakan Lovebird lomba bisa milet putih dan air putih bersih.

3. Kerodong

Pada hari Kamis sore, Lovebird dikerodong sampai Minggu. Namun, pakan minum harus tetap diberikan dan dibersihkan. Intinya Lovebird tidak dimandikan dan ditutupi kerodong. Lalu, berikan masteran bila perlu.

4. Minuman Dicampur Madu

Pada hari Sabtu, minuman Lovebird dicampur madu murni atau madu asli 1 tetes. Kemudian pakan cukup milet putih saja.

5. Saat Lomba Hari Minggu

Di hari Minggu, sangkar Lovebird dibersihkan. Kemudian pilih nomor gantangan di tepi atau pinggir dekat area pengunjung. Tujuannya tidak mencari kemenangan tapi melihat mental dan karakter Lovebird paud. Jika perawatan sudah tepat, Lovebird paud akan meraih juara.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian setingan Lovebird paud agar rajin ngekek di rumah dan lomba. Perawatan ini harus dilakukan konsisten dan penuh kesabaran. Sebab, Lovebird paud merupakan dasar perawatan dan penentuan karakter. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memberikan perawatan yang tepat.

Bila perawatan sudah dilakukan dengan baik, pastinya prestasi Lovebird paud akan kelihatan. Namun, perlu diingat kembali bahwa Lovebird balibu tadi harus berasal dari trah juara agar hasilnya lebih bagus.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara merawat lovebird paud agar cepat ngekek panjang
  • cara mandikan lovebird paud agar cepat gacor
  • cara merawat lovebird paud agar cepat ngekek
  • seting lb biar gacor dirumah
  • Cara perawatan l b paud 3 tahun
  • cara merawat lovebrid paud 5 bulan boar cepat gajor
  • cara paud lb kemrewek agar gajor
  • burungnya com 21 cara merawat lovebird paud atau balibu agar cepat fighter di lomba
  • cara memandikan lovebird paud agar cepat gacor
  • trik rawatan lb umur 1 bln lebih

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!