Cara Merawat Merpati Balap Sprint dan Makanan Pilihan

Burungnya.com – Untuk Merpati balap sprint tentu membutuhkan asupan energi yang banyak. Makanan Merpati balap harus diperhatikan dan diberikan yang berkualitas.

Jangan sampai Merpati mendapatkan nutrisi yang kurang bagus, sehingga kecepatan dan energi cepat habis. Sayang, sekali karena nutrisi pada makanan harus tercukupi biar burung tersebut terbang cepat.

Selain itu, perawatan Merpati Balap juga penting. Burung Merpati yang dilatih balapan akan lebih bagus performanya, daripada burung yang dibiarkan di dalam kandang terus menerus.

Baca juga:

Syarat Lomba Merpati Balap Sprint

Cara Merawat Merpati Balap Sprint
Cara Merawat Merpati Balap Sprint

Biasanya para pemain dan penghobi lomba balap Merpati sudah masuk Persatuan Penggemar Merpati Balap Sprint Indonesia (PPMBSI).

Dalam lomba Merpati terdapat beberapa kelas sebagai berikut:

  • Lomba 500 meter
  • Galatama Bintang
  • Lomba Galatama Bintang Seri A
  • Galatama Bintang Seri B
  • Lomba Galatama Bintang Seri C
  • Lomba Utama
  • Lomba Antar Tim atau Kandang
  • Lomba Piyik

Tahukah Anda, lomba yang diadakan resmi biasanya harus menjadi anggota PPMBSI dulu. Lomba 500 meter jarak minimal 500 meter dan maksimal 600 meter.

Kalau lomba Merpati piyik harus pakai ring dan usia tidak boleh lebih dari 10 bulan. Sedangkan Lomba utama dan galatama jarak tempuh minimal 1.000 meter dan maksimal 1.200 meter.

Cara Merawat Merpati Balap Sprint

Sebelum lomba dimulai, satu hari sebelumnya burung diperkenalkan dengan lapangan.

Latihan terbang jarak 200-300 meter 5-6 kali. Kalau terbang 500 meter berarti 4-5 kali.

Ketika burung bertemu dengan burung lain, pulang dari sana akan minta kawin. Ini bagus karena tingkat ngeketnya bertambah.

Pagi hari sebelum lomba, jemur dulu Merpati balap. Berikan makanan sedikit untuk menambah stamina. Kemudian Merpati ikut lomba.

Saat jeda lomba, semprot sekitar kaki dengan sprayer. Teknik ini untuk membuat Merpati kembali bugar dan tidak lelah. Lakukan penyemprotan ini selama lomba berlangsung.

Joki Merpati Balap Sprint

Joki Merpati Balap Kolongan
Joki Merpati Balap Kolongan

Burung Merpati Balap selalu memiliki joki. Nah, sang joki ini harus menggunakan baju dengan warna tetap dan cerah selama latihan maupun lomba.

Ini tujuannya untuk mempermudah Merpati menemukan joki saat terbang di ketinggian berkecepatan tinggi.

Jika warga baju sama gimana? Saat baju peserta sama semua, berarti biasakan memanggil nama burung saat latihan agar burung mengetahui mana jokinya.

Teriak yang keras begitu burung sudah terlihat di kejauhan. Panggil nama burung yang keras biar dia tidak salah hinggap.

Saat jeda lomba, pijat burung yang lembut, terutama di pangkal sayap. Elus bulunya agar burung lebih rileks.

Aturan joki, dia boleh menangkap burung saat terbang. Tapi saat burung hingga di badan atau kepala tidak boleh ditangkap. Jika dilanggar Merpati dan joki akan dinyatakan kalah.

Makanan Merpati Balap

Pilih makanan Merpati balap yang bagus dan berkualitas. Biasanya burung seperti ini suka sekali dengan jagung.

Jagung yang bagus untuk Merpati balap sprint, bukan jagung biasa. Namun, jagung madura. Jagung ini ukurannya kecil mirip pipilan jagung.

Jagung diberikan seperlunya saja. Burung dewasa 37 gram jagung per ekor, remaja 25 gram, dan anakan 5-10 gram per ekor.

Makanan jagung ini diberikan pagi dan sore hari setelah latihan. Jagung kotor kena kotoran juga harus diganti agar burung tidak terkena penyakit.

Jangan lupa Merpati Balap juga butuh vitamin. Berikan vitamin Merpati setelah selesai latihan agar nafsu makan tidak menurun.

Vitamin tablet bisa dilolohkan ke paruh, kalau vitamin serbuk bisa dicampur pada makanan Merpati.

Makanan Tradisional Rempah

Merpati balap juga bisa diberi makanan tradisional dari rempah-rempahan. Kunyit untuk antibiotik, penghilang rasa lelah, dan penambah nafsu makan.

Rimpang kunyit dipotong kecil lalu disangrai. Setelah itu, lolohkan potongan rimpang kunyit pada Merpati Balap. Lebih bagus lagi, makanan tadi dicampur telur dan madu.

Pakan seperti ini cocok untuk Merpati jantan. Namun, Merpati betina juga harus mendapatkan makanan serupa. Tujuannya agar burung betina tidak jatuh dan mati.

Merpati jantan bisa kehilangan sosok Merpati betina. Akibatnya performa menurun dan Merpati jantan tidak mau makan.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat Merpati Balap sprit. Merpati ini tidak perlu perlakuan khusus. Hanya saja saat latihan dan makan, berikan yang terbaik.

Makanan Merpati harus bergizi dan jangan lupa tambahkan vitamin. Sementara latihan juga harus diperhatikan, paling tidak dua hari sekali burung dilatih di sawah atau lapangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.