Cara Merawat Murai Batu Lomba Agar Juara

Burungnya.com – Seekor burung Murai Batu akan selalu juara lomba apabila diberi perawatan yang bagus. Namun, setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi, nanti perawatannya bisa disesuaikan sendiri ya.

Burung bisa juara apabila umurnya sudah mapan. Maksudnya, dia sudah mengalami beberapa kali mabung dan suara gacor teratur. Selain itu, isian suara juga banyak.

Cara Murai Batu Lomba Agar Juara

Untuk perawatan, sebenarnya sederhana dan bisa ditiru siapa saja. Namun, kembali lagi pada burung masing-masing. Apakah nanti burung bisa langsung gacor atau perkembangannya bertahap.

Baca juga:

Perawatan Harian

Umbaran penting, Murai Batu bisa diumbar di dalam kamar khusus untuk melatih otot sayap dan pernapasan.

Mengapa dipilih kamar bukan kandang umbaran? Sudah pasti kalau kamar ukurannya lebih luas dan nyaman untuk burung terbang.

Pakan extra fooding Murai Batu lomba cukup 20 ekor jangkrik dalam sehari. Pemberian jangkrik dilakukan saat umbaran di kamar.

Perawatan Lomba

Sebelum lomba, malam hari menjelang lomba Murai Batu dimandikan untuk menstabilkan birahi. Burung sudah dimasukkan dalam sangkar lomba. Besok pas lomba, burung dijemur 30 menit saja.

Kemudian saat dijemur, Murai Batu diberi jangkrik 20 ekor. Nanti saat akan naik ke gantangan, burung diberi jangkrik 7 ekor.

Kesimpulan

Untuk perawatan Murai Batu lomba, memang seperti itu saja. Hal ini disampaikan oleh pemilik burung Murai Batu Naga Sakti.

Anda bisa mencobanya di rumah, karena yang membuatnya beda yaitu umbaran dilakukan di kamar dan pakan EF berupa jangkrik 20 ekor.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.