10 Cara Merawat Perkutut di Musim Hujan Agar Tidak Sakit

Burungnya.comMusim hujan sudah melanda sebagian besar kawasan di Indonesia. Bagi masyarakat yang memelihara burung Perkutut, tentu musim hujan menjadi momok mengerikan karena dapat membuat burung Perkutut mudah terserang penyakit. Lantas bagaimana cara merawat burung Perkutut di musim hujan agar tidak mudah sakit?

Untuk masalah perawatan Perkutut, sebenarnya hampir sama antara musim penghujan dan musim kemarau. Bedanya, kalau di musim hujan, cara merawat Perkutut harus ditingkatkan terutama bagian perawatan yang membuat tubuh Perkutut terasa hangat.

Perawatan Perkutut di Musim Hujan (youtube.com)
Perawatan Perkutut di Musim Hujan (youtube.com)

Membuat Burung Perkutut Selalu Hangat

Apa yang bisa membuat tubuh Perkutut hangat? Anda berbagai cara untuk masalah tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Burung Perkutut dijemur saat matahari terbit, walau cuma sebentar.
  • Jika udara dan angin mulai terasa dingin, sangkar Perkutut segera dikerodong.
  • Berikan makanan penghangat tubuh, seperti jamu tradisional dan makanan atau minuman burung siap saji.
  • Kalau malam, sangkar didekatkan di lampu pijar agar tubuh Perkutut hangat.
  • Kurangi menggantang burung Perkutut di depan rumah saat turun hujan.

Baca juga: 15 Ciri-ciri Perkutut Bertuah yang Baik Dipelihara

Cara Merawat Burung Perkutut di Musim Hujan

Cara Merawat Perkutut di Musim Hujan (steemkr.com)
Cara Merawat Perkutut di Musim Hujan (steemkr.com)

Setelah membuat Perkutut selalu hangat, langkah selanjutnya perawatan Perkutut di musim hujan. Bagaimana caranya? Mudah sekali, Anda cukup melakukan cara-cara berikut:

1. Burung Perkutut Dimandikan seminggu dua kali

Apabila setiap hari turun hujan, pastinya udara akan terasa sangat dingin. Walau begitu, burung Perkutut harus tetap mandi agar bulunya tidak kotor dan menjadi sarang kutu. Namun, proses mandi Perkutut dikurangi dari yang semula setiap hari menjadi seminggu dua kali.

Tujuannya agar burung Perkutut tidak kedinginan dan masuk angin. Perkutut dimandikan agar bulunya tetap bersih. Selain itu, jangan terlalu lama memandikan burung Perkutut, cukup beberapa menit saja. Kalau ada, mandikan burung Perkutut dengan air hangat.

2. Penjemuran Perkutut Wajib Dilakukan

Usahakan setiap hari selalu menjemur Perkutut walau sedang musim hujan. Bagaimana jika dalam sehari hujan terus? Sangat jarang sekali, hujan turun selama 24 jam, pasti ada saat-saat di mana matahari akan bersinar.

Nah, waktu seperti ini jangan disia-siakan, segera jemur Perkutut di bawah terik sinar matahari. Jika matahari bersinar begitu terik, maka burung Perkutut bisa digantang di atas menggunakan tiang.

Loading...

3. Perkutut Digantang di Ruangan yang Hangat

Saat musim hujan, jangan menggantang Perkutut di teras rumah. Tentu burung akan kedinginan hingga masuk angin. Lebih baik, Perkutut digantang di dalam ruangan yang hangat. Pilih ruangan yang tidak terpakai dan khusus untuk menggantang burung.

Namun, pastikan ruangan tersebut memiliki fentilasi udara atau jendela agar udara tetap bisa keluar masuk dengan sempurna. Apabila ruangan tersebut tidak mempunyai jendela maka justru akan kesulitan bernapas.

Baca juga: 16 Tips Memilih Perkutut Lomba yang Bagus dari Fisik dan Suara

4. Malam Hari Burung Perkutut Dikerodong

Menjelang malam datang, suhu udara di musim hujan akan sangat dingin. Burung Perkutut perlu dikerodong sangkarnya agar tetap hangat. Jika satu kerodong masih tembus udara, maka lapisi lagi dengan kerodong tambahan.

Yang terpenting, burung Perkutut masih bisa bernapas. Percuma sangkar hangat, tapi burung tidak bisa bernapas dan akhirnya mati.

5. Burung Perkutut Diberi Lampu

Tambahan lampu di malam hari sangat membantu burung Perkutut agar tetap hangat. Pilih lampu yang berwarna kuning karena lebih hangat daripada lampu yang warna putih. Letakkan burung didekat lampu tersebut, tapi jangan sampai bersentuhan agar kerodong tidak terbakar.

Sebab, lampu mengeluarkan sinar yang panas. Jika sampai bersentuhan dengan sangkar atau kerodong, nanti bisa membakar sangkar dan kerodong tersebut.

6. Kandang Perkutut Dibersihkan

Tidak hanya menjaga kehangatan burung Perkutut saja, Anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan kandang burung. Pasalnya, sangkar burung mudah sekali jamuran apalagi jika berbahan kayu, terkena percikan air hujan saja bisa langsung jamuran.

Di samping itu, pakan Perkutut yang berupa voer dan biji-bijian juga mudah sekali menjamur. Dari permasalahan ini Anda bisa mengambil pelajaran yakni harus rajin mengganti pakan Perkutut setiap hari agar selalu terjaga kesegaran dan kebersihannya.

7. Beri Makanan Perkutut yang Menghangatkan Tubuh

Ada beberapa jenis makanan Perkutut yang bisa menghangatkan tubuh, di antaranya ketan hitam dan merica bubuk. Pemberian ketan hitam bisa dengan cara ditumbuk agar mudah dicerna.

Sementara pemberian merica bubuk dapat dicampur pada makanan utama. Fungsi kedua makanan ini dapat menghangat tubuh Perkutut di musim hujan.

Baca juga: 15 Makanan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi dan Cepat Gacor

8. Vitamin Perkutut di Musim Hujan

Setelah memberi makanan bergizi yang bisa menghangat tubuh, Perkutut juga harus diberi vitamin dan suplemen. Anda dapat membeli vitamin Perkutut di kios burung, kemudian campurkan atau larutkan pada air minumnya.

Selain dapat menjaga kesehatan, vitamin burung berperan aktif untuk menghindarkan Perkutut dari serangan virus dan bakteri di musim hujan.

9. Perkutut Diberi Ramuan Tradisional dari Bawang Merah

Bawang merah dikenal sebagai bumbu masakan. Namun, di musim penghujan seperti sekarang, bawang merah dapat dijadikan makanan tambahan burung Perkutut.

Cara menyajikan bawang merah ke burung Perkutut yaitu bawang merah dipotong-potong dan ambil bagian dalamnya saja. Potong lagi kecil-kecil bagian inti bawang merah seukuran voer, kemudian dilolohkan ke paruh Perkutut.

10. Burung Perkutut Dikasih Minyak Ikan

Manfaat minyak ikan untuk Perkutut ternyata banyak sekali, salah satunya untuk membantu meningkatkan stamina burung Perkutut di musim hujan dan saat lomba.

Cara memberikan minyak ikan ke burung Perkutut ada dua, yakni dengan cara oral langsung ke paruh dan dicampur di air minum. Namun, perlu diketahui bahwa pemberian minyak ikan pada burung Perkutut tidak boleh lebih dari 1 ml dalam satu minggu.

Baca juga: 16 Tips Memilih Perkutut Lomba yang Bagus dari Fisik dan Suara

Demikian cara merawat burung Perkutut di musim hujan agar tidak mudah sakit. Intinya burung Perkutut harus diberikan kehangatan baik dari luar maupun dari dalam. Dari luar bisa berupa menjaga sangkar tetap hangat menggunakan kerodong, sedangkan dari dalam bisa dengan cara memberikan vitamin atau ramuan tradisional.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara merawat ternak burung perkutut di musim hujan
  • mengatasi burung perkutut di musin hujan agr sehat
  • perawatan kutut musim hujan
  • perkutut fighter
  • Rawatan burung kutut musim hujan

Berikan komentar