8 Cara Merawat Perkutut Ombyokan Baru Beli Agar Cepat Bunyi

Burungnya.com – (Topik: Perkutut Ombyokan) Burung Perkutut ombyokan yang baru dibeli memiliki sejuta permasalahan. Ya, ada Perkutut yang tidak mau bunyi, Perkutut krabyakan, Perkutut kotoran cair, dan lain-lain.

Ini masih sebagian dari permasalahan Perkutut ombyokan. Kalau Anda beli Perkutut ombyokan dan ternyata tidak mau bunyi, sebenarnya hal tersebut tidak terlalu bermasalah.

Perkutut memang seperti itu saat baru beli. Burung Perkutut butuh adaptasi karena dia stres di dalam kandang ombyokan. Selain itu, pada proses penangkapan di alam, mungkin burung tersebut juga stres.

Jadi, tingkat stres Perkutut ombyokan sangat tinggi. Anda tidak bisa meminta Perkutut tersebut langsung bunyi pada hari itu juga setelah dibeli. Meski begitu, ada cara untuk mempercepat Perkutut bunyi.

Baca juga: Perkutut Baru Beli Tidak Mau Bunyi dan Cara Mengatasi

Cara Merawat Perkutut Ombyokan Agar Cepat Bunyi

1. Kandang yang Nyaman

Setelah dibeli, tentu Perkutut dimasukkan ke kandang barunya. Dia butuh waktu adaptasi untuk tinggal di tempat baru. Sebisa mungkin berikan kandang yang nyaman dilengkapi pakan dan minuman.

Burung Perkutut jangan lupa bersihkan dulu kandangnya sebelum digunakan. Dengan begitu, Perkutut akan cepat betah tinggal di tempat baru.

2. Mandikan Burung Perkutut

Di awal burung pertama datang pastinya tubuhnya kotor karena campur dengan burung lainnya. Bulunya terkena kotoran burung lain karena kandang penuh sesak.

Hal tersebut wajar karena beberapa burung dijadikan satu sehingga kotoran burung bisa menempel pada burung yang lain.

Anda bisa memandikan burung dengan sabun bayi atau shampo. Burung dimandikan dengan cara dipegang. Pertama elus dulu bulunya dengan usapan air sedikit saja.

Rasakan sampai detak jantung burung tidak begitu cepat. Artinya dia sudah mulai tenang dan siap dimandikan. Shampo dimasukkan dalam bak atau baskom.

Baca juga: 45 Harga Perkutut Terbaru 2021 Jenis Lokal Bangkok Katuranggan

Burung yang sudah dibasahi, bisa dicelupkan dalam bak mandi. Airnya setinggi dada saja, yang penting air tidak sampai mengenai kepala agar burung bisa bernapas.

Setelah bulu basah kuyup dan kelihatan kulitnya, burung diangkat dan dimasukkan ke kandang lagi. Anda bisa menyeka bulunya dengan handuk atau kain tebal agar cepat kering.

Angin-anginkan burung lalu dijemur di bawah sinar matahari. Burung Perkutut sangat suka dijemur, jadi mau dijemur agak siang juga tidak masalah.

Perkutut Ombyokan Baru Beli Cepat Bunyi (photofeathers.wordpress.com)
Perkutut Ombyokan Baru Beli Cepat Bunyi (photofeathers.wordpress.com)

3. Sore Burung Diberi Obat atau Suplemen

Perhatikan tekstur kotorannya, apakah encer atau padat. Bila kotoran burung encer, tandanya dia masih stres atau mungkin sedang sakit cacingan.

Loading...

Berikan saja pakan Gold Coin Perkutut dan tunggu beberapa hari. Biasanya dalam 1-3 hari, kotoran sudah padat dan kering. Bila kotoran burung masih cair, tandanya burung memang cacingan.

Anda bisa memberikan obat cacing combantrin sedikit saja. Nanti cacing akan keluar semua. Proses pemulihan Perkutut cukup dijemur saja tanpa dimandikan.

Obat yang bisa diberikan cukup pil Larasati saja 1 butir. Tiga hari berikutnya, burung bisa diberi kacang hijau yang sudah dilunakkan dengan air hangat. Tiga hari berikutnya lagi, berikan irisan kencur berbentuk kacang hijau.

Pemberian kacang hijau dan kencur cukup 3 butir sekali pemberian. Contoh pemberian, hari Senin burung diberi 3 butir kacang hijau, lalu kamis diberi kencur 3 butir.

Baca juga: 5 Cara Membuat Perkutut Bunyi dengan Cetekan Jempol

4. Adaptasi di Satu Tempat

Burung dibiarkan di satu tempat yang sama setiap hari. Dengan begitu burung akan lebih cepat beradaptasi. Ini penting karena kalau burung dipindah-pindah dia akan lama beradaptasi.

Kandang juga dibiarkan sama jangan diganti-ganti dulu sampai burung nyaman. Kalau burung kurang nyaman dan krabyakan tidak masalah.

5. Burung Didekatkan dengan Pemiliknya

Setiap berangkat atau pulang kerja, burung ditaruh di atas meja atau di lantai. Temani dia di sampingnya dan lakukan aktivitas seperti biasa, misal minum kopi, main HP, baca koran, dan lain-lain.

Malam juga demikian, kalau Anda sedang senggang, temani burung di sampingnya. Duduk saja di samping Perkutut, nanti dia akan lebih tenang lebih cepat.

Dia cuma memastikan bahwa Anda tidak jahat kepadanya. Oleh karena itu, tetaplah tenang saat Anda sedang menemani burung.

6. Setiap Malam Burung Dielus

Kalau malam sudah santai, coba keluarkan burung dan elus-elus bulunya. Burung dipegang-pegang, direntangkan sayapnya, dan diajak ngomong.

Walau kelihatan aneh, tapi perawatan seperti ini bisa mempercepat Perkutut ombyokan bunyi. Burung akan lebih tenang dan lebih dekat dengan Anda.

Baca juga: 5 Setingan Perkutut Lomba dan Perawatan Harian

7. Perkutut Diberi Nama

Dari ciri di tubuhnya atau perilakunya, coba berikan nama untuk Perkutut. Anda mungkin sudah memiliki nama dan arti yang indah, berikan saja untuk Perkutut kesayangan.

Nama yang cocok untuk Perkutut biasanya yang kejawa-jawaan. Namun, kembali lagi pada Anda sendiri, maunya seperti apa.

8. Kandang Perkutut Baru

Kalau burung sudah kelihatan nyaman dan dekat dengan Anda, belikan rumah baru atau kandang Perkutut. Pasti nanti burung butuh adaptasi lagi.

Hal tersebut tidak masalah karena burung sudah mengenal rumah dan pemiliknya dengan baik. Sehingga proses adaptasi pindah sangkar akan lebih cepat.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara merawat Perkutut ombyokan baru beli agar cepat bunyi. Ingat di sini tujuan utamanya agar burung cepat beradaptasi dan cepat bunyi saja.

Untuk ke tahap manggung gacor, prosesnya mungkin agak lama. Hal ini juga tergantung dari mental dan karakter burung itu sendiri. Semakin berani dan bagus karakternya, maka Perkutut akan cepat manggung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!