17 Cara Merontokkan Bulu Burung dengan Cepat saat Mabung

17 Cara Merontokkan Bulu Burung dengan Cepat saat Mabung

Burungnya.com – Semua burung mengalami proses mabung. Durasi waktunya terbilang lama yaitu 2-3 bulan. Selama mabung, bulu burung berjatuhan dan ganti bulu baru. Untuk merontokkan bulu burung dengan cepat, cara beraneka ragam.

Ada yang cuma diberikan makanan bergizi, tapi ada pula kicau mania yang memberikan bahan-bahan unik yang kemungkinan belum diketahui banyak orang. Bahan tersebut di antaranya kulit jeruk, daun pandan, hingga daun sirsak.

Baca juga: Setelah Mabung Performanya Meningkat, Murai Batu Hammer Dibeli Rp 245 Juta

Sekilas bahan-bahan ini tidak begitu penting untuk burung. Sebab, ketiga bahan tersebut lebih sering dipakai untuk memasak. Namun, faktanya bahan-bahan alami dari tumbuhan ini dapat mempercepat proses mabung pada burung.

Cara Merontokkan Bulu Burung saat Mabung (youtube.com)
Cara Merontokkan Bulu Burung saat Mabung (youtube.com)

Cara Mempercepat Mabung Burung

1. Kulit Jeruk

Cara cepat merontokkan bulu burung dapat dilakukan dengan memasukan beberapa kulit jeruk ke dasar sangkar. Kemudian, burung dikerodong penuh.

Setelah itu, saat terapi kulit jeruk letakkan burung pada tempat yang jauh dari suara burung lain. Tujuannya agar burung dapat lebih fokus serta siap membantu mempercepat merontokkan bulu.

2. Mandi Sauna

Mabung burung akan cepat selesai kalau dilakukan dengan cara mandi sauna. Panas matahari yang masuk melalui kerodong menjadikan bagian dalam sangkar kedap panas.

Udara dari luar cuma bisa masuk sedikit. Ini akan membuat pori-pori pada burung melebar. Dengan begitu, burung menjadi cepat selesai mabung.

3. Biarkan Burung Sendiri

Tempatkan burung di lokasi yang tenang. Kalau bisa burung peliharaan Anda dijauhkan dari burung-burung lain yang dapat memancingnya untuk bertarung.

Selain itu, letakkan burung yang mau mabung di tempat yang lembab dan sedikit panas untuk membuat burung tersebut lebih cepat merontokkan bulu-bulunya.

4. Dekatkan dengan Burung Betina

Burung berkelamin betina sepertinya ampuh membantu proses mabung burung jantan. Hal ini karena birahi yang keluar saat didekati burung betina dapat membuat bulu rontok dengan cepat.

5. Berikan Jangkrik

Burung yang mabung butuh asupan protein tinggi. Jadi, Anda dapat memberikan jangkrik setiap pagi agar burung cepat mabung.

6. Berikan Ulat Hongkong

Agar burung cepat mabung, Anda bisa memberikan pakan tambahan berupa ulat Hongkong sebanyak 10 ekor. Pemberian pagi hari 10 ekor dan siang 10 ekor.

7. Manfaatkan Daun Pandan

Daun pandan dapat mempercepat burung mabung. Caranya daun pandan dipotong kecil-kecil. Setelah itu letakkan daun-daun tadi pada dasar sangkar.

Tutup sangkar burung dengan kerodong secara full. Lakukan hal ini setiap hari sampai bulu burung berjatuhan. Apabila dalam beberapa hari daun pandan sudah mengering, maka gantilah dengan daun yang baru.

8. Ganti Voer Burung dengan Voer Ayam

Voer ayam dapat merangsang burung agar cepat mabung. Pasalnya voer ayam mempunyai kandungan proten yang lebih tinggi dari voer burung. Sehingga walau ini terdengar aneh, tapi sejatinya bisa membuat burung cepat mabung.

Loading...

9. Berikan Campuran Susu dan Voer

Kalau burung sudah terlanjur gagal mabung, maka berikan susu bubuk campur voer. Campuran kedua bahan ini dipercaya mampu menjatuhkan bulu-bulu burung dengan sempurna.

10. Gunakan Daun Sirsak

Siapkan 7-10 daun sirsak yang sudah menguning, kemudian letakkan di dasar sangkar. Kalau daun tersebut sudah kering ganti dengan daun sirsak yang baru. Dengan begitu, burung akan mabung dengan cepat.

11. Diberi Nutrisi BirdMolt-Pre

Burung mabung membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Anda dapat memberikan nutrisi dengan kandungan protein tinggi berupa metioni dan sistin pada BirdMolt-Pre.

12. Burung Mabung Tidak Dimandikan

Saat burung sedang mabung, sebaiknya Anda jangan memandikan burung. Hal ini akan membuat burung gagal mabung.

13. Kain Kerodong Disemprot Air

Perawatan burung mabung biasanya menggunakan kerodong full. Namun, agar keadaan di dalam sangkar tidak terlalu panas, Anda sebaiknya menyemprot kerodong dengan air terlebih dahulu.

14. Telur Bebek Dicampur Voer

Ambil kuning telur bebek kemudian dicampur dengan voer. Setelah itu, angin-anginkan adonan sampai mengering.

Berikan racikan telur bebek dan voer secara rutin. Jika proses mabung sudah selesai, berikan voer seperti biasa, tanpa dicampur telur bebek.

15. Kroto Dicampur dengan Susu Bubuk

Racikan pakan ini bisa membuat burung cepat mabung. Bahan-bahannya cuma 1 cepuk ulat Hongkong, dan kroto dicampur susu bubuk.

Setelah diberikan ke burung, lalu sangkar dikerodong total. Periksa selama 3 hari, dan lihat bulu burung akan berguguran. Kemudian lanjutkan perawatan ini selama seminggu agar mabung selesai dengan sempurna.

16. Jauhkan dari Tempat Bising

Jika Anda terbiasa meletakkan burung di pinggir jalan, maka saat mabung sebaiknya tempat burung di ruang sendiri. Intinya berikan ketenangan pada burung tersebut sehingga suara-suara bising tidak bisa mengganggunya.

17. Sangkar Dibersihkan Secara Teratur

Jangan lupa sangkar selalu dibersihkan dengan teratur. Ganti pakan dan minum serta bersihkan kotoran burung. Kandang harus bersih agar tidak ada penyakit yang berdatangan. Ini berhubungan dengan kondisi burung yang lemah saat mabung.

Takutnya saat kondisi burung menurun, penyakit dari luar malah menyerangkan secara bertubi-tubi. Hal ini malah menjadikan burung yang harusnya segera pulih, malah jatuh tergeletak tak berdaya.

Baca juga: 28 Perawatan Kacer Mabung, Ciri-ciri, dan Kapan Mabung Selesai

Demikian beberapa cara merontokkan bulu burung dengan cepat saat mabung. Proses mabung memang terbilang lama. Oleh karena itu, burung-burung lomba agak kesulitan menyesuaikan diri saat mabung.

Cara Mempercepat Mabung Burung (hbw.com)
Cara Mempercepat Mabung Burung (hbw.com)

Biasanya gacor di lapangan, tapi sekarang cuma terdiam lemah di dalam sangkar. Hal ini kemungkinan akan membuat burung stres. Nah, untuk menghindarinya Anda harus memberikan asupan pakan bergizi dan memberikan hiburan memperdengarkan suara masteran.

Namun, pemasteran sebaiknya dilakukan saat burung akan selesai mabung. Tujuannya burung akan lebih mudah merekam suara burung lain karena fokus pikirannya hanya pada suara burung tersebut.

Jika ada cara lain untuk mempercepat proses mabung burung, silakan sampaikan di kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara mempercepat mabung kacer
  • agar cepat rontok bulu kacer
  • cara cepat merontokkan bulu kacer
  • cara cepat merontokan bulu kenari saat mabung
  • cara merontokan bulu burung
  • cara agar burung cepat mabung
  • merontokkan bulu kacer
  • cara merontokan bulu merpati
  • cara cepat merontokan bulu kenari
  • cara cepat merontokan bulu burung

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!