Cara Mudah Memaster Murai Batu Versi Bang Boy BnR

Burungnya.com – Sebenarnya cara memaster Murai Batu hampir sama dengan memaster burung lainnya. Yang terpenting ada suara masteran burung yang mempunyai banyak variasi lagu. Nah, lantas suara burung seperti apa yang bisa dijadikan masteran Murai Batu?

Cara memaster Murai Batu versi Bang Boy BnR

Ada banyak jenis burung untuk masteran Murai Batu. Namun, menurut penuturan Bang Boy BnR, dia lebih sering memaster Murai Batu menggunakan perpaduan tiga jenis burung jawara, seperti burung Lovebird, burung Kenari, dan burung Kapas Tembak.

Mengapa Bang Boy memilih tiga jenis burung tersebut? Padahal, biasanya sebagain besar kicau mania memaster Murai Batu memakai suara burung Cililin.

Ternyata, perpaduan suara masteran Lovebird, Kenari, dan Kapas Tembak mampu membuat Murai Batu tampil menonjol di lapangan, terutama dalam materi lagu dan performanya. Selain itu, ketiga suara burung tadi merupakan masteran dasar untuk Murai Batu, seperti yang dikutip dari MediaBnR.com (9/11/2012).

Kalau sudah tahu jenis suara masteran burung untuk Murai Batu, sekarang cara memasternya bagaimana? Mudah saja, jangan mendekatkan burung masteran dengan Murai Batu yang akan dimaster.

Cara mudah memaster Murai Batu (wikimedia.org)
Cara mudah memaster Murai Batu (wikimedia.org)

Sebisa mungkin jauhkan pandangan Murai Batu dari burung tersebut, tapi tetap bisa terdengar suaranya. Hal ini dilakukan agar burung Murai Batu mudah merekam suara masteran dari burung Lovebird, Kenari, dan Kapas Tembak.

Setelah itu, dilanjutkan dengan suara masteran dari MP3 atau YouTube. Anda bisa memilih suara masteran Lovebird yang ngekek panjang, Kenari gacor, dan Kapas Tembak.

Itu tadi, beberapa cara mudah memaster Murai Batu versi Bang Boy BnR. Jadi, intinya Anda cuma memadukan tiga jenis suara masteran Lovebird, Kenari, dan Kapas Tembak. Setelah proses pemasteran dilakukan agak jauh, antara burung masteran dengan burung Murai Batu yang akan dimaster.

Sekarang mari membahas proses memaster Murai Batu lebih detail lagi. Dalam hal ini, prosesnya sebenarnya cukup panjang, mulai dari persiapan burung masteran, lingkungan, waktu, dan kesehatan burung Murai Batu.

Persiapan burung masteran

Suara masteran untuk Murai Batu (wikimedia.org)
Suara masteran untuk Murai Batu (wikimedia.org)

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Bang Boy, burung masteran yang bagus untuk Murai Batu adalah Lovebird, Kenari, dan Kapas Tembak. Ternyata ada jenis burung lain yang sama-sama bagusnya, yakni Cililin, Pelatuk, dan Cucak Jenggot.

Burung-burung termasuk masteran atau suara isian wajib untuk Murai Batu. Ada juga jenis burung lain yang bisa berdampak bagus, sekaligus jelek untuk Murai Batu. Jadi, hasilnya 50 persen : 50 persen, burung Murai Batu bisa bagus suaranya, tapi juga bisa buruk suaranya.

Adapun jenis burung yang kami maksud adalah burung Serindit, Tengkek Buto, Gereja Tarung, Elang, dan Parkit.

Anda juga harus tahu, jenis suara burung yang tidak bagus untuk memaster Murai Batu, di antaranya burung Jalak Suren, Jalak Kebo, Anis Merah, Anis Kembang, Prenjak, Cucak Ijo, Cucak Rowo, Kutilang, Trucukan, dan Ciblek.

Loading...

Lingkungan saat memaster Murai Batu

Burung Murai Batu (flickr.com)
Burung Murai Batu (flickr.com)

Setelah menyiapkan suara masteran burung yang bagus, kemudian tempatkan Murai Batu di lingkungan yang nyaman dan tenang. Tentunya, Anda sudah tahu alasannya, yaitu agar Murai Batu mudah berkonsentrasi merekam atau mengingat variasi suara masteran burung.

Tak hanya itu, lokasi yang tenang dapat membantu Murai Batu lebih rileks dalam berlatih. Kalau burung Murai Batu ditempatkan di pinggir jalan raya atau tempat-tempat yang bising, Murai Batu tidak akan mampu menyerap suara masteran dengan sempurna. Burung Murai Batu justru akan stres dan tidak mau bunyi.

Baca juga: 15 Cara Melatih Mental Murai Batu Biar Fighter Pakai Teknik Buka Tutup Kerodong

Waktu pemasteran yang tepat

Cara melatih mental Murai Batu dengan kerodong buka tutup (YouTube.com)
Cara melatih mental Murai Batu dengan kerodong buka tutup (YouTube.com)

Sebenarnya waktu pemasteran Murai Batu yang tepat bisa dilakukan kapan saja, pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari. Namun, yang ditekankan di sini bukan masalah waktu tersebut, melainkan waktu saat burung Murai Batu istirahat atau sedang tidak aktif bunyi.

Menurut beberapa master kicau mania, waktu memaster Murai Batu terbaik saat burung sedang tidak aktif bunyi. Alasannya, burung dapat merekam suara masteran dengan baik. Berbeda kalau burung Murai Batu sedang aktif, maka kemungkinan besar burung tidak mau mendengar suara masteran.

Selain itu, cari tahu kapan waktu Murai Batu beristirahat. Sama seperti manusia, kalau mereka sedang istirahat, pastinya mereka tidak ingin diganggu. Oleh karena itu, jangan memaster burung Murai Batu saat dia beristirahat.

Anda juga bisa memaster burung saat Murai Batu sedang mabung. Sebab, ketika Murai Batu mabung, biasanya dia lebih sering diam untuk menjaga kondisi tubuhnya. Nah, saat inilah konsentrasinya untuk mendengar suara masteran sangat bagus.

Kondisi kesehatan Murai Batu

Murai Batu Hammer (YouTube.com)
Murai Batu Hammer (YouTube.com)

Murai Batu bisa merekam suara masteran dengan baik apabila dia dalam kondisi sehat. Artinya burung Murai Batu dalam keadaan bugar, aktif, tidak terlihat lesu, ataupun sakit. Kalau Murai Batu sehat, tentunya dia lebih mudah menghafal suara isian lagu yang diberikan.

Baca juga: 18 Penyebab dan Cara Mengobati Murai Batu Serak dengan Ramuan Tradisional

Demikian beberapa cara memaster Murai Batu versi Bang Boy BnR dan juga beberapa cara lainnya yang lebih lengkap. Semoga variasi lagu tembakan Murai Batu Anda lebih banyak dan tambah gacor.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • isian murai batu yang bagus
  • masteran murai batu yang bagus
  • memaster murai batu
  • masteran murai batu
  • masteran murai
  • cara memaster murai batu dengan cililin
  • cara memaster murai batu
  • masteran untuk murai batu
  • master murai batu yang baik
  • masteran tembakan untuk murai batu

Berikan komentar