Skip to content

7 Cara Simpan Makanan Kucing Basah Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Makanan Basah Kucing

Burungnya.com – Anda pasti sudah tahu bahwa makanan kucing terdiri dari jenis, yakni makanan kering dan makanan basah. Makanan kucing yang basah biasanya memiliki aroma yang menyengat dan tentu saja enak.

Tak heran, bila kucing tidak mau makan, dia akan langsung mau makan saat diberi makanan basah. Namun, bagaimana cara menyimpan makanan kucing basah agar tahan lama.

Soalnya, selama ini makanan basah mudah basi dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Kasihan kucing dan hanya buang-buang uang saja. Kalau Anda bisa menyimpan makanan basah dengan benar, tentu bisa dipakai lagi di lain waktu.

Baca juga:

Cara Menyimpan Makanan Basah Kucing

Perlu Anda ketahui bahwa makanan kucing basah hanya tahan sekitar 4 jam. Bila makanan ini dibiarkan di suhu ruangan lebih dari 4 jam, maka makanan tersebut sudah tidak segar lagi dan muncul bakteri.

Jadi, makanan basah harus segera dihabiskan kucing kurang dari 4 jam. Lebih dari itu, lebih baik kucing diberi makanan yang baru.

Sekarang kami akan memberikan sedikit tips cara menyimpan makanan basah kucing.

Cara Simpan Makanan Kucing Basah

Cara Simpan Makanan Kucing Basah

1. Kaleng Ditutup Setelah Dibuka

Biasakan untuk segera menutup kaleng makanan kucing begitu selesai membukanya. Bila kaleng tidak bisa ditutup lagi, Anda bisa menutupnya dengan plastik dan mengikatnya dengan karet gelang.

2. Simpan di Kulkas

Agar lebih aman lagi, simpan makanan kucing basah di dalam kulkas dengan suhu antara 4-7 derajat.

Lokasi menyimpan wet food kucing sebaiknya bukan di freezer tapi di chiller atas. Alasannya, simpan makanan kucing di freezer bisa mengubah rasanya.

3. Jangan Simpan Makanan Terlalu Lama di Lemari Es

Untuk makanan kucing basah, sebaiknya jangan disimpan terlalu lama di dalam lemari es. Maksimal makanan tersebut disimpan sekitar 5 hari saja.

Lebih dari itu, makanan kucing dibuang saja. Pasalnya, makanan tersebut sudah berubah rasa dan aroma.

4. Beri Label Kapan Dibuka

Setiap makanan kucing basah sebaiknya diberi label untuk mengetahui kapan tidak boleh dikonsumsi.

Ingat makanan kucing basah hanya bertahan selama 4 jam saja. Kalau disimpan dalam kulkas, makanan kucing basah bisa bertahan selama 5 hari.

5. Kasih Makan Pakai Sendok

Mengapa harus memberikan makanan kucing menggunakan sendok? Ini karena makanan kucing tidak akan mudah basi bila memakai sendok.

Berbeda kalau Anda mengambilnya pakai tangan, tentu makanan kucing terkena bakteri hingga akhirnya gampang basi.

6. Bila Makanan Kucing Sudah Dituang

Apabila makanan kucing basah sudah dituang di wadah, berarti daya tahannya cuma 30 menit. Anda bisa membuang makanan tersebut bila lebih dari 1 jam tidak habis.

7. Makanan Baru yang Belum Dibuka

Jika makanan kucing masih baru dan belum buka, sebaiknya taruh di suhu ruangan saja. Jangan masukkan makanan yang belum dibuka di dalam kulkas.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara menyimpan makanan kucing basah agar tahan lama. Mengapa makanan kucing harus disimpan dengan baik?

Alasannya kucing adalah hewan yang mudah sensitif terhadap apa yang dia makan. Bila makanan kurang steril, maka dia akan jatuh sakit. Terutama ini untuk kucing rumahan ya.

Kalau kucing kampung yang hidup di jalanan, pastinya lebih kuat. Sebab, dia sudah terbiasa memakan makanan sisa dari sampah. Sehingga pencernaannya tidak sensitif.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.