10 Cara Terapi Lapar Lovebird Agar Cepat Jinak

Burungnya.com – Bagaimana cara menjinakkan Lovebird menggunakan terapi lapar? Tentu Anda tidak boleh sembarangan karena langsung melakukan terapi lapar pada Lovebird tanpa mengetahui prosedurnya.

Jadi lebih baik pahami dulu seperti apa terapi lapar pada Lovebird. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan terapi yang aman. Kalau Anda asal melakukan terapi kasihan burung Lovebird justru akan tersiksa.

Lantas bagaimana solusinya? Intinya jangan sampai burung Lovebird tidak makan dan minum sama sekali. Burung diterapi lapar, tapi dia harus tetap makan. Jadi pakan burung dikurangi saja.

Kita mulai proses penjinakan Lovebird ya. Namun, perlu digarisbawahi, cepat lambatnya Lovebird jinak tergantung dari seberapa telaten Anda melatihnya. Kemudian burung harus berusia muda, maksimal burung remaja mendekati dewasa.

Baca juga:

Terapi Lapar Lovebird

1. Makanan Lovebird Dikurangi

Pertama Anda harus mengurangi porsi makan Lovebird di malam sebelum besoknya latihan terapi lapar. Misalnya sebelum tidur, pakan dikasih setengah cepuk. Kalau mau terapi lapar berikan seperempat pakan saja.

Dengan begitu, Lovebird akan lapar di hari berikutnya. Ini saatnya Anda menjalankan terapi lapar. Waktu memulai terapi bisa dilakukan setelah burung mandi dan jemur.

Oh iya, minum Lovebird harus tetap disediakan dan tidak dikurangi agar Lovebird masih punya tenaga saat latihan dan tidak lemas.

Cara Menjinakkan Lovebird dengan Terapi Lapar
Cara Menjinakkan Lovebird dengan Terapi Lapar

2. Mulai Kasih Makan ke Lovebird Pakai Tangan

Sekitar jam 09.00 – 10.00 burung Lovebird mulai dikasih makan. Kasih makan burung sedikit demi sedikit menggunakan tangan.

Ambil milet putih satu biji kemudian suapkan ke Lovebird. Kalau Lovebird sudah lama dekat dengan pemiliknya tentu dia akan langsung datang mendekat. Berbeda bila burung baru beli, mungkin butuh waktu penyesuaian sampai burung mau mendekati pakan tersebut.

Jumlah bijian yang diberikan ya kira-kira seperempat cepuk. Dengan begitu, Lovebird tidak akan merasa kenyang tapi tetap ada asupan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Burung akan bergantung pada Anda karena sumber makanannya ada di tangan Anda. Pemberian makanan dengan tangan ini dilakukan setiap 3-4 jam sekali.

Jadi untuk pekerja kantoran seperti cukup kesulitan menyesuaikan jadwal latihan terapi lapar. Kalau Anda ingin melatih Lovebird di akhir pekan saja, tentu hasilnya tidak maksimal dan Lovebird jinaknya lama.

3. Pemberian Makan Malam

Kalau malam menjelang tidur bagaimana? Nah, karena Anda juga butuh istirahat. Jadi kalau mau tidur, sebaiknya Anda berikan makanan Lovebird seperempat cepuk dan minuman penuh.

Diharapkan Lovebird tidak kelaparan saat malam hari. Namun kalau pagi hingga sore hari wadah pakan diambil dan biarkan wadah minum saja di dalam sangkar.

4. Berapa Lama Lovebird Jinak?

Dengan terapi lapar, Lovebird bisa jinak dalam waktu seminggu. Namun, waktunya bisa lebih lama bila Lovebird kurang dekat dengan Anda. Terus konsistensi Anda dalam melatih juga bisa menjadi faktor cepat lambatnya Lovebird jinak.

Jadi Anda harus melatihnya setiap hari selama 1-2 minggu. Dengan begitu burung Lovebird akan terbiasa makan melalui tangan.

Cara Alternatif Mengatasi Burung yang Susah Jinak (youtube.com)
Cara Alternatif Mengatasi Burung yang Susah Jinak (youtube.com)

5. Kasih Makan di Dalam Sangkar

Awalnya Lovebird dikasih makan biji demi sebiji milet dari luar sangkar. Dekatkan jari Anda di jeruji sangkar. Biarkan Lovebird mendekat dan memakannya.

Kalau Anda takut digigit, coba periksa seberapa kuat gigitan Lovebird. Biarkan Lovebird menggigit jari Anda. Nanti bila Anda sudah terbiasa, maka Anda tidak akan kaget atau takut saat digigit Lovebird.

6. Beri Makanan di Luar Sangkar

Setelah Lovebird terlihat menikmati pemberian makan dari tangan, coba mulai berikan makan di luar sangkar. Biarkan pintu sangkar terbuka, dan pancing Lovebird keluar sangkar.

Lakukan latihan ini di dalam ruangan. Takutnya burung lepas bila dilakukan di luar ruangan. Siapkan semprotan bila Lovebird ternyata memberontak dan mencoba kabur lewat jendela atau ventilasi udara.

7. Latihan Lovebird Fly To Me (FTM)

Semakin hari Lovebird Anda pasti jinak. Nah, sekarang waktunya untuk melatih Lovebird FTM atau Fly To Me. Burung dilatih agar terbang mendekati Anda.

Latihan ini paling mudah bila Anda sudah terbiasa memanggil namanya saat memberi makan Lovebird. Alternatif lain, Anda bisa memberikan makan ke Lovebird sambil meniup peluit.

Dengan begitu saat Anda memanggil namanya, Lovebird akan terbang ke tubuh Anda dan meminta makanan. Begitu terus latihannya sampai Lovebird terbiasa melakukan hal tersebut.

Lovebird Giras Cepat Jinak (pinterest.com)
Lovebird Giras Cepat Jinak (pinterest.com)

8. Jangan Berhenti Latihan Walau Sehari

Kalau Anda berkomitmen untuk melatih Lovebird jinak, Anda harus berusaha keras melatihnya setiap hari. Bukankah pemberian makannya cuma 3-4 jam sekali? Jadi itu mudah bagi Anda yang terbiasa di rumah.

Kalau Anda berhenti latihan sehari saja, Lovebird akan kehilangan rasa ketergantungan dan tidak mau makan lewat tangan Anda lagi. Jadi kuncinya adalah konsisten.

9. Jumlah Lovebird yang Dilatih

Anda bisa melatih Lovebird jinak dengan terapi lapar 1-3 ekor saja. Lebih dari itu, Anda bisa kewalahan. Sebab, Anda harus bergantian memberikan makan Lovebird satu persatu yang mungkin memakan waktu cukup lama.

Kalau Anda melatih Lovebird yang banyak sekaligus, minta bantuan orang lain saja. Jika latihan dilakukan seorang diri, Anda bisa kewalahan dan hasilnya tidak maksimal.

10. Latihan Minimal Seminggu

Coba latihan seminggu dulu, bila Lovebird ada tanda-tanda jinak, lanjutkan terus sampai tingkat jinaknya sesuai keinginan Anda. Namun bila Lovebird tidak mau jinak juga, atau dia tidak mau makan sama sekali dari tangan Anda, lebih baik hentikan latihan.

Lovebird yang tidak mau dilatih jinak sebaiknya jangan dipaksa. Biarkan Lovebird hidup sesuai dengan karakter liarnya. Kita tidak bisa memaksa burung mengikuti kemauan kita.

Namun kalau burung Lovebird memang mau dilatih, berarti Anda harus semangat dan bersungguh-sungguh. Sebab, burung saja sudah mau latihan terapi lapar, seharusnya pemilik burung lebih semangat lagi.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara terapi lapar Lovebird agar cepat jinak. Burung Lovebird sebenarnya bisa jinak dalam hitungan hari. Semua tergantung dari burung itu sendiri, pemiliknya, dan ketekunan.

Apabila Anda cuma pelihara seekor Lovebird saja di rumah, kami jamin Lovebird tersebut bisa cepat jinak karena dirawat dengan fokus. Berbeda kalau burungnya banyak, nanti perawatan akan terpecah ke burung yang lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.