Cara Terapi Lovebird Mandi Hujan yang Benar dan Aman

Burungnya.com – Terapi Lovebird mandi air hujan bisa dilakukan di musim penghujan. Kebetulan sebagian kota di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Sehingga Anda bisa mencoba terapi mandi hujan untuk Lovebird.

Meski begitu, mandi air hujan butuh perhatian yang serius. Jadi burung Lovebird tidak sekadar dihujan-hujankan, tapi juga ada langkah-langkahnya.

Sebab, kalau cuma memandikan Lovebird di bawah hujan, tentu burung bisa saja jatuh sakit. Apalagi kalau hujannya deras, kemudian Anda nekat melakukan terapi Lovebird.

Baca juga: 7 Perawatan Burung Kehujanan Lupa Tidak Dimasukkan Rumah

Jangan sampai ambisi untuk membuat Lovebird gacor dan ngekek panjang justru membuat Lovebird tersiksa dan jatuh sakit. Lebih baik, lakukan terapi dengan benar dan aman agar burung bahagia.

Pada dasarnya, burung Lovebird suka hujan-hujan. Kalau di alam burung ini tidak akan berteduh tapi justru mandi air hujan.

Cara Terapi Lovebird Mandi Hujan

Terapi Lovebird Mandi Hujan (youtube.com)
Terapi Lovebird Mandi Hujan (youtube.com)

Hujan yang paling aman untuk terapi Lovebird adalah hujan yang rintik-rintik. Mengapa demikian? Sebab, hujan rintik-rintik tidak membuat bulu Lovebird langsung basah kuyup.

Bulu Lovebird mempunyai kandungan minyak yang membuatnya bulunya terlihat kering. Kalau tubuhnya diguyur air hujan, pastinya burung akan merasa segar.

Lovebird yang stres akan sembuh seketika karena tubuhnya seperti dipijat air hujan secara alami. Nanti begitu hujan akan lebat, Lovebird langsung dimasukkan ke rumah ya.

Kapan Waktu Terapi Lovebird Hujan?

Untuk waktu yang paling baik dan aman adalah pagi hari sekitar jam 06.00 – 08.00. Alasannya hujan di pagi hari masih segar dan airnya belum tercampur polusi udara kendaraan dan asap pabrik.

Berbeda kalau hujan siang atau sore hari, tentu hujannya sudah tercemar asap dan polusi. Nanti bukannya baik untuk kesehatan, justru malah timbul masalah baru.

Baca juga: 16 Cara Merawat Lovebird di Musim Hujan Paling Lengkap

Durasi Terapi Lovebird Mandi Hujan

Terapi Lovebird Mandi Air Hujan yang Benar (youtube.com)
Terapi Lovebird Mandi Air Hujan yang Benar (youtube.com)

Sekarang berapa lama Lovebird mandi hujan? Untuk Lovebird berukuran kecil sampai sedang atau anakan sampai remaja, lakukan terapi selama 10-15 menit.

Kalau burung diterapi lebih lama, biasanya tubuh Lovebird gemetar karena kedinginan. Jadi waktu saat terapi harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya.

Apabila Anda menerapi terlalu lama, hasilnya juga kurang bagus. Burung bisa saja jatuh sakit karena kedinginan dan paruh atau lubang hidungnya kemasukan banyak air.

Kemudian jangka waktu terapi ini bisa dilakukan 3 hari sekali atau satu minggu sekali. Kalau Anda terapi Lovebird setiap hari, burung akan jatuh sakit.

Loading...

Baca juga: Lovebird Ngekek Panjang dengan Terapi Mandi Air Hangat

Syarat Lovebird Diterapi Mandi Hujan

Sebelum melakukan terapi mandi hujan, pastikan burung Lovebird dalam keadaan sehat. Burung tidak sedang ganti bulu, sakit, atau mengalami masalah penyakit tertentu.

Ini dasar utama sebelum terapi. Kalau burung sakit dibiarkan mandi hujan, sudah pasti penyakitnya tambah parah. Tubuh akan meriang, pusing, bergetar, menggigil, bulu mekrok, kotoran cair, dan akhirnya mati.

Selain itu, pastikan juga Lovebird termasuk karakter yang suka mandi atau tipe basah. Kalau burung tipe kering, dia justru tidak suka mandi. Dia sukanya mandi semprot dan mandi hujan rintik-rintik.

Baca juga: Terapi Mandi Air Hujan agar Lovebird Nagen di Tangkringan

Lokasi Terapi Lovebird yang Paling Bagus

Lovebird Mandi Air Hujan (hilmy01blog.wordpress.com)
Lovebird Mandi Air Hujan (hilmy01blog.wordpress.com)

Terapi Lovebird hujan yang bagus langsung beratap langit. Jadi, jangan terapi Lovebird di bawah pancuran air atau talang air. Nanti atap yang berkarat membawa zat asam dan pastinya tidak baik untuk Lovebird.

Kemudian bagian tebok sangkar dilepas dulu. Tujuannya agar air tidak menggenang di bawah sangkar.

Terus bagian bawah sangkar sebisa mungkin pilih di permukaan paving atau aspal. Sebab, kalau diletakkan di permukaan tanah, cipratan airnya akan mengandung tanah dan mengotori tubuh Lovebird.

Selain kotor, mata Lovebird bisa kemasukan tanah. Nanti, burung bisa terganggu dan tidak menikmati terapi hujan tersebut.

Perawatan Setelah Lovebird Mandi Hujan

Burung Lovebird yang selesai mandi air hujan, bisa diangin-anginkan dulu. Tubuhnya masih basah dan kedinginan, jadi harus didekatkan pada lampu.

Sebisa mungkin bulu Lovebird diseka atau dikeringkan dulu dengan kain tebal atau handuk. Setelah itu, burung digantung di dekat lampu atau dihangatkan dengan hair dryer.

Pada intinya jangan sampai burung kedinginan. Pasalnya, tubuh burung Lovebird itu kecil. Bulunya juga tidak terlalu tebal, nanti takutnya burung kedinginan.

Baca juga: Terapi Lovebird Mandi Kering Untuk Dongkrak Stamina dan Napas Panjang

Manfaat Terapi Lovebird Mandi Hujan

  1. Burung Lovebird jadi rajin bunyi.
  2. Stres Lovebird hilang.
  3. Burung Lovebird bisa nagen satu titik.
  4. Lovebird lebih tenang di tangkringan.
  5. Birahi Lovebird turun.
  6. Lovebird jadi konslet dan ngekek panjang.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara terapi Lovebird mandi hujan yang benar. Banyak orang melakukan kesalahan saat terapi mandi hujan. Kemudian burungnya bukannya mengalami efek positif, tapi justru sebaliknya.

Dari sini kita harus belajar bahwa terapi mandi hujan untuk Lovebird risikonya tinggi. Kalau Anda takut kena efek sampingnya, lebih baik urungkan niat Anda.

Kami memberikan tips terapi ini untuk informasi saja. Anda bisa menjalankan terapi ini secara aman atau menurut setingan Anda sendiri. Sebab, yang tahu karakter dan kondisi burung adalah pemiliknya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!