12 Cara Tes Mental Kacer dan Latihan Menaikkan Mental

Burungnya.com – Burung Kacer di rumah belum tentu memiliki mental fighter. Jadi, kita harus mengetes dulu seberapa kuat mentalnya. Bagaimana cara menguji mental Kacer dan mengetahui Kacer bermental fighter atau tidak?

Perlu Anda ketahui, Kacer termasuk burung teritorial yang selalu mempertahankan wilayahnya. Burung Kacer selalu menjaga tempatnya agar tidak direbut burung lain.

Nah, burung yang berani menjaga wilayahnya sudah pasti Kacer fighter. Namun, tidak semua jenis Kacer termasuk burung fighter. Untuk burung rumahan, Anda bisa mengetahui tingkat mentalnya dengan cara menyatukan dengan burung lain.

Cara Tes Mental Kacer

1. Dekatkan dengan Burung Lain

Burung Kacer yang fighter bisa diketahui dari tingkahnya saat bertemu lawan. Biasanya burung yang mentalnya kuat akan langsung bunyi keras saat didekati lawan.

Ini bisa Anda lakukan di rumah atau dengan Kacer milik tetangga. Jika Anda memiliki Kacer lebih dari satu, Anda bisa mengujinya setiap saat.

Namun, jangan pernah satukan antara satu burung Kacer dengan burung Kacer lain. Nanti saat mau latihan saja, kedua burung dipetermukan.

2. Kacer Diletakkan di Tempat Ramai

Coba letakkan burung Kacer di ruangan ramai yang sering dilalui manusia. Lalu, amati burung tersebut apakah burung Kacer terlihat tetap tenang atau mulai krabakan.

Kacer fighter sudah pasti tetap tenang bila bertemu manusia. Bahkan, dia akan langsung nyaut bila digoda dengan tangan.

3. Diajak ke Gantangan

Jika ada waktu luang di akhir pekan, ajaklah burung Kacer jalan-jalan ke gantangan. Dia tidak perlu ikut lomba, cukup menyaksikan laga burung lain di lapangan.

Lihat karakter dan perilakunya selama berada di sana. Apakah burung Kacer terlihat berani dan ikut bunyi atau justru diam seribu bahasa. Dari sini Anda dapat menilai sendiri apakah burung Anda tipe mental fighter atau melempem.

4. Tes dengan Suara Masteran

Sekarang Anda dapat mengetes mental Kacer dengan suara masteran. Putar saja salah satu masteran burung Kacer gacor tarung dari YouTube.

Anda bisa memperlihatkan videonya atau cuma mendengarkan suaranya. Yang penting lihat reaksi burung Anda, apakah dia berani melawan atau cuma diam saja.

5. Uji dengan Cermin

Kalau Anda punya cermin, coba dekatkan ke burung Kacer. Amati respon dan reaksinya. Burung Kacer fighter sudah pasti langsung gacor dan ngobra.

Dia berani melawan musuhnya walau cuma dari kaca cermin sekalipun. Ini seperti latihan tarung ikan cupang.

Cara Menaikkan Mental Kacer (dictio.id)
Cara Menaikkan Mental Kacer (dictio.id)

Cara Melatih Mental Kacer Biar Fighter

Bagaimana cara melatih mental Kacer agar cepat fighter? Berbicara tentang latihan mental, tentu saja tidak bisa dilakukan sendirian. Anda harus memiliki burung lebih dari satu atau mengajak teman yang memiliki Kacer.

1. Latih Dua Kacer Sekaligus

Kalau latihan dengan dua ekor burung Kacer, pastikan usianya hampir sama. Sebab, jika salah satu Kacer berusia lebih tua, bisa jadi yang muda akan kalah mental.

Burung yang kalah mental akan sulit mengembalikan kepercayaan dirinya. Sehingga walau sudah dirawat dengan baik, burung Kacer akan sulit fighter lagi.

Cara melatih mental Kacer bisa dilakukan berhadap-hadapan atau saling melihat tapi jaraknya jauh. Untuk awal-awal, sebaiknya keduanya dipisah jarak jauh tapi tetap saling mendengar.

Setelah keduanya cukup berani, baru dekatkan kedua sangkar sampai berhadap-hadapan. Kalau mental masih setengah-setengah, lebih baik beri sekat dari kain atau triplek di antara kedua sangkar.

2. Latihan di Dekat Gantangan

Untuk melatih Kacer, dia tidak perlu ikut lomba. Anda cukup melatihnya di dekat arena gantangan. Nah, biasanya di sekitar arena gantangan ramai sekali.

Loading...

Gantung sangkar Kacer di sekitar lokasi lomba. Dia akan melihat berbagai lawan yang tangguh. Dengan begitu, mental yang sudah cukup terasah akan membuat Kacer terpancing untuk ikut bunyi dan melawan.

Namun, sebaliknya bila burung tidak terlalu berani, burung tersebut akan semakin terpuruk. Dia jadi pendiam dan takut melihat sesama jenis Kacer.

3. Latihan Mental dengan Kacer Untulan

Selanjutnya latihan yang cukup ekstrem. Sebab, ini membuat dua ekor burung Kacer saling bertengkar. Pertama masukkan Kacer untulan ke sangkar Kacer jantan.

Tunggu beberapa saat, pasti Kacer betina akan dikejar-kejar Kacer jantan. Setelah tertangkap, Kacer betina biasanya akan diserang habis-habisan.

Untuk menghindari adanya korban jiwa, maka latihan ini sebaiknya dilakukan dalam waktu singkat sekitar 10-15 menit.

4. Kacer Ditrek dengan Burung Kecil

Pernah terpikir di benak Anda bahwa seseorang akan lebih percaya diri saat melawan musuh yang lebih kecil? Nah, ini bisa dilakukan pada Kacer.

Burung Kacer ditrek dengan burung lain yang kecil-kecil, seperti Ciblek, Pleci, Kolibri, Kenari, dan lain sebagainya.

Kalau bisa burung yang kecil tadi tidak gacor. Sehingga Kacer masih tetap fighter. Sebab, kalau burung kecil lebih gacor dari Kacer, maka akan sulit menguatkan mentalnya.

5. Latihan Lihat Video Kacer Lain

Kacer ditempel dengan video burung Kacer lain. Pemutaran video bisa melalui smartphone atau tablet. Intinya burung bisa melihat bagaimana burung lain beraksi.

Volume pelan saja, yang penting Kacer Anda menyadari ada burung lain di dalam kotak yang disebut smartphone atau tablet.

6. Kacer Dilatih dengan Cermin

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan cermin untuk latihan Kacer. Burung teritorial seperti Kacer pasti mudah terpancing bila melihat burung lain di sampingnya.

Coba saja beri cermin di samping jeruji sangkar, pasti dia akan nyaut. Latihan ini sebentar saja, nanti kalau kelamaan, dia bisa sadar bahwa burung Kacer yang di cermin ternyata dirinya sendiri.

7. Kacer Diumbar

Beli kandang umbaran yang panjang sekitar 2-3 meter. Kalau tidak beli, Anda pinjam tetangga saja. Latihan umbaran pada Kacer bisa dilakukan 15 menit.

Setiap 10 detik Kacer terbang ke titik satunya. Latihan berlangsung selama 5 menit. Kemudian 5 menit kedua istirahat. Dilanjut di 5 menit ketiga dengan latihan seperti 5 menit pertama.

Setelah selesai umbar, burung diistirahatkan lagi. Berikan pakan EF yang enak dan banyak. Manjakan burung Anda seperti memanjakan orang tersayang.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengetes metal Kacer dan cara menaikkan mental Kacer. Burung Kacer semuanya gacor, tergantung Anda dalam merawat dan melatihnya.

Berbeda dengan burung Kacer yang sudah pernah rusak atau drop, perawatannya akan sulit. Kalau Kacer masih fresh, misal dari penangkaran atau hutan pastinya mental masih bagus dan mudah untuk dilatih jadi fighter.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara Melatih mental kacer dengan cermin

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!