Cendet Jantan atau Betina yang Bagus Untuk Lomba?

Cendet Jantan atau Betina yang Bagus Untuk Lomba?

Burungnya.com – Konon katanya, burung Cendet jantan atau betina sama-sama bagus untuk lomba. Ya, hampir semua Cendet Mania atau Pentet Mania mengatakan bahwa jenis kelamin Cendet tidak terlalu penting karena keduanya sama-sama bagus jika dilatih dengan benar.

Memang benar, kelamin burung Cendet tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil juara di lomba atau lapangan. Namun, jika diamati bersama, Cendet berkelamin betina lebih banyak dan sering menang lomba. Cendet jawara lomba rata-rata berkelamin betina. Alasannya apa?

Alasan Cendet betina bagus untuk lomba

Alasan kenapa Cendet betina sering juara lomba adalah gayanya yang tenang, lebih nagen, anteng, nyeklek, suara keras, gacor dan performanya bisa bertahan lama dari lomba satu ke lomba lainnya, serta dari masa mabung pertama ke masa mabung berikutnya.

Jadi, kalau ada yang bilang Cendet kelamin jantan lebih bagus dari Cendet betina, sebenarnya tidak terlalu benar. Pasalnya, fakta di lapangan menunjukkan kinerja dan performa Cendet betina sedikit di atas Cendet jantan.

Loading...

Pendapat para pakar tentang Cendet betina

Para pakar Cendet, seperti Om Yulianto Solobaru dan Om Dwi Lovebird Jogja pernah membahas masalah jenis kelamin Cendet. Kata mereka, Cendet jantan atau betina sebenarnya sama saja. Kedua jenis Cendet tersebut sama-sama sulit setingannya, tapi ada pula Cendet yang mudah setelannya.

Jika Anda sudah menemukan setingan untuk Cendet betina, maka performanya lebih bagus dan tahan lama dibandingkan dengan Cendet jantan.

“Aneh juga para kicau mania yang justru mencari Cendet jantan untuk dilombakan. Burung Cendet jantan maupun betina, sama-sama mudah atau sama-sama susah setelannya, itu tidak tentu. Tetapi kalau setelan Cendet betina sudah ketemu, performanya lebih bagus dan tahan lama ketimbang Cendet jantan,” kata Om Yulianto Solobaru dan Om Dwi Lovebird Jogja, seperti yang disadur dari Omkicau.com (23/3/2013).

Baca juga: 8 Dampak Negatif Pemberian Jangkrik pada Burung Cendet

Meski begitu, Cendet jantan juga tidak kalah bagusnya bila dibandingkan dengan Cendet betina. Apabila Anda membeli Cendet jantan dari trah jawara, tentu Cendet tersebut akan lebih mudah memenangkan juara lomba dan menjadi jawara.

Cendet blangkon (worldbirdphotos.com)
Cendet blangkon (worldbirdphotos.com)

Cendet jantan sulit nagen dan kurang tenang di lomba

Namun, seperti yang kami sampaikan di atas, Cendet jantan lebih sulit nagen atau tenang saat beraksi di lomba. Sementara, Cendet betina lebih tenang dan performanya stabil di lomba. Hal ini karena karakter atau sifat Cendet jantan lebih suka unjuk kebolehan tari-tarian ke Cendet betina.

Baca juga: 10 Masalah Umum Burung Cendet dan Cara Mengatasinya

Jadi, saat ketemu Cendet betina, naluri alaminya membuat Cendet jantan bergaya atau joget-joget di hadapan Cendet betina. Tujuannya untuk memikat Cendet betina agar tertarik dengan Cendet jantan.

Referensi dari Wikipedia tentang gaya Cendet jantan

Wikipedia.org juga memberitahukan bahwa Cendet jantan suka memikat lawan jenisnya dengan tarian khas. Bahkan, setelah menari, Cendet jantan di alam akan menancapkan mangsanya di duri kemudian diberikan ke Cendet betina.

Males attract females to their territory with well stocked caches, which may include inedible but brightly coloured items. During courtship the male will perform a ritualised dance which includes actions that mimic the skewering of prey on thorns and will feed the female.

Artinya, Cendet jantan menarik perhatian betina ke wilayah mereka dengan penyimpanan yang terisi dengan baik, yang mungkin termasuk barang-barang yang tidak termakan tetapi berwarna cerah. Selama pacaran, Cendet jantan akan melakukan tarian ritual yang mencakup tindakan yang meniru ‘menusuk sate’ mangsa di duri dan akan diberikan ke Cendet betina.

Cendet menancapkan mangsa tikus ke duri (bbc.com)
Cendet menancapkan mangsa tikus ke duri (bbc.com)

Walau demikian, semua tergantung kicau mania. Jika Anda suka dengan Cendet yang fighter dan tidak mau diam selama lomba, berarti pilihan yang tepat adalah Cendet jantan. Namun, jika Anda suka Cendet yang tenang dan nagen selama lomba, maka pilih Cendet berkelamin betina.

Masalahnya, Anda sudah tahu apa belum beda kelamin Cendet jantan dan betina? Kalau belum tahu, Anda bisa membaca artikel berjudul 20 Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina Paling Akurat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • Pentet mania
  • Apakah cendet betina bagus
  • pentet jantan atau betina yg d pake kontes
  • pentet betina juara kontes
  • pentet betina bisa juara
  • cendet yg bagus untuk lomba jantan apa betina
  • cendet buat lomba bagus jantan apa betina
  • cendet betina bisa juara
  • burung pentet jantan apa betina yg rajin bunyi
  • burung cendet betina buat lomva

Comment here