Ciri Burung Perkutut Cacingan dan Nama Obatnya (youtube.com)

8 Ciri Burung Perkutut Cacingan dan Nama Obatnya

Burungnya.com – Burung Perkutut terlihat lemas dan lesu, biasanya sedang kena penyakit cacingan. Burung yang cacingan pasti terlihat lemas karena nutrisi di makanan tidak diserap tubuh. Perkutut jadi malas bunyi, malas makan, dia di satu tempat, dan lain-lain.

Bagaimana cara mengetahui Perkutut cacingan? Ada ciri khusus yang bisa dikenali saat Perkutut sedang cacingan. Ciri-ciri ini terlihat dari perilaku hingga fisiknya. Kalau burung sudah cacingan kelihatan perilaku dan fisiknya berbeda dari biasanya.

Ciri Perkutut Cacingan dan Obatnya (youtube.com)
Ciri Perkutut Cacingan dan Obatnya (youtube.com)

Ciri Perkutut Cacingan

  • Perkutut yang sedang duduk, ekornya bergerak-gerak sendiri.
  • Burung terlihat lesu.
  • Perkutut malas bunyi.
  • Mata burung berair.
  • Bulu burung terlihat kusam.
  • Burung malas bergerak.
  • Berat badan burung turun drastis.
  • Bulu-bulunya berdiri.

Obat Perkutut Cacingan

Sebelum memberi obat cacingan untuk burung Perkutut, Anda harus memastikan burung dalam keadaan sehat. Paling tidak Perkutut harus sudah fit tubuhnya. Kalau burung sedang drop, maka pengobatan tidak akan berhasil.

Setelah burung terlihat cukup sehat, baru Perkutut boleh diberi obat cacing. Selain itu, pemberian obat cacing tidak boleh sembarangan. Pasalnya, rata-rata Kung Mania memberikan obat cacingan yang biasa dikonsumsi manusia.

Ya, biasanya Perkutut cacing diberi obat Combantrin dan obat cacing dari Bayer. Padahal, kita tidak tahu kandungan dari obat tersebut. Takutnya, obat cacing pada manusia tidak sesuai dengan tubuh burung Perkutut. Sehingga pencernaan burung Perkutut akan terganggu. Bahkan, nyawa burung bisa terancam.

Jamu Semar Abu-abu

Sekarang sudah ada obat cacingan khusus burung Perkutut. Anda tidak perlu khawatir burung bisa over dosis karena sudah diracik khusus untuk burung Perkutut. Nama obat cacing tersebut adalah Jamu Semar Abu-abu.

Kandungan di Jamu Semar Abu-abu ada minyak ikan impor. Tujuan minyak ikan agar burung tidak stres dan nafsu makan bertambah. Kemudian ada juga kandungan madu di dalam obat tersebut. Jamu Semar Abu-abu ini juga memiliki sensasi hangat di tubuh yang nyaman.

Loading...

Cara Pemberian Jamu Semar Abu-abu

Pemberian obat cacing Perkutut ini bisa 4 bulan sekali sebanyak 3 butir untuk usia burung 1,5 bulan – 4 bulan. Untuk burung dewasa bisa diberi 4 butir obat cacing. Obat ini tahan sampai 1 tahun dan disimpan di dalam kulkas. Bagi Anda yang ingin beli obat cacing Perkutut, silakan baca caption di video YouTube berikut.

Kesimpulan

Demikian ciri burung Perkutut cacingan dan nama obatnya. Ingat pemberian obat cacing pada Perkutut tidak sama dengan obat cacing manusia. Lebih baik berikan obat cacing khusus burung. Pasalnya, obat cacing pada manusia tidak sesuai dengan kondisi tubuh burung Perkutut.

Baca juga:

Takutnya, takaran yang salah saat diberi obat cacing manusia bisa membuat burung Perkutut tambah sakit. Burung Perkutut yang sakit cacingan akan segera sembuh bila diberi obat cacing Jamu Semar Abu-abu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!