Ciri Cendet Bagus Menurut 10 Juri Lomba dan Cendet Mania

Ciri Cendet Bagus Menurut 10 Juri Lomba dan Cendet Mania

Burungnya.com – Walau Anda sudah menganggap Cendet Anda yang terbaik di antara burung Cendet lain. Namun, Cendet yang Anda miliki belum tentu jadi Cendet yang bagus menurut juri lomba. Hal ini karena beberapa juri mempunyai standar penilaian tersendiri mengenai ciri dan kriteria Cendet terbaik di lomba.

Bukan hanya ciri Cendet bakalan yang bagus, tapi penilaian ini dilihat saat burung Cendet tampil di lomba. Bagaimana Cendet mengeluarkan suara isian, irama lagu, kerapatan suara, gaya bertarung, suara tembakan, kebiasaan selama lomba, dan lain-lain.

Ciri Cendet Siap Lomba (zonaburung.com)
Ciri Cendet Siap Lomba (zonaburung.com)

Dari sini jadi kelihatan, mana Cendet juara yang bagus dan Cendet biasa yang performanya standar. Berbicara tentang ciri Cendet lomba yang bagus, kami sudah mengumpulkan beberapa pendapat dari juri lomba dan Cendet Mania, seperti yang disadur dari Omkicau.com (7/1/2011).

Ciri Cendet Lomba yang Bagus

1. Wawan – Juri PBI Lomba

Untuk mengetahui ciri Cendet yang bagus, intinya ngerol dulu, variasi lagu banyak dan jelas dibawakannya dengan speed yang rapat, syukur-syukur suara Cendet ditunjang oleh tembakan-tembakan.

Kalau lagu Cendet yang dibawakan kasar-kasar dan ngerol tentu lebih enak didengar di lapangan, daripada cuma main tembakan saja.

Ibarat orang yang bernyanyi dan teriak, pastinya suara orang teriak lebih keras tapi kurang enak untuk dinikmati. Untuk suara Cendet sebenarnya tidak perlu terlalu keras, yang penting bisa didengar dengan jelas dan dapat dinikmati lagunya.

Baca juga: 15 Ciri-ciri Cendet Madura Lengkap dengan Kelebihannya

2. Samsulhadi – Juri PBI Bantul

Irama lagu Cendet lebih diutamakan, variasi lagu, speed, tonjolan-tonjolan panjang, ditunjang volume suara Cendet yang keras, kristal, gaya bagus di atas tangkringan.

Dengan penampilan seperti ini Cendet akan terlihat bagus dan berpotensi keluar sebagai juara atau pemenang.

3. Wahyu – Juri Tangerang

Cendet juara di lomba biasanya ngerol kasar. Soalnya, kalau cuma ngerol bisa masuk standar, tapi untuk juara 1 masih berat. Ya, jadi burung Cendet harus ngerol-ngerol dan punya pukulan di akhir atau ujung lagu, dan sering diulang-ulang.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Mental Cendet Agar Fighter dan Rajin Bunyi

4. Edy Kumis Jogja – Pemandu Bahan Cendet

Syarat lagu Cendet untuk jadi juara ialah volume harus tembus, manteng atau nagen, dan punya tembakan. Kalau hanya nagen saja, tanpa tembakan paling Cendet cuma masuk 10 besar.

Selain itu, kalau Cendet hanya nembak-nembak dan sering lompat-lompat pasti Cendet tidak akan juara.

Loading...

5. Mr. G – Cendet Mania Kebumen

Cendet yang bagus bukan punya suara kasar, tapi kristal. Sebab, sekasar dan sekeras suara Cendet, tetap tembus yang kristal atau kering.

Kemudian lagu Cendet kalau bisa yang panjang-panjang dan nyambung, tidak banyak ngetem atau berhenti, speed rapat, burung nagen, atau duduk manis di tangkringan, serta tanpa lompat atau oncling. Di samping itu, Cendet jangan sampai nabrak jeruji sangkar atau monting.

Baca juga: Cendet Jantan atau Betina yang Bagus Untuk Lomba?

6. Warjo – Cendet Mania Solo

Cendet yang bagus harus nagen, ngerol disertai tembak. Kalau Cendet hanya nembak saja belum tentu masuk nominasi juara, jadi pakem utama tetap irama lagu Cendet.

7. Dian Toto – Cendet Mania Tegal

Ciri Cendet bagus harus bisa ngerol, bawakan lagu variasi, dan tidak diulang-ulang dengan lagu yang sama atau monoton. Suara kasar pada Cendet kurang bagus, karena kasar adalah volume bukan lagu.

Untuk lagu Cendet yang bagus, harus bervariasi, volume keras dan tembus, serta durasi kerja panjang.

Baca juga: Rangkuman Cara Melatih Burung Cendet Muda Agar Cepat Gacor

8. Agus Warox PNRG – Cendet Mania

Lagu Cendet tak harus kasar tapi volume harus tembus dan dibawakan dengan ngerol, speed bagus atau rapat, kemudian baru dicari tembakannya.

Performa Cendet fighter, nagen, tenang di atas pangkringan, dan tidak lompat-lompat. Sehingga burung Cendet kelihatan tarung dengan indah.

9. Dicko Gembul – Cendet Mania Jogja

Untuk irama lagu burung Cendet tak harus kasar, tapi yang lebih utama ngerol dengan speed rapat disertai tembakan panjang. Kalau ada variasi lagu Cendet yang kasar tentunya lebih bagus lagi, tapi harus didukung oleh volume yang memadai.

Penampilan Cendet juga harus bagus, maksudnya anteng atau nagen di tangkringan, tidak lompat-lompat, dan gaya tegak mendongak ke atas.

Baca juga: 2 Racikan Makanan Burung Cendet Bergizi Agar Rajin Bunyi

10. Naryo – Pemoles Cendet Berpengalaman

Kriteria Cendet yang bagus harus memiliki irama lagu yang bagus, volume di atas rata-rata, speed rapat, dan power yang mumpuni. Kalau kriteria dasar Cendet sudah punya, bisa dibilang tinggal memolesnya agar Cendet mau tampil maksimal di segala kondisi dan cuaca.

Demikian beberapa ciri-ciri Cendet yang bagus menurut juri lomba dan Cendet Mania. Nah, agar Cendet Anda juara lomba, sebaiknya pastikan Cendet Anda sudah mempunyai karakter dan kriteria yang sama dengan pendapat para ahli Cendet.

Walau kebanyakan pendapat tersebut disampaikan di zaman dulu, tapi sampai sekarang juri lomba dan Cendet Mania masih tetap menyukai ciri Cendet dengan variasi irama lagu, nagen, speed rapat, ngerol, lagu tidak monoton, gaya tarung tegak, dan power maksimal.

Baca juga: 20 Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina Paling Akurat

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • karakter cendet yang bagus
  • cendet mania
  • ciri cendet bagus
  • ciri cendet volume keras
  • tonjolan yang bagus untuk cendet
  • ciri khas cendet klampis
  • ciri-ciri cendet suara kristal
  • Cendet keristal
  • Cendet juara madura
  • cara memilih cendet yang bersuara kasar dan keras

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!