12 Ciri-ciri dan Cara Merawat Kucing British

Burungnya.com – Belakangan ini kucing british sangat populer di Indonesia. Tak hanya warna kucing yang unik, tingkah laku jenis kucing ini juga sangat menggemaskan.
Salah satu jenis kucing british yang banyak dipelihara oleh pecinta kucing di Indonesia adalah kucing british shorthair.

Kucing british shorthair merupakan ras kucing berbulu pendek yang berasal dari Inggris. Kucing jenis ini mulai masuk di Indonesia pada tahun 2007 dan menjadi populer di kalangan pecinta kucing.

Ciri-Ciri Kucing British Shorthair

Pada awalnya, kucing british shorthair hanya diamanfaatkan untuk membasmi tikus di areal persawahan. Dulunya, jenis kucing ini hanya dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia saja.

Tetapi seiring berjalannya waktu, keberadaan kucing ini juga dipertimbangkan sebagai binatang peliharaan, karena tingkah lakunya yang membuat orang gemas.

Kepopuleran kucing british shorthair banyak membuat orang tertarik untuk merawatnya. Nah, jika Anda ingin menjadikan jenis kucing ini sebagai binatang peliharaan, ada beberapa ciri-ciri kucing british shorthair yang perlu diketahui.

  1. Berat badan kucing antara 4 hingga 10 kg, terlihat dari postur tubuhnya yang gembul. Ukuran tubuh kucing jantan lebih besar dibandingkan dengan tubuh kucing betina.
  2. Tubuh kucing terlihat padat, pendek, dan punya otot di bagian dada.
  3. Kepalanya berbentuk bulat dengan pipi yang penuh dan tidak terlihat tulang pipinya.
  4. Hidungnya pesek, tapi tidak membuat wajahnya terlihat datar dengan dagu yang bulat.
  5. Kucing British memiliki bulu yang pendek
  6. Bentuk kakinya bulat dan terlihat gemuk.
  7. Ada beberapa warna dari kucing jenis ini, yaitu lilac, hitam, putih, tabby, dan british blue.

Perawatan Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair (petsfeed.co)
Kucing British Shorthair (petsfeed.co)

Pada dasarnya, perawatan kucing british tidaklah sulit. Apalagi jenis kucing ini memiliki bulu pendek yang akan memudahkan Anda. Berikut perawatan kucing british shorthair yang perlu Anda lakukan.

1. Pemberian nutrisi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemberian makanan kucing dengan nutrisi seimbang. Anda bisa memberikan makanan homemade ataupun jika terlalu ribet bisa memberikan makanan kucing kemasan.

Perhatikan pula porsi dan durasi makan kucing. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan nutrisi pada anak kucing yang masih dalam masa pertumbuhan.

Loading...

2. Kebersihan kucing

Kebersihan tubuh kucing sangat penting agar kesehatannya terjaga. Anda perlu membersihkannya secara rutin setidaknya satu minggu hingga dua minggu sekali.

Meskipun jenis kucing ini memiliki bulu yang pendek, Anda juga perlu menyisir bulunya agar tidak mudah kusut ya. Selain itu, menyisir bulu juga dapat membuat kucing lebih rileks dan jika terdapat kutu bisa diminimalisir.

3. Kebersihan lingkungan

Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan kucing, terutama kebersihan kandang dan bak pasirnya. Untuk bak pasir, setidaknya Anda harus membersihkannya setiap hari. Sedangkan untuk kandang kucing bisa dibersihkan 1 minggu sekali.

Pastikan juga ketika kandang atau bak pasir digunakan kucing kembali dalam keadaan kering. Kandang yang basah akan memicu tumbuhnya jamur pada kucing yang akan mengganggu kesehatan bulu kucing.

Baca juga:

4. Vaksinasi

Jangan sampai terlewat untuk melakukan vaksinasi pada kucing. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui jadwal vaksinasi kucing british.

5. Cek kesehatan kucing

Kesehatan kucing perlu dicek secara berkala. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter hewan.

Dengan adanya pemeriksaan berkala ini akan membantu Anda mendeteksi masalah kucing secara keseluruhan. Kucing yang sehat membuatnya lincah dan semakin lucu.

Kesimpulan

Kucing british shorthair memiliki tingkah laku unik yang membuatnya populer di Indonesia. Jangan lupa perhatikan perawatannya agar kucing British tetap sehat ya?

Ingat semakin lucu kucing Anda, biasanya perawatannya semakin rumit. Jadi, kalau Anda ingin memelihara kucing British, maka Anda harus siap-siap memberikan perawatan terbaik.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!