7 Ciri Cucak Ijo Semiran Agar Tidak Tertipu

Burungnya.com – Anda beli Cucak Ijo sudah keluar uang banyak, kasihan kalau sampai tertipu gara-gara bulu semiran. Ya, beberapa tahun lalu, Cucak Ijo semiran mungkin menjadi hal yang perlu diwaspadai. Pasalnya, zaman dulu marak sekali penipuan Cucak Ijo dengan bulu yang disemir agar kelihatan seperti burung jantan.

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, mengapa Cucak Ijo disemir bulunya? Sebab, dulu yang laku dijual adalah Cucak Ijo jantan. Sementara Cucak Ijo betina terbilang jarang laku karena suaranya tidak sekeras Cucak Ijo jantan.

Nah, ciri Cucak Ijo berkelamin jantan memiliki bulu hitam di bawah paruh atau kerongkongan. Sementara burung betina, rata-rata tidak memiliki bulu hitam. Alhasil, untuk menipu pembeli, para oknum menyemir bulu bagian bawah supaya mirip dengan burung jantan.

Sekarang mungkin sudah tidak ada kasus penipuan yang memperdayai korbannya dengan menyemir bulu burung. Alasannya karena pembeli sudah jeli dan penjual sendiri merasa tidak untung banyak dengan melakukan penipuan seperti itu. Lebih baik penjual dagang burung dengan jujur karena untungnya besar dan tahan lama.

Saat ini sekali orang ditipu dan merasa dibohongi, maka selamanya dia tidak akan membeli burung lagi di tempat yang sama. Bahkan, orang seperti ini akan menceritakan pengalamannya di media sosial supaya tempat jualan burung semiran tersebut menjadi sepi pembeli dan akhirnya tutup.

Ciri Cucak Ijo Semiran

  1. Teknik pewarnaan manusia tidak akan bisa rapi.
  2. Semir hitam di bulu Cucak Ijo pasti kelihatan kurang rapi.
  3. Warna hitam dari cat terlihat hitam legam.
  4. Kalau warna hitam Cucak Ijo jantan asli terlihat berkilau.
  5. Cucak Ijo semiran warna hitamnya pucat atau tidak berkilau seperti hitam dof.
  6. Kulit burung akan ikut terkena semir hitam.
  7. Cat semiran seperti ini akan luntur bila burung dimandikan beberapa kali.

Nah, itu tadi beberapa ciri burung Cucak Ijo semiran. Anda mungkin sekarang tidak akan pernah mendapati burung semiran seperti ini. Sebab, oknum penjual nakal akan ketakutan kalau triknya ketahuan dan viral di media sosial. Selain itu, jual beli burung semiran termasuk tindak penipuan dan bisa berurusan dengan polisi.

Ada lagi pembeli yang merasa tertipu karena membeli anakan Cucak Ijo jantan, ternyata sampai rumah diketahui burung tersebut betina. Sampai sekarang banyak kasus demikian. Jadi, pembeli diberi tahu bahwa anakan burung Cucak Ijo tersebut jantan, ternyata setelah agak dewasa, bulunya tidak kunjung menghitam.

Nanti, penjual akan beralasan bahwa burung yang dijual dulu memang jaminan jantan, ternyata setelah dewasa terjadi kesalahan dalam identifikasi jenis kelamin. Hal tersebut membuat pembeli merasa dibohongi dan tentu pembeli juga merugi karena seharusnya dia memiliki burung Cucak Ijo jantan, ternyata malah jadi Cucak Ijo betina.

Loading...
Ciri Anakan Cucak Ijo Jantan dan Betina (hayko.tv)
Ciri Anakan Cucak Ijo Jantan dan Betina (hayko.tv)

Cara Mengetahui Anakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

  • Anakan Cucak Ijo jantan usia 4 bulan memiliki lingkar mata kuning, sedangkan burung betina lingkar matanya putih.
  • Warna paruh bagian bawah Cucak Ijo jantan cokelat tua, sementara Cucak Ijo betina warnanya putih.
  • Bulu di bawah paruh anakan Cucak Ijo jantan usia 4-6 bulan dipenuhi trotol hitam, kemudian 2 bulan berikutnya jadi warna hitam.
  • Kalau bulu di bawah paruh anakan Cucak Ijo betina usia 4-6 bulan kuning kemudian berubah menjadi putih kehijauan.

Kesimpulan

Demikian sedikit cerita tentang ciri Cucak Ijo semiran agar Anda tidak tertipu. Ini adalah pengalaman para pembeli burung Cucak Ijo semiran supaya Anda tidak jatuh di dalam lubang yang sama. Bagi Anda yang masih bingung membedakan anakan Cucak Ijo jantan dan betina, sebaiknya coba lihat ciri fisik yang kami jelaskan tadi.

Baca juga:

Sebab, tips membedakan kelamin Cucak Ijo tadi bisa membantu apabila Anda berniat akan membeli burung Cucak Ijo bakalan. Ingat, percaya dengan penjual boleh-boleh saja, tetapi Anda juga harus mempunyai ilmunya agar Anda tidak mudah dibohongi atau ditipu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • anakan cucak ijo jantan
  • apa perbedaan cucak hijau paruh hitam dan cucak hijau original
  • bagian keluar hitam cucak ijo
  • Cucak ijo pals
  • cucak ijo trotol

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!