7 Ciri Fisik Burung Merpati Balap Legendaris

Burungnya.com – Di dunia burung Merpati, mata menjadi salah satu faktor penentu apakah burung tersebut nanti bisa juara atau menjadi Merpati Balap legendaris. Pasalnya, mata berperan penting dalam hal menentukan posisi dan melihat arah menuju garis finish.

Tidak hanya mata, postur tubuh, sayap, kaki, hingga ekor juga berperan penting dalam menentukan burung Merpati ini juara atau tidak. Bila dari fisik burung sudah bagus, nanti tinggal melihat kemampuannya di lapangan.

Burung Merpati Balap Termahal Legendaris

Lebih bagus lagi bila burung tersebut berasal dari trah juara dan burung legendaris. Ini seperti burung Merpati Balap termahal bernama New Kim.

Merpati ini tahun lalu menjadi burung Merpati Balap termahal di dunia. Pasalnya, tak tanggung-tanggung harganya. Merpati New Kim dibeli seorang warga China dengan harga 1,6 juta euro atau sekitar Rp 26 miliar.

Ini rekor penjualan Merpati Balap termahal. Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Nikolaas Gyselbrecht selaku Chairman Pigeon Paradise (PIPA).

Di bawahnya ada Merpati Balap Armando seharga 1,25 juta euro atau sekitar Rp 20 miliar. Ngeri sekali harga burung-burung Merpati di luar negeri. Bagaimana dengan Merpati di Indonesia?

Walau tidak terlalu mahal, tapi ada juga Merpati Balap termahal di Indonesia seharga Rp 1 miliar. Nama Merpati tersebut adalah Jayabaya.

Baca juga: Merpati Balap Lelang Termahal Laku Rp 26 Miliar

Ciri Fisik Merpati Balap Legendaris

1. Mata Merpati Balap

Mata Merpati Balap Legendaris (goodgerpigeons.com)
Mata Merpati Balap Legendaris (goodgerpigeons.com)

Bagian mata Merpati Balap bisa menjadi penentu bagus tidaknya. Kalau diamati dengan saksama, Merpati Balap legendaris selalu mempunyai pupil warna hitam pekat.

Kemudian lingkar kolerasinya abu bening. Setelah lingkar kolerasi ada lingkar putih dan iris warna merah. Terakhir lingkar vermeyen di tepi mata warna hitam tipis.

Hampir semua Merpati Balap terbaik selalu memiliki mata seperti itu. Ini yang menjadikan patokan banyak orang menghargai burungnya mahal saat melihat matanya.

2. Sayap Merpati Balap

Bentuk Sayap Merpati Balap Legendaris (pipa.be)
Bentuk Sayap Merpati Balap Legendaris (pipa.be)

Dilihat dari bagian sayap, bulunya rapat, rapi, ujung runcing, dan panjang. Tidak ada bulu yang rusak atau terbelah sama sekali.

Loading...

Jika dihitung, jumlah bulu sayap utama ada sekitar 10 helai. Kemudian bulu muda di lapis kedua ada 6 helai. Setiap bulu utama ditutupi dengan bulu kecil yang rapat.

Bulu-bulu tadi yang membuat burung Merpati bisa terbang cepat. Merpati jadi mudah membelah angin dan terbang cepat menuju finish.

Baca juga: Burung Merpati Balap Termahal Harganya Rp 20 Miliar

3. Leher Besar Panjang

Perhatikan pula bagian leher, nanti akan kelihatan bahwa Merpati legendaris memiliki ukuran leher cukup besar dan panjang.

Leher tegak menjulang sejajar dengan kepala. Diameter leher biasanya lebih besar dari kepala.

Warna bulu leher di burung Merpati relatif lebih mengkilap. Ada warna bulu keunguan sampai hijau menyala.

4. Dada Besar Membusung

Bagian dada Merpati Balap yang bagus adalah besar dan selalu membusung. Mengapa dada harus besar?

Bukan karena seksi ya, dada besar artinya burung kuat dalam membelah angin. Sehingga walau angin yang berhembus kencang, dia masih bisa terbang cepat.

5. Dahi dan Paruh Lurus

Untuk bagian dahi dan paruh cenderung lurus atau rata. Mungkin ciri fisik dahi Merpati seperti ini mempermudah dia melihat arah. Sehingga tidak ada hambatan saat terbang.

Baca juga: 20 Cara Melatih Merpati Balap Untuk Pemula dan Pantangannya

6. Hidung Merpati Balap

Hidung warna putih bersih terletak di antara paruh dan dahi. Ukuran hidung cukup besar tapi bentuknya proporsional. Tujuannya agar Merpati bisa bernapas lega saat terbang cepat di ketinggian.

7. Kaki Kuat Kokoh

Bagian kaki Merpati kuat besar dan panjang. Warna kaki didominasi warna merah bata. Cengkeraman kakinya kuat menunjukkan bahwa kepakan sayapnya juga kuat.

Kesimpulan

Demikian ciri fisik Merpati Balap legendaris terbaik. Fisik ini didapat dari beberapa burung Merpati juara dengan harga termahal di dunia.

Baca juga: 13 Jenis Merpati Balap di Indonesia yang Mengagumkan

Rata-rata Merpati Balap mahal dan bagus selalu memiliki ciri fisik tersebut. Bila burung Merpati Anda di rumah mempunyai ciri serupa, ada kemungkinan performa burung kalian juga bagus.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!