Ciri Jangkrik yang Bagus untuk Burung (youtube.com)

22 Ciri Jangkrik yang Bagus untuk Burung Kicau

Burungnya.com – Semua jangkrik mungkin dianggap sama karena bentuk dan warnanya sama. Namun, tahukah Anda ternyata tidak semua jangkrik bagus untuk burung kicau. Ada jangkrik yang cuma gemuk di luar saja, tapi dalamnya cuma air saja. Nah, jangkrik seperti itu tidak terlalu bagus untuk burung.

Untuk mengetahui ciri jangkrik yang bagus, maka Rojobrono Channel melakukan wawancara terhadapa para penjual jangkrik, penjual pakan burung, kios burung, hingga kicau mania. Dari situ jadi ketahuan sebenarnya ciri-ciri jangkrik yang bagus itu seperti apa.

Jangkrik yang Bagus (youtube.com)
Jangkrik yang Bagus (youtube.com)

Ciri-ciri Jangkrik yang Bagus

1. Faizin Watu

Menurut Faizin Watu, jangkrik yang bagus untuk burung Kacer yaitu perutnya besar membuncit seperti hamil. Jangkrik seperti ini biasanya diberikan semuanya lengkap dengan perut dan kepalanya. Kalau kakinya tetap dilepas agar burung tidak tersedak.

Tujuan kepala jangkrik tidak dilepas adalah agar burung Kacer peliharaannya mengeluarkan sifat fighter sambil mencabik-cabik jangkrik. Biasanya kepala jangkrik akan dimakan dulu kemudian baru badannya yang dimakan.

2. Bono

Pria yang juga penghobi burung ini menjelaskan seperti apa bentuk jangkrik yang bagus. Menurutnya jangkrik yang bagus kalau dipegang lari-lari. Apabila jangkrik yang dipegang diam saja, maka jangkrik tersebut kurang baik atau berair.

3. Deo

Saat ditanya tentang jangkrik yang bagus, menurut Deo jangkrik yang bagus untuk burung bentuknya gemuk-gemuk. Kemudian saat dipegang tubuhnya terasa keras. Kalau saat dipegang, jangkrik terasa gembuk berarti kurang bagus untuk burung karena berair.

4. Kuzaini

Jangkrik yang bagus menurut Kuzaini adalah jangkrik yang penuh daging, gemuk, dan tidak banyak air. Jangkrik seperti ini makannya sangat lahap dan bergizi. Jadi apabila jangkrik tersebut diberikan ke burung, pasti lebih sehat.

5. Tari

Hampir sama dengan Cak Tari, menurutnya jangkrik yang bagus, bentuknya kecil, padat, dan kalau kakinya dilepas tidak ada airnya.

6. Ridwan

Seperti yang dikatakan oleh Ridwan, jangkrik yang bagus cirinya gemuk dan agresif.

7. Agus Uban

Menurut pria bernama Agus Uban, jangkrik yang baik untuk burung berasal dari jangkrik liar. Alasannya karena jangkrik liar memiliki protein yang tinggi. Berbeda dengan jangkrik ternak, apabila salah pemberian, maka jangkrik ternak bisa menyebabkan burung terkena virus.

8. Hendrik

Penjual pakan ini menjelaskan jangkrik yang bagus pasti padat saat dipegang, gemuk, dan tidak berair.

9. Yoyok

Jangkrik yang bagus menurut Yoyok yakni mempunyai pegangan yang keras. Dia selalu memegang jangkrik-jangkrik sebelum dibeli. Kalau dia mendapatkan jangkrik yang keras akan dibeli, kalau tidak ada yang keras maka tidak jadi dibeli.

10. Luwak

Biasanya jangkrik yang bagus tidak berair, dikasih makan herbal seperti kunir, jahe, dan daun binahong.

11. Udinese Juve

Menurut pria bernama Udin, jangkrik yang bagus cirinya tidak terlalu banyak kadar air, dan saat dipegang padat.

Jangkrik yang Bagus untuk Burung (youtube.com)
Jangkrik yang Bagus untuk Burung (youtube.com)

Perawatan Jangkrik untuk Burung

1. Faizin Watu

Setelah membeli jangkrik dari pasar, Faizin Watu memberikan pakan sayur-sayuran yang ada di rumah. Misalnya, di rumah ada sayur sawi, maka jangkrik dikasih makanan sawi.

Namun, apabila adanya sayur yang lain maka dikasih sayur seadanya. Jadi intinya sayur yang diberikan ke jangkrik tidak tentu jenisnya. Manfaat jangkrik dikasih makan sayur agar sehat dan tidak kelaparan.

Loading...

2. Bono

Untuk makanan jangkrik biasanya diberi voer, katul atau dedek, dan tepung jagung. Pemilihannya tergantung stok pakan yang ada. Apabila adanya voer, maka jangkrik diberi voer dan seterusnya.

3. Deo

Kalau Deo setelah membeli jangkrik pasti langsung diberi jagung. Pemuda ini selalu memberikan pakan apa saja, daripada jangkrik mati dan tidak bisa dikonsumsi oleh burung.

4. Kuzaini

Menurut jangkrik harus dikasih makan karena termasuk makhluk hidup. Walaupun nantinya akan dijadikan umpan ke burung atau disembelih, tapi jangkrik harus digemukkan dulu biar sehat. Jenis pakan yang diberikan biasanya kulit pisang dan voer pokphand.

5. Tari

Sama seperti sebelumnya, Cak Tari juga memberi pokphand biar bagus saat dikonsumsi jangkrik. Tujuannya untuk penambah stamina dan jangkrik tidak berair.

6. Ridwan

Pemuda bernama Ridwan ini juga memberikan pokphand ke jangkrik agar tidak mati. Kalau untuk burung katanya tidak terlalu ada efeknya.

7. Agus Uban

Biasanya Agus Uban pesan kepada pencari jangkrik liar. Kemudian jangkrik tersebut diberi kunir dan jagung. Jangkrik liar bagus untuk burung. Perbandingannya, jangkrik liar 1-2 ekor sudah kenyang, tapi kalau jangkrik biasa 5-10 ekor baru kenyang.

8. Hendrik

Jangkrik yang diberi pakan mau makan, berarti jangkriknya bagus. Jangkrik tersebut diberi makanan berupa glepungan jagung atau pakan ayam. Fungsi pakan tersebut membuat burung lebih berisi karena mengandung karbohidrat.

9. Yoyok

Jangkrik yang baru dibeli biasanya diberi jagung. Tujuannya untuk menambah nutrisi burung.

10. Luwak

Di rumah, jangkrik diberi pakan bernutrisi. Pakan ini bertujuan agar burung lebih bertenaga dan tidak lemas. Kalau diberi pakan biasa, jangkrik bisa berair sehingga kurang baik untuk burung.

11. Udinese Juve

Jangkrik yang dibeli dari pasar, setelah sampai rumah akan diberi pakan pisang karena mengandung banyak karbohidrat dan serat. Kemudian jangkrik juga diberi voer atau pokphand. Kalau untuk minuman, jangkrik diberi minuman biasa. Namun, yang unik jangkrik juga dikasih makanan berupa kunyit dan jahe.

Efeknya untuk burung, kunyit dapat dijadikan antibiotik, sementara jahe dapat menghangatkan tubuh burung dan menjernihkan suara burung.

Kesimpulan

Demikian beberapa ciri jangkrik yang bagus untuk burung kicau. Apabila diambil kesimpulan, berarti jangkrik yang bagus bentuknya gemuk, padat, dan tidak berair. Lebih bagus lagi kalau jangkrik yang diambil dari alam atau jangkrik liar. Jadi bukan jangkrik ternak yang kebanyakan justru berisi air.

Baca juga:

Jangkrik yang diberi makanan herbal juga bagus, seperti pakan kunir, kunyit, jahe, daun binahong, dan lain-lain. Pemberian jangkrik yang bagus biasanya dilepas semua kakinya, serta sungut atau tanduk. Biarkan burung langsung melahap jangkrik tanpa harus kesulitan atau kesakitan karena tersangkut kaki gergaji jangkrik.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • jangkrik bersayap untuk burung
  • Tanda burung gemuk apakah sehat
  • Makanan jangkrik bag
  • Jenis jangkrik yg paling bagus buat burung murai
  • jenis jangkrik untuk masteran burung
  • jankrik yg bagus buat burung
  • jangkrik tidak bersayap
  • jangkrik stamina merpati
  • ciri ciri jangkrik sehat
  • burung kecil berapa dikasik jangkrik?

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!