17 Ciri Kenari Bakalan yang Bagus

Burungnya.com – Bagaimana cara memilih Kenari yang bagus dan berkualitas? Soalnya kalau beli Kenari bakalan, sudah pasti harga lebih murah dan mudah diisi suara masteran.

Selain Kenari bakalan yang dilatih dengan baik, saat besar nanti akan menjadi burung juara. Banyak kicau mania yang sudah membuktikan bahwa beli Kenari dari anakan lebih mudah perawatannya.

Namun, kualitasnya nanti juga tergantung dari trah indukan. Jadi, saat membeli Kenari anakan, yang diperhatikan jangan fisik saja, melainkan juga indukannya.

Jika Anda tidak punya budget mahal untuk membeli anakan Kenari dari indukan juara. Lebih baik Anda fokus pada pemilihan burung Kenari yang bagus dari segi fisik dulu.

Beli Burung Kenari Bakalan

Kalau beli burung Kenari yang masih bakalan, sudah pasti tidak bisa gacor secara instan. Anda harus memiliki kesabaran ekstra karena proses perawatan pengenalan karakter akan berjalan cukup lama.

Berbeda bila Anda beli Kenari juara yang sudah gacor. Anda tinggal gantung di teras rumah, burung bisa bunyi sendiri gacor dan rajin lagi.

Oleh karena itu, kembali lagi ke budget dan tujuan Anda. Jika Anda membeli Kenari untuk kejuaraan atau lomba, pastikan Anda membeli yang sudah jadi atau sering menang lomba.

Jangan lupa tanyakan setingan burung tersebut. Kalau asal beli tanpa mengetahui perawatan burung tersebut, nanti salah perawatan maka kualitas suaranya akan menurun.

Kalau Anda cuma ingin menikmati suaranya saja, Anda bisa beli Kenari mulai dari anakan. Nikmati saja proses merawatnya nanti akan tahu seperti apa karakter dan setingannya.

Ciri Kenari Bakalan yang Bagus

1. Kenari Jantan

Untuk mendapatkan Kenari yang bagus sudah pasti pilih yang berkelamin jantan.

2. Bentuk Tubuh

Setelah kelamin, pilih juga bentuk tubuh yang sempurna dan proporsional. Ibarat manusia, tubuhnya bagus karena sering olahraga atau fitnes.

3. Tidak Stres

Burung tidak memiliki riwayat stres atau gangguan jiwa. Maksudnya bukan burung gila ya. Tapi ini burung yang tidak pernah stres sejak menetas atau melihat dunia.

Terkadang ada burung yang disiksa indukan di dalam kandang. Ada juga burung yang terjatuh atau disakiti saudara-saudaranya.

4. Tidak Cacat

Jika sudah dipastikan tidak stres, kemudian pastikan burung tidak cacat. Ini mudah sekali dikenali karena burung cacat akan terlihat kurang sempurna dalam bergerak.

5. Mata Besar Tatapan Tajam

Burung Kenari yang bagus sudah pasti matanya besar dan tatapan tajam. Jadi dia seperti burung yang percaya diri dan berani melawan siapa saja.

6. Ukuran Kepala Besar

Bagian kepala terlihat besar dan proporsional. Jangan sampai Anda salah memilih burung yang kepalanya nonong atau besar di dahi saja.

7. Gerakan Lincah dan Aktif

Burung Kenari yang sehat bisa diketahui dari gerakannya. Jadi, Kenari terlihat lincah dan aktif. Saat burung lain cuma diam di dasar sangkar, burung tersebut justru aktif terbang ke sana ke mari.

Kenari Lokal Bakalan yang Bagus (medium.com)
Kenari Lokal Bakalan yang Bagus (medium.com)

8. Paruh Panjang, Lurus, dan Besar

Walau sepele, tapi bentuk paruh burung cukup penting. Ini tidak hanya jalur untuk keluar suara kicau, melainkan juga proses masuknya makanan.

Coba bayangkan bila paruh burung bengkok atau atas bawah tidak simetris, tentu burung akan kesulitan makan. Nah, jadi bagian paruh juga harus diperhatikan.

Loading...

9. Lubang Hidung Dekat Mata

Kalau posisi lubang hidung sebenarnya opsional saja. Yang paling penting lubang hidung benar-benar bersih bolong plong tanpa hambatan dan kotoran.

Dengan begitu, burung bisa mengambil napas secara leluasa. Bayangkan kalau burung sulit bernapas karena pilek atau hidung dipenuhi kotoran, pasti suaranya akan ikut berpengaruh.

10. Sayap Mengapit Rapat

Kenari lokal bakalan yang bagus biasanya memiliki sayap mengapit rapat. Mengapa sayap harus mengapit? Ini menunjukkan bahwa burung dalam keadaan sehat dan stamina bagus.

Burung yang sedang sakit, terkadang sayap turun sebelah atau sayap turun dua-duanya.

11. Cengkeraman Kaki Kuat

Burung Kenari bakalan harus memiliki cengkeraman kaki kuat sejak lahir. Ini menunjukkan bahwa fisik burung ini sangat sehat dan kuat. Kalau dia bertengger saja tidak mampu bagaimana mau menjadi burung berkualitas?

12. Nafsu Makan Besar

Kenari sehat selalu memiliki nafsu makan besar. Soalnya kalau burung sakit cirinya malas makan dan nafsu makan menurun.

13. Cengkok Suara Besar

Bagus tidaknya burung Kenari bisa didengar dari cengkok suaranya. Kalau cengkok suara burung besar, berarti ada kemungkinan suara burung akan bagus.

14. Leher Panjang dan Kuat

Kenari harus memiliki leher yang panjang dan kuat. Artinya meski leher panjang, tapi dia tetap kuat menopang kepalanya.

Selain itu leher juga berpengaruh pada pengambilan napas panjang dan besar kecilnya suara Kenari.

15. Kaki Tinggi Jenjang

Burung Kenari yang ideal selalu memiliki kaki yang tinggi jenjang bak model. Kalau kakinya panjang atau tinggi, sudah pasti postur tubuh ikut tinggi dan terlihat keren.

16. Warna Campuran

Bulu apakah berpengaruh pada kualitas burung? Sudah pasti karena dari bulu jadi kelihatan jenisnya apa. Oh iya, lebih bagus Anda memilih Kenari bulu warna bond atau campuran. Soalnya, burung ini akan lebih cepat bunyi dibandingkan warna lainnya.

17. Pilih Burung dengan Harga Murah

Ingat burung Kenari bakalan yang bagus tidak harus mahal. Bahkan Anda bisa mendapatkannya dari ombyokan. Yang penting Anda mengetahui ciri fisik berkualitas dan sudah klik dengan burung tersebut, maka dia akan menemani Anda sampai juara.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa ciri Kenari bakalan yang bagus. Kami ingatkan kembali bahwa burung bagus tidak harus mahal. Burung Kenari terbaik bisa saja didapat dari pasar burung atau ombyokan.

Sekarang yang berpengaruh tidak hanya trah indukan saja atau fisik yang bagus. Anda juga harus memperhatikan perawatan dan setingan. Burung sebagus apapun atau semahal apapun kalau tidak dengan bagus maka akan menurun performanya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!