12 Ciri Kucing Anggora Asli Dilihat dari Fisik

Burungnya.com – Bagi Anda yang sudah memiliki kucing Anggora dan jenis kucing lainnya, tentu mudah mengenali kucing Anggora yang asli. Namun, masyarakat awam yang baru mau beli kucing, pasti akan kesulitan membedakan kucing Anggora dengan jenis kucing lain.

Walau cukup sulit, sebenarnya ada ciri khusus yang menunjukkan bahwa kucing tersebut adalah kucing Anggora. Bahkan, dilihat sekilas saja, pecinta kucing pasti sudah mengenalinya.

Nah, di sini kami biasanya membahas tentang burung, tapi kali ini akan mengupas tentang kucing Anggora, terutama jenis yang asli.

Kucing Anggora Asli

1. Bentuk Muka Kucing Anggora

Sekilas bentuk muka kucing Anggora sama dengan kucing lokal. Tapi tahukah Anda bahwa kucing Anggora memiliki ciri khusus di bagian muka, yaitu bentuknya seperti segitiga terbalik.

Bagian atas kepala lebih besar dan semakin mengerucut ke dagu. Selain itu, bagian kepala kucing Anggora tidak terlalu banyak ditumbuhi bulu panjang.

2. Telinga Kucing Anggora

Jika diamati dengan saksama, telinga kucing Anggora cukup besar di bagian bawah. Ujung telinganya mengerucut ke atas seperti bentuk segitiga.

Jarak telinga kucing Anggora saling berdekatan. Kemudian telinga kucing ini tidak terlalu banyak bulu lebat dan panjang.

Kucing Anggora (aa.com.tr)
Kucing Anggora (aa.com.tr)

3. Mata Kucing Anggora Asli

Coba tatap mata kucing Anggora, di sana ada keunikan yang tidak dimiliki hewan lain. Kucing Anggora memiliki mata agak miring ke atas dan bentuknya mirip buah almon.

Warna mata kucing ini kuning. Akan tetapi bila Anda mendapati ada kucing Anggora bermata biru, biasanya dia tuli atau tidak dapat mendengar.

4. Hidung Kucing Anggora

Bentuk hidung kucing Anggora terlihat mancung. Apalagi bentuk wajah kucing ini lonjong, sehingga hidungnya tampak mancung sekali.

Bahkan, bila dilihat dari dekat, hidung kucing ini lebih menjorok ke atas dengan lubang hidung yang terlihat jelas.

5. Tubuh Kucing Anggora

Rata-rata tubuh kucing Anggora jantan lebih besar dari betina. Bagian tubuh belakang lebih tinggi sedikit dari tubuh bagian depan.

Ibarat wanita, mungkin kucing ini sedang pose nungging. Tapi kalau kucing Anggora betina sedang hamil, pastinya lebih besar dia dari kucing jantan.

6. Kaki Kucing

Dari sisi kaki, kucing Anggora memiliki kaki yang panjang. Sehingga kalau berjalan, kucing Anggora terlihat tinggi. Tubuh Anggora tidak terlalu besar, sehingga bila kakinya panjang pasti akan proporsional.

7. Ekor Kucing Anggora

Bagian paling indah dari kucing Anggora adalah ekor. Bila ekor kucing kampung atau kucing lokal, tampak biasa saja. Berbeda dengan kucing Anggora yang kelihatan panjang, lebat, dan tebal.

Sekilas ekor kucing ini seperti kemoceng karena panjang. Untuk dipegang-pegang, ekornya sangat lembut. Tak heran, banyak orang ingin memelihara kucing tersebut.

Ciri Kucing Anggora (wikimedia.org)
Ciri Kucing Anggora (wikimedia.org)

8. Bulu Kucing Anggora

Ternyata pertumbuhan bulu kucing Anggora menyesuaikan cuaca. Jika sedang cuaca panas, maka pertumbuhan bulunya lebih pendek. Sebaliknya, bila cuaca panas, bulunya tumbuh lebih panjang. Mungkin ini salah satu adaptasi kucing dengan lingkungan.

9. Harga Kucing Anggora Asli

Perlu Anda ketahui, bahwa harga kucing Anggora asli memang mahal. Dikutip dari Wikipedia, harga kucing ini antara Rp 4 juta – Rp 14 juta per ekor. Ini khusus kucing Anggora dari ras asli Anggora.

Loading...

Namun, bila kucing ini sudah dikawinkan dengan ras kucing lain atau darah campuran, maka harganya bisa turun drastis. Harga kucing Anggora darah campuran bisa sampai ratusan ribu.

Bila Anda melihat di media sosial soal harga Anggora yang murah, Anda perlu curiga, bisa jadi itu kucing Anggora palsu atau ras campuran.

10. Karakter Kucing Anggora

Beda dengan yang lain, kucing Anggora tidak suka dimasukkan kandang. Kucing ini lebih suka bermain dengan pemiliknya. Karakter kucing Anggora sangat ingin tahu, kepo, lincah, energik, suka bermain, penurut, pintar, mudah dilatih, mudah beradaptasi, dan ramah.

Namun, karena tingkah aktifnya tersebut Anda harus lebih bersabar. Barang-barang di rumah Anda harus diamankan dulu, takutnya banyak yang pecah. Sebab, kucing Anggora suka berada di area yang tinggi. Dia senang berlari ke sana ke mari karena rasa ingin tahu yang tinggi.

11. Kucing Anggora Ras Asli Turki

Pemerintah Turki melarang warganya untuk memperluas ras kucing Anggora ke negara lain. Sehingga bisa dipastikan kucing Anggora asli di negara lain sangat terbatas dan langka. Di Indonesia, mungkin rasnya sudah tercampuri dan tidak asli lagi.

Alasan Turki tidak mau memperluas ras kucing Anggora agar keaslian ras kucing ini tetap terjaga. Meski begitu, kucing Anggora di Indonesia sudah terlihat cantik. Kucing lucu seperti ini sudah pasti banyak yang suka.

Ciri Fisik Kucing Anggora Asli (pinterest.com)
Ciri Fisik Kucing Anggora Asli (pinterest.com)

12. Kucing Anggora Putih

Dari semua warna, banyak orang menyukai kucing Anggora putih. Mengapa putih? Mungkin warna putih melambangkan kesucian dan terlihat bersih serta cantik. Selain itu, yang menarik banyak orang untuk memeliharanya adalah mata yang ganjil.

Sebagian kucing Anggora memiliki warna mata yang berbeda antara kanan dan kiri. Ada kucing Anggora yang warna mata kanannya biru dan mata kirinya kuning. Sungguh ini mata kucing paling unik.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian ciri kucing Anggora yang asli dilihat dari fisik. Kucing ini sangat menyukai kebersihan, sehingga Anda harus rajin-rajin menyisir bulunya. Bersihkan pula kotoran kucing agar tidak menimbulkan bibit penyakit.

Kalaupun sakit, biasanya kucing Anggora terkena penyakit limfoma, ataksia, kardiomiopati hipertrofik, dislokasi tempurung lutut, hingga tuli.

Walau begitu, perawatan kucing yang bagus dapat meminimalisir kucing jatuh sakit. Jangan lupa berikan pula makanan bergizi, vitamin, suplemen, hingga vaksin.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • anggora asli

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!