Skip to content

21 Ciri Kucing Sakit yang Perlu Diwaspadai

Ciri Kucing Sakit (familypet.com)

Burungnya.com – Lihat beberapa ciri kucing sakit biasanya selalu dalam kondisi yang aneh. Anda harus waspada kemungkinan kucing sakit parah tapi tidak ketahuan. Banyak terjadi kasus kucing sedang sakit tapi kondisi tubuhnya tidak menunjukkan kesakitan.

Lantas, bagaimana cara mengenali ciri kucing yang sakit? Dalam hal ini yang diperlukan adalah pengalaman. Semakin lama Anda memelihara kucing, tentu Anda akan tahu, oh kucing ini sedang tidak enak badan atau sakit.

Kalau Anda baru memelihara kucing, apa yang harus dipelajari untuk mengetahui kucing sedang sakit? Sudah pasti yang dicek adalah perilaku, nafsu makan, tingkah laku, aktif atau tidak, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

Oleh karena itu, kami ingin memberitahukan kepada Anda, ciri kucing sakit yang perlu diketahui.

Ciri Kucing Sakit

Tanda Kucing Sakit (tufts.edu)

Tanda Kucing Sakit (tufts.edu)

1. Muncul Kotoran di Mata atau Hidung Kucing

Kalau kucing terlihat mengeluarkan kotoran di area mata dan hidung, kemungkinan dia sedang menderita infeksi saluran pernapasan atas. Kondisi ini bisa membuat kucing sakit dan berhenti makan.

Kucing yang sakitnya seperti ini biasanya menular ke kucing lain. Jadi lebih baik kucing diisolasi dulu. Pisahkan dengan kucing lain agar tidak menular.

Baca juga: 17 Penyebab Kucing Sakit Mata Berair dan Cara Mengobati

2. Ada Kotoran di Telinga

Bila Anda melihat kotoran di telinga kucing, bukan berarti itu kotoran biasa. Bisa jadi kotoran tersebut merupakan infeksi telinga atau parasit.

Ada yang menyebut kotoran tadi merupakan tungau telinga yang sudah menumpuk. Jadi, ciri kucing sakit seperti ini harus diwaspadai karena bentuknya menyerupai kotoran biasa.

Kalau hal seperti itu dibiarkan, gendang telinga kucing bisa mengalami masalah dan tidak nyaman. Selain itu, juga bisa mengganggu keseimbangan.

3. Bulu Rontok atau Iritasi Kulit

Sebenarnya bulu rontok pada kucing sudah merupakan hal yang biasa. Namun, kalau kucing memiliki alergi, parasit eksternal atau kondisi kulit lain, maka bisa berarti kucing kalian sedang mengidap penyakit tertentu.

Apalagi kalau kucing Anda sering menggaruk tubuh karena gatal, bisa jadi ada penyakit yang perlu disembuhkan.

Kucing Sakit Mata Berair (petscaretip.com)

Kucing Sakit Mata Berair (petscaretip.com)

4. Kucing Mengeong Terus

Ada beberapa alasan kucing mengeong terus, pertama ini pertanda ciri kucing sakit. Namun, bisa jadi kucing lapar. Sehingga perlu dipastikan dulu, kucing lapar atau sakit.

Meski begitu, kebanyakan kucing yang suka mengeong karena alasan tertentu. Misal, kucing sakit, lapar, ada hewan lain, muncul penampakan, ada lawan, lihat kucing lawan jenis, birahi, dan lain sebagainya.

Jadi, ada baiknya pastikan dulu ini ciri kucing sakit atau mengalami beberapa hal di atas. Anda bisa bertanya pada dokter hewan, atau pecinta kucing di grup komunitas.

Baca juga: 5 Obat Kucing Sakit Mencret, Muntah, dan Pilek

5. Kebanyakan Grooming

Oh iya, kucing yang sering grooming juga tidak baik. Bulu memang bersih, rapi, dan wangi, tetapi kulit jadi mudah iritasi dan infeksi. Cobalah melakukan grooming 2-4 minggu sekali.

6. Kepribadian Berubah

Kucing yang sedang sakit, ada kemungkinan kepribadiannya berubah. Bisa jadi kucing sedang bahagia, lalu tiba-tiba ketakutan. Untuk hal seperti ini, sebaiknya pemilik kucing langsung berkonsultasi ke dokter hewan.

Sebab, bisa jadi kucing depresi atau stres berat karena adanya kekerasan yang dia alami. Mungkin saja kucing pernah disiksa oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Makanan Untuk Kucing Sakit (thecatfoods.com)

Makanan Untuk Kucing Sakit (thecatfoods.com)

7. Kaki Pincang dan Sulit Lompat

Apabila kucing terlihat pincang kakinya, sudah pasti dia baru jatuh atau terjadi kecelakaan. Kucing yang main di luar akan lebih sering mengalaminya.

Jadi coba cek dulu bagian kaki apa ada yang cedera atau patah tulang. Bila tidak terjadi pendarahan, bisa jadi kaki memar atau bengkak. Oleh karena itu, bawa ke rumah sakit atau dokter hewan untuk di CT Scan.

Baca juga: 10 Cara Mengobati Penyakit Kucing Scabies sampai Sembuh

8. Area Tubuh Bengkak

Seperti yang kami sebutkan di atas, ada kemungkinan kucing yang jatuh tidak muncul luka berdarah, tapi bengkak. Kalau bengkak sulit terlihat, apalagi bila bengkaknya kecil.

Itu nanti bisa menjadi abses, lalu berubah jadi tumor. Jangan sepelekan bagian tubuh kucing yang bengkak. Sebab, kondisi tersebut berbahaya. Seharusnya Anda segera menemui dokter hewan.

9. Mulut Kucing Bau

Sering mencium bau tak sedap pada mulut kucing? Mungkin saja, kucing sedang sakit gigi. Coba cek bagian gusi dan gigi kucing, bila kotor sekali, mengeluarkan bau tak sedap, dan keluar air liur berlebihan, bisa jadi dia mengalami infeksi mulut.

Bagian mulut kucing terkena paparan bakteri. Selain menghilangkan nafsu makan, gara-gara sakit gigi, kucing bisa mengalami penyakit serius, bahkan kematian.

Obat Kucing Sakit Mencret, Diare, Muntah, Sulit Pipis, dan Pilek (hillspet.com)

Obat Kucing Sakit Mencret, Diare, Muntah, Sulit Pipis, dan Pilek (hillspet.com)

10. Napas Berubah Cepat

Ciri kucing sakit lainnya yaitu napas berubah begitu cepat. Misalnya, tiba-tiba kucing sesak napas, terengah-engah, kesulitan napas, dan lain-lain.

11. Kucing muntah

Tiba-tiba kucing muntah warna kuning atau putih. Hal tersebut juga berbaya karena ada kemungkinan kucing keracunan atau karena makan benda asing. Segera obati atau bawa ke dokter terdekat.

12. Diare

Kucing yang diare kebanyakan kotorannya berubah menjadi encer. Kadang bau kotoran menjadi busuk atau tidak sedap. Kucing menjadi lemas karena kebanyakan cairan yang keluar lewat kotoran tadi.

Berikan banyak minum pada kucing diare. Cari tahu apa penyebab kucing diare. Apakah karena makanan, atau mungkin terkena virus dari kucing lain.

13. Nafsu makan hilang

Bahaya kalau ciri kucing sakit karena nafsu makan hilang. Terkadang kucing memang kehilangan nafsu makan karena stres, sakit, tidak cocok dengan makanan, bosan dengan makanan, dan lain-lain.

Kalau dibiarkan kucing tidak makan dalam waktu lama, nanti kucing bisa jatuh sakit. Terus tubuhnya menjadi semakin kurus dan gampang sakit-sakitan.

14. Kucing haus terus

Ada juga kucing yang gemar minum. Dia terlihat harus terus menerus. Apakah ini ciri kucing sakit? Bisa jadi tubuhnya merasa panas, sehingga kucing minum terus. Tenggorokan kucing ada sesuatu yang gatal atau sakit.

15. Warna air kencing berubah

Perhatikan bagian warna air kencing kucing. Kalau pipis kucing menjadi kuning atau orange pekat, berarti kucing kurang minum. Sehingga kucing perlu diberikan air minum yang kandungan ionnya tinggi. Kucing diberi air putih biasa juga sudah bagus.

Obat Alami Untuk Alergi Kucing

Obat Alami Untuk Alergi Kucing

16. Berat badan berubah

Maksudnya di sini berat badan kucing turun drastis. Ini pertanda ada yang tidak beres dengan kucing tersebut. Seharusnya kucing memiliki berat badan yang ideal agar tidak gampang sakit.

17. Lesu dan lemas

Kucing selalu tampak lesu dan lemas seperti kurang bertenaga. Apakah kucing seperti termasuk ciri kucing sakit? Ada kemungkinan kucing tersebut sakit, tapi ada pula karena kucing belum makan.

Soalnya cirinya hampir sama antara kucing sakit dan belum makan. Jadi coba si kucing diberi makan dulu, siapa tahu bertenaga kembali.

18. Sering sembunyi

Kucing sering sembunyi biasanya karena takut dan stres. Mungkin sebelumnya kucing mendapatkan penyiksaan dari manusia atau diserang hewan lain. Sehingga mentalnya drop dan gampang takut.

19. Kumis kaku

Kumis saja sampai kaku berarti bagian tubuhnya tegang. Ini terjadi karena kucing stres atau kurang diajak jalan-jalan. Kalau kucing hobi jalan-jalan, nanti tubuhnya fresh, sehat, dan bahagia.

20. Nafsu makan meningkat drastis

Nafsu makan kucing turun pertanda ciri kucing sakit. Nah, nafsu makan tambah juga sama. Ternyata kalau nafsu makan kucing bertambah drastis bisa jadi karena kucing mudah lapar. Memangnya kenapa?

Kucing dengan ciri tersebut mungkin karena kucing terkena diabetes melitus. Jumlah glukosa pada darah sangat tinggi sehingga kucing mengalami kegemukan. Kucing menjadi suka makan terus dan haus.

21. Kucing Sering Rebahan

Ciri kucing sakit selanjutnya adalah kucing yang hobi rebahan. Waspada bila kucing Anda suka rebahan atau malas gerak. Kemungkinan tubuhnya sedang lemas sehingga mau bergerak saja tidak mampu.

Baca juga: 8 Kesalahan Merawat Kucing yang Harus Diubah

Kesimpulan

Demikian beberapa tanda atau ciri kucing sakit yang perlu diwaspadai. Kucing sehat biasanya perilakunya aktif dan ceria. Sementara kucing sakit cenderung berdiam diri, bahkan kucing yang mau mati juga suka mencari tempat sembunyi.

Itulah mengapa kucing sakit banyak cirinya. Anda sebagai pemilik harus mempelajari satu persatu agar penyakit kucing bisa segera teratasi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.