7 Ciri Lovebird Betina akan Bertelur dan Perawatannya

Burungnya.com – Biasanya para peternak Lovebird akan mengalami masalah saat awal-awal memulai ternak. Masalah ini mulai dari membedakan jenis kelamin Lovebird, proses penjodohan, indukan tidak mau kawin, indukan Lovebird tidak mau bertelur, telur kosong atau tidak menetas, dan lain-lain.

Anda pasti bisa melaluinya dan memecah berbagai masalah ternak Lovebird. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda pasti mendapatkan ilmu tentang budidaya Lovebird sampai sukses.

Nah, kali ini inti pembahasannya kami tentang ciri Lovebird betina yang akan bertelur. Mengapa hal ini cukup penting dibahas? Alasannya karena proses bertelur Lovebird membutuhkan persiapan dan harus dijaga dengan benar sampai menetas.

Ciri Lovebird Betina akan Bertelur

  1. Tubuh tampak lebih besar dan gemuk.
  2. Burung terlihat gelisah dan kebingungan.
  3. Suara burung Lovebird menjadi lebih keras.
  4. Lovebird mulai menyelipkan sobekan kertas di sayap.
  5. Burung Lovebird akan membuat sarang dengan berbagai bahan, seperti serpihan kayu, daun cemara, sobekan kertas, hingga serabut kelapa.
  6. Anus burung Lovebird betina akan membengkak atau besar menonjol.
  7. Napas indukan Lovebird betina lebih berat atau terengah-engah.
Telur Lovebird Betina yang Sudah Menetas (pinterest.com)
Telur Lovebird Betina yang Sudah Menetas (pinterest.com)

Perawatan Saat Lovebird Betina Mau Bertelur

Kalau burung Lovebird betina sudah terlihat mau bertelur, maka masukkan selembar kertas koran atau tisu ke dalam kandang. Jika indukan Lovebird mulai menyobek-nyobek kertas tersebut dan menyelipkan ke sayapnya, berarti dia akan bertelur.

Tunggu indukan Lovebird betina kawin dulu. Biasanya dalam kurun waktu 10 hari, Lovebird betina sudah memproduksi telur. Nah, telur ini akan keluar secara bertahap 1-3 hari.

Loading...

Sebelum bertelur, burung Lovebird harus mengonsumsi kalsium lebih banyak agar cangkang telur kuat. Kandungan kalsium ini bisa didapat dari vitamin, tulang sotong, grid, hingga batu bata merah.

Jangan buka-buka glodok dulu agar indukan Lovebird lebih fokus bertelur. Anda bisa mengecek sedikit untuk memastikan Lovebird mau mengerami telurnya. Bila Lovebird sudah mengerami telur, Anda tinggal menunggu telur tersebut menetas.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian ciri Lovebird betina akan bertelur dan perawatannya. Anda jangan melepaskan burung tersebut untuk bertelur sendiri, karena burung butuh pendampingan.

Yang paling penting asupan kalsium agar indukan Lovebird betina bisa menghasilkan telur yang bagus dan ada isinya. Kalau cuma bertelur saja sebenarnya mudah, tapi peternak pemula biasanya mendapatkan telur kosong tanpa ada isinya. Oleh karena itu, perawatan saat Lovebird akan bertelur sampai telur menetas sangatlah penting.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • gacu betina lovebird mau bertelur

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!