13 Ciri Lovebird Ngekek Panjang dan Prospek Lomba

Burungnya.com – Apakah Lovebird ngekek panjang bisa dilihat dari bagian fisiknya? Mungkin Anda mengira harus mendengarkan suaranya dulu baru bisa memastikan Lovebird tersebut prospek atau tidak. Padahal Anda bisa melihat ciri-ciri Lovebird ngekek panjang dari fisik ujung kepala sampai ujung kaki.

Anda harus mulai mengenali Lovebird ngekek dari postur tubuhnya. Burung Lovebird mempunyai ciri khusus untuk membedakan mana yang rajin ngekek sama yang diam saja. Bagi pemain Lovebird gantangan atau lomba pasti bisa mengenalinya dengan mudah.

Ini seperti ilmu dalam memperoleh burung Lovebird juara. Kalau Anda sering melihat Lovebird ngekek, nanti akan kelihatan gaya serta postur tubuhnya. Walau sekilas sama, tapi ada ciri khususnya.

Dari sini ciri fisik tersebut dapat dijadikan patokan untuk membeli Lovebird konslet atau ngekek panjang. Apalagi bila Anda belinya di ombyokan, pasti butuh kemampuan dalam memilih Lovebird.

Baca juga: 2 Cara Membuat Lovebird Ngekek Mangap Paling Mudah dan Instan

Manfaat Mengenali Ciri Lovebird Ngekek Panjang

  • Dalam sekali lihat, Anda bisa tahu Lovebird prospek juara.
  • Walau masih usia paud, Anda tetap bisa mengenali Lovebird yang bakal ngekek panjang.
  • Tidak perlu melihat warna, kalau dari postur tubuh sudah bagus, pasti nanti Lovebird tersebut tetap rajin ngekek.
  • Dapat dijadikan patokan dalam membeli burung Lovebird baru.
  • Bisa dijadikan penghasilan sampingan karena pasti banyak teman yang menggunakan jasa Anda dalam membeli Lovebird.
Ciri Lovebird Ngekek dan Rajin Bunyi (olx.co.id)
Ciri Lovebird Ngekek dan Rajin Bunyi (olx.co.id)

Ciri Lovebird Ngekek Panjang

1. Kepala

Ukuran kepala besar. Di bagian depan bentuknya rata, sementara bagian kepala belakang Lovebird bulat besar.

Kepala besar menandakan burung cenderung pintar dalam menirukan burung masteran. Nanti burung ini juga mempunyai mental pemberani dan fighter.

2. Paruh

Bagian paruh besar dan kokoh. Paruh melengkung dan panjang tapi tidak terlalu panjang seperti paruh gajah. Dulu Lovebird yang ngekek panjang identik dengan warna paruh merah, tapi sekarang Lovebird paruh putih juga bisa ngekek panjang, tergantung dari perawatan.

Baca juga: Setingan Lovebird Ngekek 15 Menit di Ruangan Gelap dan Sejuk

3. Mata

Sorot mata atau tatapan mata Lovebird begitu tajam. Hal ini menandakan bahwa dia memiliki mental fighter. Bagian klep kaca mata Lovebird tampak besar dan tebal.

Kalau tatapan matanya sayu, ada kemungkinan dia sedang sakit atau penakut. Lebih baik cari Lovebird yang lain daripada kurang pas dengan mata sayunya.

4. Leher

Untuk mendapatkan suara Lovebird yang keras pastikan lehernya panjang dan besar. Raba juga bagian lehernya apakah besar atau kecil. Kalau leher besar kemungkinan suaranya keras.

Postur leher lurus ke atas. Leher juga bisa menopang kepala sampai tegak lurus ke atas. Jangan memilih leher yang menekuk ke bawah, nanti mentalnya kurang bagus.

5. Dada

Dada Lovebird agak melebar, bidang, dan menonjol ke depan. Bentuk dada seperti ini menunjukkan burung Lovebird yang kuat mentalnya. Bagian dada yang lebar ini bisa terlihat jelas saat dia diam di atas tangkringan atau saat melihat lawan.

Baca juga: 3 Ramuan Lovebird Ngekek Panjang Bahan Tradisional

6. Tubuh Ideal

Bagian tubuh Lovebird harus ideal, artinya tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus. Burung yang tubuhnya besar berarti dia mengalami obesitas atau memang sudah tua.

Loading...

Kalau tubuh burung kecil mungkin asupan gizinya kurang dan terlalu banyak gerak. Seharusnya burung yang seperti ini harus diberi pakan extra fooding. Dengan begitu tubuhnya akan membesar lagi.

7. Bulu

Lovebird mempunyai bulu yang mengkilap, bersih, dan rapi. Tidak peduli warna, yang jelas bulu tampak berkilauan saat terkena cahaya matahari.

Saat mandi, Lovebird akan segera merapikan bulu sehingga bulunya selalu rapi dan bersih. Burung seperti ini sudah pasti sehat dan selalu dalam kondisi fit.

Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang (olx.co.id)
Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang (olx.co.id)

8. Tingkah Lovebird

Burung Lovebird selalu aktif gerak dan terpantau bunyi. Apabila burung belum bunyi lebih baik Anda terus menunggu di lapak sampai burung bunyi.

Menunggu burung bunyi bukan sesuatu yang melelahkan. Justru pecinta burung akan bahagia kalau berlama-lama dalam membeli burung. Biasanya beli burung satu ekor, tapi milihnya bisa 1-2 jam.

Baca juga: 10 Jenis Burung Lovebird untuk Lomba Suara Ngekek Panjang

9. Kaki

Saat membeli Lovebird coba perhatikan bagian kakinya. Kaki Lovebird yang kuat pasti cengkeramannya juga kuat. Untuk mengetahuinya Anda bisa memegang burung dan menempelkan kakinya di jari Anda.

Nanti Anda akan bisa merasakan cengkeraman kakinya kuat atau lemah. Metode ini bisa dipakai untuk mengetahui jenis kelamin Perkutut jantan atau betina. Kalau cengkeraman kuat biasanya Perkutut jantan sedangkan kalau lemah berarti betina.

10. Sayap

Bagian sayap juga bisa menjadikan penanda Lovebird bagus atau tidak. Soalnya Lovebird ngekek panjang rata-rata memiliki sayap panjang dengan ujung menyilang.

Kedua sayap mengapit rapat ke tubuh. Tidak ada sayap yang turun sebelah dan keduanya menutup rapat. Bagian bulu sayap rapi dan tidak mengembang.

11. Ekor

Lalu lihat ekornya, kebanyakan Lovebird ngekek ekornya melengkung ke bawah dan mendekati tangkringan. Gerakan ekor naik turun saat sedang ngekek atau konslet.

Bentuk ekor Lovebird yang melengkung ke dalam ini dinilai bagus dan prospek juara. Soalnya ada Lovebird yang ekornya lurus atau melengkung keluar tapi biasa saja.

12. Suara

Burung Lovebird terpantau rajin ngekek dan durasi cukup panjang walau sering berjeda. Ini awal yang bagus untuk Lovebird juara. Pasalnya banyak sekali Lovebird yang cuma ngetik tapi tidak mau ngekek.

Burung cuma teriak sekali dua kali dan ngetik saja tapi tidak mau ngekek. Kalau burung Lovebird suaranya sudah ngekek cukup panjang berarti bagus, saatnya Anda meminangnya.

Baca juga: 43 Jenis Lovebird di Seluruh Dunia Kategori Suara dan Warna

13. Mental

Burung Lovebird yang pemberani atau fighter selalu memiliki mental bagus. Artinya saat Anda mendekatinya dia tidak ketakutan. Itu pertanda dia mempunyai mental fighter.

Coba mainkan jari Anda di jeruji sangkar. Kalau burung merespon dengan cara mendekati Anda atau minimal terlihat penasaran berarti mentalnya bagus.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara mengetahui ciri Lovebird ngelek panjang dan prospek juara. Jadi Anda sekarang sudah tahu bahwa burung Lovebird juara bisa dilihat dari fisiknya dulu baru nanti ke suara.

Kita selalu melihat sesuatu yang bagus dari mata turun ke hati. Kalau kita melihat Lovebird itu bagus fisiknya kita jadi cinta dan akhirnya mau merawatnya dengan sepenuh hati. Alhasil burung Lovebird menjadi terawat baik dan rajin bunyi gacor.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!