15 Ciri Perkutut Jantan Berkualitas Gacor

Burungnya.com – Jika ditanya ciri Perkutut jantan seperti apa? Jawabannya tentu beragam. Namun, ada ciri untuk mengenali fisik Perkutut jantan.

Kali ini pembahasan difokuskan pada Perkutut jantan saja ya. Soalnya, kebanyakan orang lebih suka dengan Perkutut jantan lantaran bisa manggung dan gacor.

Berbeda dengan Perkutut betina, biasanya dibeli untuk penangkaran saja. Sementara Perkutut jantan bisa untuk lomba dan klangenan di rumah.

Kami akan memberitahu ciri Perkutut jantan yang sebenarnya. Jadi, walau Anda cuma melihat sekilas, Anda akan tahu mana Perkutut yang jantan.

Ciri Perkutut Jantan Gacor
Ciri Perkutut Jantan Gacor

Ciri Perkutut Jantan

1. Lincah dan Kuat

Perkutut jantan rata-rata lebih lincah dan kuat. Walau berada di satu kandang ombyokan, burung Perkutut jantan akan terlihat lebih aktif.

2. Pupur atau Bedak

Ciri Perkutut jantan biasanya terdapat pupur warna putih di bagian dahinya. Perkutut dengan pupur yang semakin banyak sampai ke kepala belakang, sudah pasti Perkutut jantan.

3. Paruh

Perkutut berkelamin jantan mempunyai paruh yang panjang dan tebal. Burung ini paruhnya panjang untuk menunjang suaranya yang besar dan panjang.

4. Mata

Burung Perkutut jantan sorot matanya tajam sekali. Ini menandakan Perkutut tersebut benar-benar memiliki mental yang bagus dan juga sehat.

5. Kepala

Bentuk kepala Perkutut jantan biasanya datar atau lonjong. Ciri Perkutut jantan memang kelihatan dari kepalanya.

6. Supit urang

Rata-rata supit urang Perkutut jantan lebih rapat dan sempit. Teksturnya saat diraba terasa keras. Namun, kalau Perkutut masih muda, sulit dideteksi dari supit urang.

7. Belahan paruh

Saat melihat mata Perkutut, coba tarik garis ke belahan paruhnya. Ciri Perkutut jantan belahan paruhnya lurus sejajar dengan mata.

8. Kaki

Kami sudah mencoba Perkutut jantan kakinya lebih kuat dalam mencengkram. Sementara kaki Perkutut betina tidak terlalu kuat.

9. Ekor

Bagian ekor Perkutut jantan akan mengembang seperti kipas saat dikibaskan. Apabila Anda membalik kepalanya di bawah, ekornya akan mengembang.

10. Jari kaki

Lihat bagian ruas jari kakinya nanti akan kelihatan lebih tebal. Ini seperti kaki pekerja keras yang ngapal atau tebal.

11. Posisi kawin

Sudah pasti kalau ciri Perkutut jantan posisi kawinnya di atas. Sebab, Perkutut betina lebih suka di bawah.

12. Birahi

Ketika Perkutut jantan birahi, dia akan mbekur-bekur atau mengangguk. Suaranya kuk geruk kuk geruk.

13. Paruh ke atas

Perkutut jantan akan membuka paruhnya ke atas, saat sedang kawin. Apakah ini yang namanya mengerang keenakan? Entahlah kami juga tidak mengetahuinya.

14. Suara Perkutut

Burung Perkutut jantan suaranya lebih keras dan mendayu-dayu. Ciri Perkutut jantan memang salah satunya memiliki suara keras dan panjang.

15. Genggaman

Saat digenggam, tubuh Perkutut jantan akan terasa lebih berisi dan besar. Satu dekapan bisa terasa penuh di telapak tangan.

Baca juga:

Kelebihan Perkutut Jantan

Apa saja kelebihan Perkutut jantan? Sudah pasti kualitas suara Perkutut jantan lebih bagus dari Perkutut betina.

Kemudian Perkutut jantan lebih banyak dipelihara kung mania. Perkutut betina cuma dipelihara untuk ternak saja.

Namun, walau demikian terkadang Perkutut betina juga dipelihara sebagai pancingan Perkutut jantan agar mau bunyi.

Kesimpulan

Demikian ciri Perkutut jantan berkualitas gacor. Burung dengan ciri seperti tadi sudah pasti jantan dan gacor.

Burung Perkutut jantan lebih banyak bunyi, suara keras, dan panjang. Berbeda dengan Perkutut betina yang suaranya pelan, serta pendek-pendek.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...
error: Stop copy and paste because it is an illegal act.