7 Ciri Sarang Walet Asli yang Bagus

Burungnya.com – Harga sarang Walet sangat mahal. Tak heran, sebagian oknum memalsukan sarang tersebut agar mirip sarang Walet berkualitas. Anda yang masih awam di bidang sarang Walet, sebaiknya perlu berhati-hati karena sarang Walet asli dan palsu terlihat mirip tapi tak sama.

Bagaimana cara mengenali sarang Walet yang bagus dan asli? Untuk penentuan asli tidaknya, sebenarnya bisa terlihat dari ciri fisik. Ya, dari permukaan sarang burung Walet, bentuk, hingga warna, sudah bisa diketahui itu sarang Walet asli atau palsu.

Soalnya, sarang burung yang palsu biasanya dicampur dengan rumput laut, kulit babi, jamur, dan kotoran burung. Sehingga gizi dari sarang Walet tidak optimal. Bahkan, ada juga yang sarang Walet putih ternyata hasil dari pemutihan bahan kimia. Jadi, bukannya menyehatkan tapi justru berbahaya bagi kesehatan.

Ciri Sarang Walet Asli

"Ciri

Anda harus mempelajari bagaimana bentuk sarang Walet yang bagus dan asli. Dengan begitu, saat Anda membelinya nanti, maka Anda tidak akan menyesal atau merasa tertipu. Paling mudah, mengetahui sarang Walet yang bagus dari ciri fisiknya.

1. Sarang Walet Tembus Cahaya

Untuk sarang Walet yang asli kebanyakan akan tembus cahaya saat disinari dengan lampu atau sinar matahari. Hal tersebut menandakan bahwa sarang Walet benar-benar bersih tanpa campuran apapun.

2. Tekstur Sarang Walet Kering

Sarang burung Walet bertekstur kering dan mudah pecah. Kalau sarang ini diremas, akan patah dan hancur. Bahkan, kalau Anda meremukkan sarang dengan kuat, sarang tersebut bisa menjadi seperti bubuk.

3. Bau Sarang Walet Asli

Bagaimana bau sarang Walet asli? Bukankah sarang Walet berasal dari air liur burung Walet. Lantas, apakah baunya sama seperti air liur? Tidak seperti itu, bau sarang Walet amis dan mentah. Baunya alami seperti bau amis daging hewan mentah.

4. Tekstur Sarang Walet Mudah Mengembang

Kalau sarang berkualitas asli akan mudah mengembang saat direndam dalam air selama 1-2 jam. Pengembangan sarang ini bisa mencapai dua kali lipat dari ukuran awalnya. Namun, kalau membeli sarang Walet tidak mungkin harus direndam dulu. Jadi, salah satu caranya, beli satu sarang dulu agar tahu kualitasnya asli atau tidak.

Loading...

5. Rendaman Air Jernih

Setelah sarang Walet direndam ke dalam air, coba lihat bagaimana warna air rendaman tersebut. Jika air rendaman masih jernih dan bening, berarti sarang tersebut asli. Sebaliknya, jika sarang Walet berubah warna berarti sarangnya diberi obat pemutih.

6. Ada Gelembung Udara atau Busa

Saat sarang Walet direndam, aduklah dengan sendok. Biasanya sarang Walet berkualitas asli akan mengeluarkan gelembung udara atau busa di permukaan air. Setelah beberapa saat, air akan jernih lagi.

7. Sarang Walet Bertekstur Renyah dan Kenyal

Jika Anda sudah mengolah sarang Walet menjadi makanan, maka rasanya akan sangat renyah dan kenyal. Meski sarang Walet direbus dalam waktu yang lama, pasti sarang Walet tetap kenyal dan renyah.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian ciri sarang Walet asli yang bagus. Jadi dilihat dari fisik saja sudah kelihatan keasliannya. Kemudian agar lebih mudah membedakan mana sarang Walet asli dan palsu, maka rendamlah sarang burung Walet ke dalam air.

Dari situ Anda akan mendapati bahwa sarang burung Walet yang asli akan mudah mengembang, bergelembung, dan airnya jernih. Itu saja, selebihnya Anda bisa membeli sarang Walet dari tempat terpercaya agar aman.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!