Cucak Ijo Serak dan Hilang Suara Diberi Obat Batuk Anak Sembuh

Burungnya.comBurung Cucak Ijo sama seperti manusia yang gampang sakit saat cuaca buruk. Penyakit yang sering diderita burung Cucak Ijo adalah serak dan hilang suara. Burung yang didominasi warna hijau ini jadi jarang bunyi kalau suaranya serak. Nah, berdasarkan pengalaman kicau mania ternyata obat batuk anak bisa menyembuhkan serak hingga hilang suara pada burung Cucak Ijo.

Benarkah obat batuk anak dapat mengobati Cucak Ijo yang sedang serak dan hilang suara? Ternyata benar, karena sudah ada yang membuktikan dan Cucak Ijo yang awalnya serak hingga kehilangan suaranya langsung sembuh dalam waktu 3 bulan.

Pria yang berhasil menyembuhkan Cucak Ijo serak pakai obat batuk anak adalah Dian H2 BC. Cucak Ijo SS miliknya sampai tidak ikut lomba selama 3 bulan gara-gara suara burungnya serak.

Baca juga: Cucak Ijo Ini Dulu Ditukar Batu Akik Bacan, Sekarang Ditawar Rp 100 Juta

Loading...

Untuk mengatasi masalah serak pada burung Cucak Ijo, dia melakukan segala cara, termasuk memberikan berbagai macam obat serak khusus untuk burung. Namun, semuanya tidak membuahkan hasil. Burung Cucak Ijo SS masih serak dan suaranya malah hilang hingga macet bunyi.

Saran dari Teman Diberi Obat Sirup Anak

Untung ada salah seorang temannya yang memberikan saran dalam pengobatan Cucak Ijo serak. Akan tetapi, saran yang diberikan terbilang tidak masuk akal. Kata temannya Cucak Ijo yang suaranya hilang dan serak bisa sembuh dengan obat sirup anak.

Baca juga: Perawatan Cucak Ijo yang Sedang Sakit dengan Ramuan Tradisional

Awalnya, Dian H2 BC sempat ragu dan takut karena obat batuk anak sudah diracik untuk menyembuhkan batuk pada anak. Kalau diberikan ke burung Cucak Ijo, efek sampingnya tidak diketahui, baik atau tidak. Meski begitu, Dian H2 BC tetap nekat memberikan sirup obat batuk anak ke Cucak Ijo SS.

“Sudah banyak obat untuk menyembuhkan masalah serak yang saya beli di kios-kios burung. Tapi tetep saja SS gak sembuh-sembuh. Akhirnya, ada teman yang menganjurkan untuk menggunakan sirup batuk anak. Sempat ragu dan takut, tapi nekad saja saya berikan. Alhamdulillah bisa sembuh dan kembali berprestasi,” jelas Dian H2 BC seperti yang dikutip dari Burungnews.com (23/4/2018).

Obat untuk Cucak Ijo Serak (wikipedia.org)
Obat untuk Cucak Ijo Serak (wikipedia.org)

Cucak Ijo Serak Langsung Sembuh

Hasilnya sesuai dugaan temannya, Cucak Ijo SS yang tadinya serak dan hilang suara langsung sembuh. Penyembuhan serak Cucak Ijo tidak berlangsung instan karena membutuhkan waktu hingga 3 bulan. Selama 3 bulan Cucak Ijo yang serak diberi obat batuk sirup anak secara rutin.

Cara Pemberian Obat Batuk Anak untuk Cucak Ijo Serak

Pemberian obat batuk sirup anak bisa dilakukan setiap hari tapi tidak boleh terlalu banyak. Takarannya pun sedikit saja dan dicampur pada air minum burung. Berikut cara lengkap memberikan obat batuk anak ke burung Cucak Ijo yang sedang serak dan hilang suara.

  1. Cucak Ijo diembunkan pukul 05.00-06.00 pagi setiap hari.
  2. Setelah diembunkan, Cucak Ijo dimasukkan ke dalam rumah.
  3. Cucak Ijo diberi sirup obat batuk anak yang dicampurkan ke dalam air minumnya dengan takaran sedikit saja.
  4. Setelah burung meminum obat tadi, air minumnya diganti dengan air minum biasa. Penggantian air minum dilakukan pada pukul 09.00 pagi.
  5. Walau obatnya cuma diminum sedikit tidak masalah karena sudah diberikan setiap hari.
  6. Selama pengobatan, Cucak Ijo serak tidak perlu dijemur, cukup diembunkan saja.
  7. Masa penyembuhan berlangsung cukup lama, tergantung seraknya parah atau tidak. Kalau Cucak Ijo SS bisa sembuh total dalam waktu 3 bulan.

Itu tadi cara mengobati Cucak Ijo serak dan hilang suara dengan obat batuk anak. Jika ingin mencoba cara ini Anda harus berhati-hati karena obat batuk anak sebenarnya tidak dianjurkan untuk burung Cucak Ijo. Sehingga, dampak dari pemberian obat tersebut menjadi tanggungjawab pemilik burung masing-masing.

Nah, untuk menanggulangi agar Cucak Ijo Anda suaranya tidak serak, Anda harus mengetahui penyebab dari Cucak Ijo serak.

Baca juga: Fakta Mengejutkan dan 10 Ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang Asli

Penyebab Cucak Ijo Serak (wikipedia.org)
Penyebab Cucak Ijo Serak (wikipedia.org)

Penyebab Cucak Ijo Serak dan Hilang Suara

  • Cucak Ijo kehujanan.
  • Cuaca atau udara buruk membuat Cucak Ijo sakit tenggorokan.
  • Cucak Ijo terlalu sering dimandikan hingga basah kuyup.
  • Cucak Ijo dijemur terlalu lama dan sering kepanasan.
  • Cucak Ijo terlalu sering ditrek dengan lawan.
  • Cucak Ijo memakan jangkrik yang sudah lama mati atau menjadi bangkai.
  • Cucak Ijo makan kroto yang sudah basi.
  • Cucak Ijo makan voer yang sudah jamuran.
  • Cucak Ijo sakit saluran pernapasan atau terkena infeksi.
  • Banyak lendir di tenggorokan burung Cucak Ijo.
  • Pemberian setingan atau perawatan Cucak Ijo yang salah.
  • Cucak Ijo dijodohkan terlalu lama.
  • Pakan voer yang diberikan ke Cucak Ijo tidak seperti biasanya, sehingga tidak cocok.
  • Cucak Ijo mengalami sakit tertentu yang mengakibatkan suaranya serak.
  • Cucak Ijo diberi doping oplosan berbahaya yang merusak suaranya.

Obat Burung Khusus Untuk Cucak Ijo Serak

Tidak hanya obat batuk anak, sebenarnya ada obat burung khusus untuk mengobati sakit serak atau hilang suara hingga pernapasan. Nama obat tersebut adalah E-Bodre yang mempunyai kandungan 100 mg enrofloxacin untuk mengobati berbagai penyakit burung, terutama sakit saluran pernapasan, pencernaan, serak, infeksi saluran kandung kemih burung, dan lain-lain.

Baca juga: 16 Ciri Cucak Ijo yang Bagus dan Bermental Juara

Cara pemakaian obat E-Bodre cukup diberikan 1-2 tetes pada paruh burung. Pemberian obat dilakukan dua kali sehari pada siang dan sore hari kurang lebih selama 3-5 hari.

Anda bisa mencampurkan obat E-Bodre ke dalam pakan atau minuman burung. Kalau dicampur di makanan dan minuman burung, Anda bisa meneteskan sekitar 5-6 tetes. Setelah ditetesi obat E-Bodre, jangan lupa diganti setiap hari pakan dan minumnya.

E-Bodre sendiri sudah tersedia di kios-kios burung atau situs jual beli online. Obat produksi Ebod Jaya ini dibanderol sekitar Rp 12.000 – Rp 15.000.

Baca juga: 5 Cara Merawat Cucak Ijo Agar Tampil Ngentrok dan Gacor saat Lomba

Demikian beberapa pengobatan untuk menyembuhkan Cucak Ijo serak dan hilang suara. Anda bisa memilih mengobati Cucak Ijo dengan obat batuk anak atau obat khusus untuk burung. Kami sarankan diberi obat khusus burung saja terlebih dahulu, jika tidak berhasil bisa mencoba obat batuk anak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cucak ijo batuk
  • obat burung cucak ijo hilang suara
  • obat cucak ijo hilang suara
  • mengatasi cucak ijo serak
  • cucak ijo serak tidak keluar suara
  • obat cucak ijo serak
  • cucak ijo serak
  • cucak ijo hilang suaranya
  • cara mengatasi ci tidak keluar suara
  • terapi cucak ijo batuk dari luar

Berikan komentar