Daftar Pakan Burung Konin Harian dan Pakan EF yang Bagus

Burungnya.com – Pecinta burung Konin atau Kolibri Ninja mungkin tidak sebanyak jenis burung yang lain. Namun, burung ini memiliki karakter tembakan yang khas, sehingga dicintai kicau mania di Indonesia. Kalau sudah dipelihara di dalam sangkar, burung Konin tidak memakan nektar lagi, tetapi pakan racikan yang dibuat semirip mungkin dengan nektar.

Berbeda dengan burung yang lain, kalau burung Kolibri pastinya lebih suka makanan yang manis-manis. Burung ini di alam liar suka menghisap nektar di bunga-bunga yang bermekaran. Selain itu, Konin juga suka dengan laba-laba kecil, lalat buah, dan serangga kecil lainnya.

Pakan Burung Konin Harian

Ada beberapa menu makanan burung Kolibri Ninja yang bisa dikatakan bagus. Burung ini nanti selain sehat juga gacor dan rajin berkicau. Apa saja makanan tersebut?

Menu Makanan Burung Konin

  1. Kroto bersih kecil
  2. Madu
  3. Susu kental manis-manis
  4. Air gula
  5. Minuman air putih

Porsi Pakan Konin

  1. Kroto diberikan satu sendok makan atau satu sendok teh setiap hari.
  2. Madu diberikan satu cepuk kecil dan diganti 2-3 hari sekali.
  3. Susu kental manis diberikan satu cepuk kecil setiap hari tapi ganti setiap 2-3 hari sekali.
  4. Air gula diberikan satu cepuk kecil diganti setiap 2-3 hari sekali.
  5. Minuman air putih diberikan di cepuk kecil ganti setiap hari.

Jadwal Makan Burung Kolibri Ninja

  • Senin dan Selasa: Madu
  • Rabu dan Kamis: Air gula
  • Jumat dan Sabtu: Susu kental manis
  • Minggu: Madu campur susu kental manis diaduk sampai tercampur merata.
  • Kroto dan air putih: setiap hari
Pakan Burung Kolibri Ninja atau Konin (pinterest.com)
Pakan Burung Kolibri Ninja atau Konin (pinterest.com)

Efek Pakan dan Minuman Manis untuk Burung Konin

Kami tadi sempat menyebutkan bahwa normalnya burung Kolibri Ninja mengonsumsi nektar bunga. Namun, karena dipelihara di dalam kandang, burung diberi makanan lain yang strukturnya sama manisnya dengan nektar.

Meski begitu, ternyata ada efek samping dari pemberian makanan dan minuman manis pada burung Konin. Sehingga pemberian makanan dan minuman tersebut harus sesuai takaran agar tidak berdampak buruk pada Konin atau Kolibri Ninja.

Madu dapat membuat burung tambah fighter dan bisa menghangatkan tubuh. Sayangnya madu dapat menimbulkan kebotakan dan burung jadi galak bila tidak divariasikan dengan makanan lain.

Susu bisa membuat Konin lebih bugar dan mengkilapkan bulu, tapi efek sampingnya burung jadi gemuk dan malas bunyi. Pemberian susu juga harus divariasi agar tidak berefek buruk.

Loading...

Air gula atau sirup bermerek mempunyai kandungan energi, tapi kalau minuman tidak dikombinasikan dengan madu dan susu, maka burung bisa kurus sampai lemas.

Kroto dapat memberikan efek gacor. Oleh karena itu, pemberian kroto harus setiap hari. Justru kalau burung Konin tidak makan kroto maka burung akan malas bunyi, kotoran encer, lemas, dan akhirnya mati.

Pakan EF Burung Konin

Setelah membahas tentang makanan harian burung Konin, sekarang lanjut ke pakan extra fooding (EF) Konin. Untuk makanan tambahan, burung ini bisa diberi buah, voer, jangkrik kecil, ulat kandang kecil, ulat hongkong kecil, laba-laba kecil dan lain-lain.

Jenis buah bisa berupa pisang, sawo, tomat, pepaya, dan jeruk. Semuanya tidak ada efek negatif, bahkan kalau Anda memberikan jeruk bayi atau jeruk sankis, burung Konin bisa lebih rajin bunyi.

Ulat hongkong dan ulat kandang dapat membuat Konin lebih agresif dan fighter. Namun, efek negatifnya makanan ini bisa membuat bulu rontok atau mabung dini, susah buang air besar, Pemberian kedua ulat ini untuk lomba saja, bukan harian.

Laba-laba dapat membuat burung fighter dan agresif, tapi efek negatifnya bisa membuat Konin tidak suka makan kroto hingga mati mendadak. Oleh sebab itu, burung jangan sampai over dosis.

Voer sebenarnya tidak terlalu berefek positif, justru bisa membuat burung sulit buang air besar dan akhirnya jatuh sakit.

Pemberian pakan EF untuk Konin harus bertahap. Yang paling awal, Anda harus memberikan kroto dulu. Bila burung sudah terbiasa makan kroto, baru Anda boleh memberikan pakan EF yang lain.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian daftar pakan burung Konin harian dan pakan EF yang bagus. Anda harus mengutamakan makanan harian dulu. Apabila pakan harian Konin sudah bagus, baru diberi pakan tambahan.

Ingat menu pakan Konin juga harus bervariasi setiap harinya. Kalau Anda memberikan pakan yang sama setiap hari, burung justru bisa mengalami gangguan pencernaan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung konin

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!