Dikasih Makan Rumput, Lovebird Ini Langsung Ngekek Panjang

Burungnya.com – Perawatan Lovebird memang gampang-gampang susah. Namun, kalau sudah tahu perawatan atau setingan yang tepat, biasanya Lovebird mudah ngekek panjang. Seperti Lovebird ini yang cuma dikasih makan rumput, dia langsung ngekek panjang.

Lovebird yang sering dipanggil New Samba ini terbiasa makan rumput dulu sebelum digantang. Kata pemiliknya Mr. Rama Putra H. Kalam dari RT 201 SF Jombang, Lovebird New Samba harus makan rumput sebelum digantang. Nanti setelah burung tersebut naik ke gantangan, biasanya langsung ngekek panjang.

Di kelas Dewasa A, Lovebird New Samba terpantau sangat rajin ngekek berdurasi panjang. Lovebird ini membuka aksinya dengan durasi panjang 1, Istimewa 3, lanjut 2, istimewa 1, panjang 1, lanjut 2, panjang 1 dan menutup aksinya dengan istimewa 1. Nilai ini jauh meninggalkan rivalnya, Ratu Roll andalan Bambang Resmob dari Jombang yang juga mencatat duarsi lanjut 2, lanjut 2, panjang 2, panjang 1, panjang 2 dan istimewa 1, seperti yang disadur dari Burungnews.com (14/3/2018).

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Loading...
Lovebird New Samba sedang makan rumput (burungnews.com)
Lovebird New Samba sedang makan rumput (burungnews.com)

Aksi Lovebird pemakan rumput ini memang istimewa. Namun, sejatinya yang membuat Lovebird New Samba ngekek panjang di lapangan bukan hanya rumput saja, tetapi ada asupan makanan lain yang juga terbilang istimewa.

Alasan diberi makan rumput

H. Kalam memberi makan rumput hanya sebagai pengalihan agar Lovebird New Samba tidak terus-terusan ngekek. Pasalnya, saat istirahat pun, Lovebird New Samba selalu ngekek panjang. Lovebird fighter ini seakan tak mau diam walau tak sedang lomba sekalipun.

Baca juga: Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari dan Lovebird Lengkap dengan Cara Pemberian

Kalau Lovebird ini diberi rumput yang segar, dia bisa berhenti ngekek dan memakan rumput tersebut. Pemberian rumput secara langsung dengan cara melepas bagian bawah tebok sangkar. Kemudian sangkar diletakkan di atas rumput-rumput yang hijau.

Rahasia ngekek panjang selain rumput

Kami tadi sempat menjelaskan bahwa rahasia pakan Lovebird New Samba sebenarnya tidak hanya rumput saja, tetapi ada pakan lain seperti PJM, milet putih, dan minumnya Moncer. PJM adalah pakan olahan dari pemain Mojoagung yang juga peternak Lovebird prospek lomba.

Baca juga: 7 Tips Rahasia Merawat Burung yang Dibocorkan Pemilik Lovebird Kusumo

Oh iya, Lovebird New Samba juga diberi kayu untuk gigitan agar birahinya stabil. Selain itu, Lovebird ini juga dimandikan setiap pagi sambil membersihkan sangkar. Kalau sudah mandi, biasanya langsung dijemur selama 10 menit.

Menariknya, setelah dijemur Lovebird New Samba langsung dikerodong dan masuk kamar agar tidak bunyi. Bahkan, untuk setingan harian, Lovebird New Samba tidak diberi jagung, kangkung, atau biji matahari. Pemberian EF seperti jagung hanya dikasihkan saat lomba, itupun cuma 10 biji.

Demikian keunikan Lovebird New Samba yang dikasih makan rumput. Jadi, rumput itu diberikan agar Lovebird New Samba bisa beristirahat sejenak dan tidak ngekek terus. Sementara rahasia ngekek panjangnya mungkin memang sudah keturunan trah jawara atau perawatan yang konsisten dan telaten.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • rumput teki untuk burung lovebird
  • manfaat rumput teki untuk burung lovebird
  • manfaat rumput teki untuk lovebird
  • manfaat suket teki buat burung lovebird
  • rumput teki untuk lovebird
  • manfaat umbi rumput teki untuk burung lovebird
  • manfaat suket teki buat lovebird
  • manfaat suket teki untuk lovebird
  • manfaat rumput buat lb
  • Manfaat rumput untuk burung lovebird

Berikan komentar