Dulu Guru Honorer, Sekarang Usaha Baju Kucing Sukses

Burungnya.com – Ternyata gelar pendidikan tidak jadi patokan kerja sesuati ijazah. Ini seperti Fredi Lugina, seorang pria dari Desa Jempang, Kabupaten Bogor.

Dia seorang Sarjana Ekonomi Pemasaran lulusan Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA. Kemudian dia menjadi guru honorer sekolah dasar di SDN Jampang 1.

Sambil mengajar pria berusia 40 tahun ini juga buka usaha konveksi di rumah. Mungkin karena bingung mengatur waktu, sehingga Fredi merelakan pekerjaannya sebagai guru honorer yang sudah digelutinya selama 6 tahun.

Tahun 2017 Produksi Baju Hewan

Kini dia fokus pada usaha konveksi saja. Awalnya, Fredi produksi pakaian seragam sekolah, lalu seragam karyawan. Lanjut di tahun 2017, dia memutuskan untuk memproduksi baju hewan.

“Tahun 2017 awalnya saya buat model masih konvensional yang sederhana, seperti dress, kaos, kemeja, sweater hodie, seperti itu. Tahun 2018 kakak saya memberi saran coba buat cosplay costume baju kucing tapi yang pakai tangan,” kata Fredi seperti yang disadur dari Detik.com (14/11/2021).

Baca juga:

Kostum Baju Kucing Lucu Fredi Lugina
Kostum Baju Kucing Lucu Fredi Lugina

Penjualan ke Manca Negara

Sekarang penjualan baju kucing sudah sampai ke mancanegara, seperti Malaysia, Thailand, hingga Filiphina. Pengiriman juga berlanjut ke negara lain, seperti Amerika, Kanada, Singapura, dan lain-lain.

Terkadang pengiriman langsung barang ke penerima agar ongkos kirim lebih murah. Jadi, tidak hanya dijual lewat marketplace, tetapi langsung ke pembeli biar murah.

Banyak juga pembeli yang memesan baju kucing dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Namun, ada minimal pembelian, yaitu minimal 20 baju.

Pemasaran Pakaian Kucing

Sampai sekarang pemasaran baju kucing di lakukan di hampir semua media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, Snack Video, dan YouTube. Hampir semuanya menggunakan nama Fredi Lugina.

Lalu bagaimana pembelinya bisa sampai ke luar negeri? Ini semua karena ada salah satu website yang memposting gambar baju kucing dari marketplace Fredi Lugina.

Kemudian kantor berita internasional tertarik dan akhirnya disiarkan ulang. Dari situ, baju kucing Fredi semakin dikenal dunia. Bahkan Lucinta Luna juga ikut beli baju cosplay kucing.

Harga Baju Kucing Cosplay

Usaha Baju Kucing Cosplay
Usaha Baju Kucing Cosplay

Paling murah adalah karakter pocong dengan harga Rp 30 ribuan. Sementara kostum lain ada juga yang mahal yakni mencapai Rp 200 ribuan. Kostum tersebut tentang karakter tukang sate.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat akun shopee Fredi Lugina ( usingcloath ).

Kesimpulan

Demikian perjalanan usaha Fredi Lugina dalam mencari penghasilan. Dia menjadi guru honorer karena sebagian besar anggota keluarganya adalah guru.

Dengan begitu, dia juga ikut menjadi guru, tapi masih honorer. Sambil jadi guru, Fredi juga buat usaha konveksi. Namun, karena tidak bisa memberikan waktu yang seimbang untuk beberapa pekerjaan, akhirnya dia fokus di usaha baju kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.