Ebook Gratis Buku Jenis Burung di Cagar Alam Pulau Sempu

Burungnya.com – Kabar baik untuk Anda yang senang mempelajari berbagai jenis burung di Indonesia. Beberapa waktu lalu, Balai Besar KSDA Jawa Timur BBKSDA Jatim menerbitkan buku keanekaragaman jenis burung di Cagar Alam Pulau Sempu.

Buku ini diberi judul Keanekaragaman Jenis Burung di Cagar Alam Pulau Sempu. Penulisnya Hari Purnomo, Agus Irwanto, Bagus Suseno, Fajar DNA, Resia Hindriatni, Setyadi, Edy Kurnia, Ardiyanto dan Tulus Pambudi.

Tujuan Penerbitan Buku Jenis Burung di Pulau Sempu

Jenis burung yang berhasil diabadikan berjumlah 51 burung dari 110 jenis burung di cagar alam Pulau Sempu. Tujuan penerbitan buku ini untuk melestarikan burung yang tinggal di Pulau Sempu, identifikasi burung, dan inventarisasi.

“Tidak kurang ada 110 jenis burung dari 46 Famili di Cagar Alam Pulau Sempu (CAPS), ini mengindikasikan bahwa kondisi hutan dan keragaman jenis burung di cagar alam masih terjaga”, kata Nandang Prihadi, Kepala BBKSDA Jatim, seperti yang disadur dari bbksdajatim.org (26/2/2020).

Selain itu, buku ini dibuat untuk membantu teman-teman Resort Konservasi Wilayah 21 Pulau Sempu yang sering mengabadikan satwa-satwa di sana saat melakukan pengamanan kawasan. Tujuan lain untuk mendukung para pegawai dan staf yang hobi fotografi satwa liar.

“Memang kami belum berhasil mengabadikan seluruh burung yang teridentifikasi di CAPS. Namun besar harapan kami di masa mendatang dapat melengkapinya,” ujar Hari Purnomo, Kepala Resort Konservasi Wilayah 21 Pulau Sempu.

Kondisi Cagar Alam Pulau Sempu

Pulau Sempu ditunjuk sebagai Cagar Alam melalui Gubernnamen Besluit (GB) 46 Stbl Nomor 69 tanggal 15 Maret tahun 1928 dengan luas kurang lebih 877 Ha. Penunjukkan kawasan tersebut didasarkan pada faktor botanis, estetis dan topografis.

Cagar Alam Pulau Sempu terletak di Dusun Sendang Biru, Desa Tambahrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pulau Sempu memiliki 5 tipe ekosistem yaitu ekosistem hutan tropis, karst, dataran rendah, mangrove, pantai, dan danau. Beberapa jenis pohon dominan di antaranya Bendo, Triwulan, Bayur, Wadang, Bulu, Laban, Serut Wono, Baros, Gebang, Tutup, dan Poh-pohan.

Sempu juga menjadi habitat berbagai jenis aves, reptil, dan mamalia dilindungi, seperti Elang Jawa, Elang Laut Perut Putih, Sanca Bodo, Lutung Jawa, Kijang, Macan Kumbang, dan Sikep Madu Asia.

Loading...

Di dalam cagar alam tersebut terdapat 4 telaga atau danau yaitu Telaga Lele, Telaga Sat, Telaga Panjang, dan Danau Segara Anakan. Semuanya berfungsi sebagai sumber air bagi kehidupan liar di dalam Pulau Sempu.

Download Ebook Buku Jenis Burung di Pulau Sempu

Buku tersebut terdiri dari 117 halaman yang dicetak berwarna dan dilengkapi keterangan satwa di setiap halamannya. Anda bisa download burung ini versi e-book secara gratis di situs bbksdajatim.org.

Baca juga:

Kami tidak mengetahui apakah buku yang versi cetak diperjualbelikan atau tidak. Namun, sepertinya buku yang versi ebook disediakan gratis karena siapapun bisa mengunduhnya tanpa harus membayar sepeserpun.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • download ebook burung indonesia
  • ebook burung indonesia

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!