Efek Kroto Untuk Kacer Lomba, Baik atau Buruk?

Burungnya.com – Tahukah Anda, kroto merupakan salah satu pakan tambahan atau extra fooding terbaik bagi burung kicau. Namun, tidak semua burung bisa diberi kroto. Ada sebagian burung yang tidak bagus diberi makanan kroto.

Nah, pertanyaannya sekarang apakah kroto baik untuk burung Kacer? Sebab, banyak juga kicau mania yang bertanya-tanya apakah Kacer boleh diberi kroto, terlebih Kacer lomba?

Sebagian kicau mania mungkin mengharamkan kroto untuk Kacer. Walau ada juga pemain Kacer yang berani memberikan sedikit. Sebenarnya apa efek kroto bagi Kacer? Konon katanya kroto dapat menyebabkan Kacer mbagong, benarkah demikian?

Efek Kroto untuk Kacer

Pada dasarnya pemberian kroto untuk Kacer tidak terlalu terlihat perubahannya. Apabila Anda memberikan kroto dan jangkrik, sebenarnya yang mendongkrak performa hanya jangkrik saja.

Walaupun kroto juga sedikit banyak membantu, tapi yang paling banyak berperan dalam performa Kacer lomba sebenarnya jangkrik.

Berbeda kalau yang diberi kroto adalah Murai Batu, Tledekan Gunung dan jenis burung yang stabil, pasti lebih berpengaruh.

Kalau burung karakter stabil diberi kroto, maka akan membuatnya rajin berkicau dan penampilan di lomba lebih bagus lagi.

Apakah Kroto Bisa Buat Kacer Mbagong?

Jawabannya tidak selalu. Di beberapa kasus, Kacer lomba yang diberi kroto justru membuatnya galak dan cepat OB atau over birahi.

Burung Kacer tidak bisa main optimal sampai akhir. Di tengah perlombaan burung sudah OB dan hobinya mengejar lawan saja.

Tidak hanya itu, Kacer juga bisa mematuk kakinya sendiri dan bulunya sendiri. Perilaku ini sering terjadi saat dia mengejar lawan tapi tidak bisa. Sehingga pelampiasannya pada tubuhnya sendiri.

Efek Kroto untuk Kacer Lomba (worldbirdsblog.wordpress.com)
Efek Kroto untuk Kacer Lomba (worldbirdsblog.wordpress.com)

Apa Kacer Tidak Boleh Makan Kroto?

Sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan Anda sudah memiliki setingan yang tepat. Burung boleh diberi kroto tapi dengan tambahan pakan EF lainnya.

Sebab, daripada dampak positif, kroto lebih banyak memberikan efek negatif. Tak heran banyak kicau mania enggan memberikan kroto pada Kacer.

Mungkin sebagian dari Anda justru menolak opini ini. Pasalnya, Anda sudah memberikan kroto sejak lama dan tidak menimbulkan efek buruk pada Kacer.

Kalau memang efeknya masih positif, silakan diteruskan saja pemberian krotonya. Justru nanti kalau dihentikan, Kacer bisa stres.

Pengalaman Perawat Kacer

Ada salah satu perawat Kacer yang berbagi pengalaman memberikan kroto pada Omkicau. Dia adalah Budi Antasari perawat Kacer Hard Rock milik H. Bayu Tulungagung.

Loading...

Om Budi tidak memberi kroto pada Kacer tersebut sejak hari Senin sampai Kamis. Namun, kroto diberikan pada 1-2 hari menjelang lomba, yaitu hari Jumat dan Sabtu.

Pemberian kroto cuma 3 sendok teh saja. Untuk hari minggu atau hari H lomba, Kacer sudah tidak diberi kroto lagi.

Menurutnya ini setingan yang paling ideal untuk Kacer Hard Rock. Kalau Kacer Anda tergolong tidak stabil atau labil, sebaiknya jangan diberi kroto atau kurangi pemberian 2 kali seminggu.

Alternatif Pemberian Kroto pada Kacer

Ternyata kroto bisa berdampak positif bila dikombinasikan dengan buah apel. Kok bisa ya? Iya ini sudah diujicoba pada burung Tledekan, mungkin untuk Kacer hampir sama.

Jika Anda tidak menemukan apel, bisa diganti dengan buah peer. Buah-buahan tersebut terkenal segar dan disukai burung.

Cara Memberikan Kroto dan Apel

Bersihkan kroto dari semut rangrang. Ambil putih telurnya saja.

Apel dipotong 4 bagian. Ambil 1 bagian saja dan diparut sampai menjadi lembut.

Hasil parutan apel diperas dan ambil daging buahnya. Sesuaikan porsi kroto agar sama dengan porsi apel.

Campur kroto dan apel dan aduk sampai merata. Berikan campuran tersebut pada Kacer Anda. Untuk burung Tledekan, ramuan ini sangat bermanfaat.

Pasalnya, Tledekan yang sebelumnya ngeriwik jadi rajin bunyi dan sebagian jadi gacor. Anda yang penasaran bisa saja mencobanya. Perubahan dari setingan ini bisa terlihat 2-3 hari.

Selain Tledekan, kroto dan apel bisa juga diberikan pada burung Ciblek Gunung, Anis Kembang, Anis Merah, Ciblek Kebun, Prenjak, Decu, Branjangan, dan burung pemakan serangga lain.

Baca juga:

Kesimpulan

Jadi sebenarnya kroto tidak terlalu bermanfaat untuk Kacer. Namun, sebagian burung Kacer justru berdampak buruk bila diberi Kacer.

Anda yang tidak mau mengambil risiko sebaiknya jangan pernah memberikan kroto pada Kacer. Namun, kalau Anda tipikal orang yang suka coba-coba, sekali-kali berikan kroto pada Kacer Anda. Tapi pastikan Anda sudah memiliki setingan yang tepat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Manfaat kroto untuk kacer lomba

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!