Efek Negatif Jemur Murai Batu Terlalu Lama (burunghobi.com)

4 Efek Negatif Jemur Murai Batu Terlalu Lama

Burungnya.com – Penjemuran merupakan salah satu rangkaian perawatan penting pada burung Murai Batu. Namun ternyata ada sisi negatif bila menjemur Murai Batu terlalu lama. Mungkin hal tersebut tidak terlalu diperhatikan kicau mania karena berjemur dianggap menyehatkan.

Meski begitu, kalau durasi proses penjemuran terlalu lama nanti justru berbahaya. Selama penjemuran Murai Batu dilakukan selama 1-3 jam. Walau ini terkesan sebentar, tapi bagi burung sudah bisa dibilang lama.

Kalau di alam, burung Murai Batu berjemur dengan cara terbang dari satu ranting ke ranting pohon yang lain. Dengan begitu, bisa dihitung bahwa penjemuran tidak terlalu lama karena dia terbang-terbang ke sana ke mari.

Dampak Negatif Jemur Murai Batu (kangadehikmat.blogspot.com)
Dampak Negatif Jemur Murai Batu (kangadehikmat.blogspot.com)

Bahaya Negatif Jemur Murai Batu Terlalu Lama

1. Mata Murai Batu Katarak

Tidak ada yang menyangka bahwa mata Murai Batu bisa terkena katarak kalau dijemur terlalu lama. Ya, mata burung akan mengeluarkan selaput putih yang menutupi bola mata. Bahkan, burung Murai Batu bisa sampai buta. Semua ini akibat Murai Batu dijemur terlalu lama lebih dari 3 jam.

2. Bulu Murai Batu Kusam

Burung Murai Batu yang lama dijemur juga bisa mengalami penurunan kualitas warna bulu. Sehingga bulu Murai Batu menjadi kusam, terlihat gampang rontok, mudah pecah, dan rusak. Ini karena zat lilin pada bulu Murai hilang. Kalau sudah demikian sudah pasti bulu Murai Batu jadi kusam.

3. Pita Suara Murai Rusak

Tidak hanya rusak pada mata dan bulu, pita suara Murai Batu juga bisa rusak kalau dijemur terlalu lama. Awalnya suara burung akan bersuara serak. Sementara Anda tidak menyadarinya. Kemudian Anda menjemur burung lagi terlalu lama. Suara burung jadi semakin kecil dan lama kelamaan hilang.

Loading...

4. Pembuluh Darah Murai Pecah

Pertama, burung akan terlihat sempoyongan atau tidak bisa berdiri tegak. Ini menandakan pembuluh darah pada Murai Batu pecah karena terlalu lama dijemur. Selanjutnya dampak terparah kaki burung bisa lumpuh atau tidak bisa digerakkan. Lama-kelamaan burung bisa mati.

Baca juga:

Saran Penjemuran untuk Murai Batu

Sebaiknya jemur burung Murai Batu sebentar saja sekitar 10 menit. Burung memerlukan sinar matahari untuk mengeringkan bulu setelah mandi, menghilangkan jamur dan kutu, serta untuk menghangatkan tubuh.

Kalau untuk penambah stamina burung, tidak perlu dijemur terlalu lama. Anda bisa menambah stamina burung dengan latihan umbaran. Penjemuran cukup sebentar saja. Anda bisa melihat sendiri bahwa burung terkadang sampai berteduh di bawah wadah pakan kalau sinar matahari terlalu panas.

Kesimpulan

Demikian dampak negatif menjemur Murai Batu terlalu lama. Semuanya tidak baik untuk kesehatan. Kita mungkin berharap agar stamina burung lebih bagus, tapi justru berbahaya jemur burung terlalu lama.

Lebih baik jemur burung sewajarnya saja. Maksimal jemur Murai setengah jam sudah cukup. Kalau saat musim hujan, jemur burung bisa lebih lama lagi karena matahari jarang muncul.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ciri ciri murai batu jarang dijemur
  • kelamaan penjemuraan pada burung muray batu
  • Kelebihan dan kekurangan menjemur murai batu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!