Efek Pemberian Cicak pada Burung Cendet (youtube.com)

7 Efek Pemberian Cicak dan Kroto untuk Pakan Cendet

Burungnya.com – Bosan membeli pakan jangkrik dan ulat, terkadang kicau mania akan memberikan makanan Cendet berupa cicak atau kroto. Lantas, apa manfaat pemberian cicak dan kroto pada burung Cendet? Untuk manfaatnya sendiri kemungkinan beragam, tapi sepertinya cukup banyak efek negatifnya.

Sebagian dari Anda mungkin pernah berpikiran untuk memberikan cicak ke burung Cendet sebagai pakan extra fooding. Cicak mungkin dianggap bergizi untuk Cendet, tetapi nyatanya justru tidak demikian. Kami akan membahas satu-persatu mulai dari efek cicak, kemudian efek kroto pada Cendet muda atau trotol.

Cicak merupakan hewan yang gemar memakan serangga, seperti nyamuk dan laron. Hewan ini sering ditemukan di dinding rumah. Cicak mempunyai kelebihan yang unik yakni bisa memotong ekornya untuk mengelabuhi pemangsa. Kelebihan cicak ini sering disebut autotomi.

Bahaya Cicak di Rumah

Nah, berbicara tentang cicak, situs DokterSehat.com pernah membahas bahaya cicak di rumah. Ternyata di tubuh cicak terdapat bakteri Escherichia Coli atau E.Coli. Bakteri ini dikenal sebagai penyebab utama sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya.

Anjuran Membunuh Cicak

Cicak juga dianjurkan dibunuh oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam riwayat Sa’ad bin Abi Waqqash.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِقَتْلِ الْوَزَغِ وَسَمَّاهُ فُوَيْسِقًا

Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak, dan dinamakan Fuwaisiqah (binatang jahat yang kecil)”. [HR. Muslim]

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَتَلَ وَزَغًا فِى أَوَّلِ ضَرْبَةٍ كُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَفِى الثَّانِيَةِ دُونَ ذَلِكَ وَفِى الثَّالِثَةِ دُونَ ذَلِكَ

“Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua.” (HR. Muslim no. 2240)

Efek Pemberian Cicak pada Burung Cendet

Burung Cendet Makan Cicak dan Efek atau Manfaatnya (youtube.com)
Burung Cendet Makan Cicak dan Efek atau Manfaatnya (youtube.com)

1. Burung Cendet bisa Over Birahi

Walau cuma sekali memberi cicak pada Cendet, burung tersebut bisa langsung over birahi. Selain itu, over birahi Cendet tersebut bisa berlangsung cukup lama, sehingga akan mengganggu performa burung di lomba.

2. Bulu Cendet Rontok

Pemberian cicak termasuk ekstrem dan dapat membuat bulu Cendet rontok berkelanjutan. Maksudnya, bulu yang rontok tidak hanya sekali tapi berkali-kali. Cicak mempunyai efek panas pada tubuh, sehingga bulunya bisa berjatuhan.

3. Cendet Mencabuti Bulu

Tidak hanya rontok, karena efek panas pada cicak, kulit Cendet menjadi tidak nyaman. Sehingga, burung ini mencabuti bulunya sendiri dan terlihat galak. Namun, tidak semua burung Cendet akan merasakan efek tersebut. Sebagian Cendet kemungkinan tidak akan merasakan efek apapun.

4. Burung Cendet Macet Bunyi

Efek panas yang berlebihan akan membuat burung menjadi tidak nyaman. Burung Cendet menjadi malas bunyi, bahkan macet bunyi. Efek negatif ini bisa berlangsung lama, apabila pemberian cicak cukup banyak.

Loading...

Efek Pemberian Kroto pada Cendet Trotol

Pakan Kroto untuk Cendet Trotol (areablogger.com)
Pakan Kroto untuk Cendet Trotol (areablogger.com)

Manfaat kroto sangat bagus untuk burung kicau, seperti Cendet. Kami akan memberikan beberapa efek positif kroto, lalu efek negatifnya. Berikut beberapa manfaat kroto untuk Cendet:

  • Burung cepat ngeriwik
  • Cendet lebih lincah
  • Suara Cendet ngeplong
  • Burung Cendet jadi gacor
  • Tambahan nutrisi yang baik

Setelah mengetahui berbagai efek positif kroto, sekarang lanjut ke pembahasan efek negatif kroto pada burung Cendet. Jadi, ternyata kroto tidak selalu baik saat diberikan pada Cendet berusia muda, bakalan, atau trotol. Berikut efek buruk kroto pada Cendet muda:

1. Suara Burung Menjadi Serak

Burung yang masih muda mudah mengalami gangguan kesehatan. Walau efek kroto cukup bagus untuk kualitas suara, tetapi kalau usia Cendet masih muda, bisa saja malah merugikan. Ya, kroto dapat membuat suara Cendet trotol menjadi serak.

Sebenarnya tidak hanya pada Cendet bakalan saja, Cendet dewasa pun bisa mengalami serak. Terlebih kalau krotonya sudah basi atau tidak bersih.

2. Cendet Tetelo atau Ayan

Risiko lain dari kroto adalah tetelo atau ayan. Burung Cendet dapat terkena penyaki tetelo apabila terlalu banyak mengonsumsi kroto. Dugaan sementara, karena kandungan protein pada kroto terlalu tinggi. Sehingga tubuh burung Cendet yang masih muda tidak kuat menerima kandungan protein yang tinggi.

Oleh karena itu, pemberian kroto sebaiknya diatur agar tidak berlebihan. Kalau bisa Cendet diberi kroto dengan porsi 1 sendok teh selama seminggu sekali.

3. Burung Cendet Ciak Ekor

Sebaiknya Anda perlu waspada karena pemberian kroto pada Cendet trotol dapat membuatnya mengalami ciak ekor. Kondisi ini biasanya berupa ekor Cendet yang berubah menjadi keriting dan tidak beraturan, kemudian patah atau berjatuhan.

Diklaim kroto yang menjadi penyebab Cendet mengalami ciak bulu. Kandungan protein yang tinggi pada kroto membuat Cendet terkena ciak ekor.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengurangi seluruh pakan yang mengandung protein tinggi, seperti jangkrik, kroto, serangga lain, dan voer yang kandungan proteinnya tinggi.

Kesimpulan

Demikian beberapa efek pemberian cicak dan kroto pada burung Cendet. Ternyata apa yang kita anggap bagus untuk burung, terkadang justru bisa berdampak buruk. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berpikir ulang apabila ingin memberikan cicak atau kroto pada Cendet.

Baca juga:

Daripada menyesal gara-gara makanan yang tidak seberapa, burung kesayangan menjadi sakit atau kehilangan nyawa. Lebih baik, berikan makanan Cendet yang benar-benar aman dikonsumsi dan membuat tubuhnya sehat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • makanan cendet
  • Cara sembuhkan cendet telonen
  • gambar pakan burung cendet
  • gambar bulu cendet dari trotol
  • manfaat cicak untuk pentet
  • makanan burung toet
  • cendet trotol
  • Manfaat cicak untuk burung cendet
  • cendet makan cicak
  • Manfaat

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!