52 Fakta Burung Hantu yang Menakjubkan

52 Fakta Burung Hantu yang Menakjubkan

Burungnya.com -Semakin hari masyarakat tidak takut dengan hantu. Terbukti sekarang bermunculan channel YouTube tentang berburu hantu di malam hari. Ya, orang-orang yang dulu takut dengan burung Hantu, sekarang faktanya justru memelihara burung Hantu. Burung ini sering dipelihara untuk membantu para petani dalam mengusir hama tikus di sawah.

Jadi, sebenarnya burung Hantu tidak selalu menakutkan. Burung yang masih berukuran kecil malah menggemaskan. Walau begitu, perawatan burung ini cukup berat, mengingat makanannya berupa daging-dagingan atau hewan kecil yang masih hidup. Selain itu, burung Hantu aktif di malam hari, sementara kita saat malam harus tidur untuk menginstirahatkan tubuh.

Walau begitu masih banyak komunitas pecinta burung Hantu di berbagai daerah. Hal ini menandakan masyarakat tidak mempedulikan sesulit apapun dalam merawat burung Hantu. Kalau sudah hobi dengan binatang dan jatuh cinta dengan binatang tersebut, maka cobaan apapun akan tetap dilalui.

Jenis Burung Hantu yang Menakjubkan (audubon.org)
Jenis Burung Hantu yang Menakjubkan (audubon.org)

Fakta Burung Hantu

Nah, jika Anda termasuk pecinta burung Hantu mari kita belajar tentang fakta burung tersebut. Mulai dari spesies burung Hantu, habitat, migrasi, rekor burung terbesar hingga terkecil, struktur fisik yang unik, serta mitos burung Hantu.

1. Habitat

Tahukah Anda, ternyata burung Hantu dapat ditemukan di semua habitat di seluruh dunia, tapi tidak ditemukan di Antartika. Kalau Anda mencari burung ini di Antartika, maka tidak akan pernah ketemu. Mungkin burung tersebut takut suhu dingin.

2. Spesies

Burung ini memiliki lebih dari 220 spesies, tetapi hanya terdapat 19 spesies burung Hantu di Amerika Utara. Alasannya karena spesies yang lain tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

3. Migrasi

Ternyata tidak semua burung Hantu bermigrasi. Beberapa dari mereka hidup nomaden atau berpindah-pindah tempat untuk mendapat makanan terbaik.

4. Fosil 3 Meter

Sejak 58 tahun lalu telah ditemukan fosil burung Hantu. Untuk fosil burung Hantu terbesar dengan ketinggian sekitar 3 meter.

Cara memberikan makan burung Hantu besar (photoclubkragujevac.com)
Cara memberikan makan burung Hantu besar (photoclubkragujevac.com)

5. Burung Terbesar

Strix nebulosa merupakan burung Hantu terbesar dengan tinggi 32 inci atau sekitar 84 cm dan masih hidup sampai sekarang.

6. Burung Terkecil

Elf Owl atau Micrathene whitneyi jadi burung Hantu terkecil dengan ukuran 5-6 inci dan beratnya 1,5 ons.

7. Tubuh

Semua burung Hantu tubuhnya tegak dengan mata menghadap ke depan seperti manusia.

8. Mata

Burung ini tidak dapat mengerlingkan mata atau melirik ke kanan dan ke kiri.

9. Kepala

Nah, karena tidak dapat melirik atau mengerlingkan mata, burung Hantu diberi kelebihan lain berupa kepala yang dapat diputar hingga 270 derajat dari depan hingga ke belakang.

10. Kelopak Mata

Burung ini mempunyai tiga kelopak mata, fungsinya untuk berkedip, tidur, dan menjaga mata agar tetap bersih.

11. Rabun Dekat

Tidak banyak yang tahu bahwa burung Hantu tidak mampu melihat objek jarak dekat atau rabun dekat. Burung ini tidak dapat melihat benda atau mangsa beberapa centimeter di depan mata.

12. Bulu Kecil

Burung Hantu menangkap mangsa dengan antena atau bulu kecil di bagian paruh serta kaki (filoplumes). Jadi, intensitas cahaya sedikit, burung ini tetap bisa merasakan keberadaan mangsanya.

13. Telinga Asimetris

Banyak jenis burung Hantu memiliki telinga asimetris atau ukuran yang tidak sama antara kanan dan kiri. Meski begitu, hal tersebut justru dapat membuatnya lebih baik dalam menentukan posisi mangsa.

Telinga Unik Burung Hantu (youtube.com)
Telinga Unik Burung Hantu (youtube.com)

14. Jumbai Mirip Telinga

Ada beberapa spesies burung Hantu yang mempunyai jumbai mirip dengan telinga di bagian kepala. Jumbai ini membantu burung menunjukkan mood dan agresi serta untuk berkamuflase.

15. Pendengaran

Burung ini dapat mendengar volume suara 10 kali lipat lebih bagus dari manusia. Bahkan, apabila ada suara yang tidak didengar manusia, burung Hantu masih bisa mendengarnya. Ini dikarenakan bentuk muka rata dan bulat yang dapat menyalurkan suara langsung ke telinga.

16. Senyap

Kalau terbang, burung Hantu tidak bersuara atau senyap. Hal ini berkat bulu khusus kaku dan lunak. Bagian bulu yang kaku untuk mengurangi kebisingan, sedangkan bulu yang lunak untuk mengurangi turbulensi. Kemudian ada lagi bulu halus untuk menutupi permukaan sayap agar tidak menimbulkan suara.

17. Jari Kaki

Beda dengan yang lain, burung Hantu mempunyai jari kaki zygodactyl dengan 2 jari kaki menghadap depan dan 2 jari kaki menghadap belakang. Ini menjadikan cengkeraman kakinya lebih kuat.

Burung Hantu pembasmi tikus di desa Tlogoweru (sukipbinsofwan.blogspot.com)
Burung Hantu pembasmi tikus di desa Tlogoweru (sukipbinsofwan.blogspot.com)

18. Makan 1000 Tikus

Jenis Burung Hantu Barn Owl dan Serak Jawa atau Tyto alba dapat memakan 1000 tikus dalam satu tahun. Tak heran banyak petani yang memanfaatkan jasa burung Hantu untuk menangkap tikus di sawah.

19. Muntah

Burung Hantu sering memuntahkan kembali makanannya, seperti tulang, bulu, gigi, dan material lainnya yang tidak dapat dicerna.

20. Makanan

Menu makanan burung Hantu di antaranya tikus, mamalia kecil atau sedang, serangga nokturnal, ikan kecil, dan burung kecil.

21. Jenis Macan

Burung Hantu jenis Macan merupakan predator yang kuat. Bahkan, burung ini gemar memakan burung Hantu lain yang lebih kecil.

22. Kelamin Betina

Burung betina cenderung berukuran lebih besar dari jantan. Tidak hanya itu, burung Hantu betina juga lebih berat dan lebih agresif dari burung jantan.

23. Dimorfik

Burung Hantu betina mempunyai warna lebih beragam daripada burung jantan.

24. Suara

Beberapa jenis burung Hantu dapat mengeluarkan suara berupa melengking, memekik, menyalak, dan mendesis.

25. Jangkauan Suara

Selama musim kawin, suara burung Hantu dapat terdengar hingga beberapa kilometer jauhnya.

Loading...
Burung Ferruginous Pygmy Owl (hbw.com)
Burung Ferruginous Pygmy Owl (hbw.com)

26. Aktif Siang Hari

Semua tahu burung Hantu merupakan burung nokturnal yang aktif di malam hari. Namun, ada salah satu jenis burung Hantu yang aktif di siang hari yaitu burung Hantu Hedwig milik Harry Potter. Selain itu, ada pula jenis lain, yakni Northern Hawk Owl, Great Gray Owl, dan Northern Pygmy Owl.

27. Soliter

Sifat burung Hantu selalu menyendiri atau soliter. Sehingga jarang terlihat burung ini hidup berkelompok.

28. Kawin Satu Kali

Burung Hantu termasuk hewan paling setia dengan pasangan karena cuma kawin satu kali seumur hidupnya.

29. Bahasa Inggris

Sekelompok burung Hantu dalam Bahasa Inggris disebut parliament, wisdom, atau study. Namun, bayi burung Hantu dinamakan owlet.

30. Simbol Budaya

Burung Hantu ditemukan di lukisan goa di Perancis, tulisan hieroglif Mesir, seni Suku Maya, dan lambang kebijaksanaan di Yunani Kuno.

31. Ancaman

Burung ini terancam oleh adanya pestisida, racun burung, hilangnya habitat, persediaan makanan menipis, dan dianiaya manusia karena mitos negatif.

Burung Hantu Berenang (lazerhorse.org)
Burung Hantu Berenang (lazerhorse.org)

32. Pintar Berenang

Burung Hantu bertanduk atau bertelinga panjang bisa berenang menggunakan kedua sayapnya. Dia juga bisa menyelam ke dalam laut untuk berburu ikan kemudian keluar lagi.

33. Mata Palsu

Salah satu jenis burung Hantu yaitu Northern Pygmy Owl memiliki 4 mata di depan dan di belakang. Namun, sebenarnya mata yang belakang hanya bulu yang menyerupai mata besar. Hal ini menjadikan burung tersebut tidak bisa dimangsa dari depan atau dari belakang karena pemangsa mengira dia sedang melihatnya.

Burung Hantu Putih atau Snowly owl (Phoochan.com)
Burung Hantu Putih atau Snowly owl (Phoochan.com)

34. Terancam Punah

Burung Hantu Putih atau Snowy Owl dinyatakan terancam punah di Amerika Serikat dan Kanada. Burung ini terdaftar di 2016 State of North America’s Bird’s Watch List dan sudah least concern by the IUCN sejak tahun 1988. Dulu populasi burung ini mencapai 200.000, sekarang tinggal 2.000-20.000.

35. Penglihatan Jarak Jauh

Burung ini rabun dekat tapi dapat melihat jarak jauh dengan bagus. Burung Hantu mempunyai mata silinder yang bagus dalam kegelapan dan jarak jauh.

36. Pilih Kasih

Ternyata burung Hantu cenderung pilih kasih terhadap anak-anaknya. Dia lebih mengutamakan anak terkuat yang diberi makan dulu karena kesempatan hidupnya lebih besar.

37. Kamuflase

Saat siang hari, burung Hantu istirahat dan mengandalkan warna serta pola bulu untuk berkamuflase dengan lingkungan agar tidak terlihat pemangsa.

38. Hidup di Kaktus

Burung Hantu terkecil atau Elf Owl bersarang di dalam kaktus yang dibuat oleh hewan lain.

39. Berburu dengan Kotoran

Burung Hantu bisa berburu dengan kotorannya sendiri. Caranya kotoran diletakkan di tanah dan dia menunggu di dahan pohon sampai kumbang atau serangga berdatangan.

40. Jelmaan Penyihir

Bangsa Romawi dan Yunani dulu mempercayai burung Hantu merupakan jelmaan penyihir.

41. Pertanda Kematian

Suara jeritan burung ini dianggap pertanda kematian. Seperti kematian Agrippa, Julius Caesar, Commodus Aurelius, dan Augustus Caesar yang kematian mereka sudah diprediksi oleh burung Hantu.

42. Pertanda Berita Buruk

Pada tahun 77 M, sejarawan Romawi, Pliny pernah mencatat kemunculan burung Hantu sebagai pertanda berita buruk.

43. Salju Datang

Masyarakat Wales yang mendengar suara burung Hantu di malam hari berarti menandakan salju akan datang.

44. Kehilangan Kesucian

Orang-orang di Wales mempercayai mendengar suara burung Hantu berarti akan ada seorang gadis desa yang mencari kekasih dan kehilangan kesuciannya.

45. Pembawa Keberuntungan

Kalau di China, masyarakat beranggapan burung Hantu dapat membawa keberuntungan atau hoki.

46. Kulit Burung

Mitosnya kulit burung Hantu yang dipajang di dinding bangunan pertanian akan membawa keberuntungan dan dapat melindungi warga dari kejahatan.

47. Telur Burung

Makan telur burung Hantu dipercaya berkhasiat membantu meningkatkan penglihatan, mencegah serangan epilepsi, dan membuat orang mabuk cepat sadarkan diri.

48. Kaldu Burung

Ternyata kaldu burung Hantu dipercaya dapat mengurangi gejala batu rejan.

49. Makan Mata Burung

Masak dan memakan mata burung Hantu yang dicampur ramuan khusus, menurut orang Inggris Kuno dapat membuat penglihatan lebih tajam, setajam mata burung Hantu. Ada juga yang memakan mata burung Hantu secara langsung. Kebiasaan ini dilakukan oleh orang India di masa lalu.

50. Burung Suci

Di beberapa negara seperti Australia dan suku Aborigin menganggap burung Hantu suci. Mereka percaya burung Hantu merupakan jelmaan dari roh orang yang sudah meninggal.

51. Mimpi Burung

Konon di suku Apache, mimpi burung Hantu merupakan pertanda kematian akan segera datang. Namun, hal tersebut cuma mitos.

52. Berburu

Burung Hantu berburu mangsa di tanah. Namun, dia akan bertengger di tempat tinggi untuk mengamati mangsa. Biasanya burung ini bertengger di pohon, bangunan, tiang telepon, tiang pagar, dan lain-lain.

Musim Kawin Burung Hantu Elf (youtube.com)
Musim Kawin Burung Hantu Elf (youtube.com)

Kesimpulan

Demikian beberapa fakta burung Hantu dan mitosnya yang sangat menakjubkan. Burung ini sangat berbeda dari jenis burung lain sehingga bisa dikatakan burung Hantu lebih spesial.

Fakta menarik dan unik burung Hantu memang mengejutkan. Namun, sebagian dari fakta tersebut bikin merinding karena burung Hantu dianggap sebagai pembawa kematian.

Baca juga:

Kendati demikian, burung Hantu selalu mempesona karena mempunyai karakter yang sangar seperti burung Elang. Jadi, burung ini sering dijadikan hewan peliharaan yang eksotis.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!