10 Fakta Burung Sikatan Londo atau Nightingale yang Jarang Diketahui

10 Fakta Burung Sikatan Londo atau Nightingale yang Jarang Diketahui

Burungnya.com – Saat menonton video YouTube, pernahkah Anda melihat video suara burung Nightingale atau Sikatan Londo? Burung ini berukuran kecil tapi suaranya gacor, keras, dan bervariasi. Siapapun yang melihatnya tentu akan terpesona dan berpikir untuk menjadikan burung tersebut sebagai masteran.

Ya, burung Sikatan Londo atau Nightingale sangat digemari, baik di Indonesia atau di seluruh dunia. Burung dengan nama lain Bulbul ini berasal dari kata night yang artinya malam dan bahasa Inggris Kuno yang berarti bernyanyi. Tak heran, burung Nightingale suka berkicau di malam hari.

Baca juga: Lebih Bagus Suara Burung Common Nightingale atau Burung Thrush Nightingale?

Suara Burung Nightingale

Jenis suara burung Nightingale sangat digemari kicau mania. Suaranya merdu dan lantang. Burung ini mempunyai irama lagu yang bervariasi dengan tempo cepat, rapat, ngerol, dan tembakan-tembakan keras. Oleh karena itu, burung Sikatan Londo sering dijadikan burung masteran Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, Anis Merah, dan lain sebagainya.

Burung yang kadang dipanggil Sikatan Rimba ini sering disangka burung Tledekan. Pasalnya, burung Sikatan Londo sangat mirip dengan Tledekan pring betina. Namun, bedanya burung Tledekan mempunyai dada berwarna agak kekuningan, sedangkan burung Sikatan Rimba berwarna abu-abu.

Fakta Burung Sikatan Londo atau Nightingale

1. Berkicau di Malam Hari

Burung Nightingale yang suka berkicau di malam hari biasanya burung lajang atau jomblo. Tujuannya berkicau untuk memikat pasangan betina.

2. Burung Sikatan Londo di Musim Semi

Rata-rata burung ini hadir di musim semi pada tanggal 13 April. Hal tersebut terjadi pada tahun 1962-1993. Namun, pada tahun 2006-2015 burung Sikatan Londo hadir lebih awal yakni tanggal 4 April.

3. Hanya Burung Jantan yang Berkicau

Burung Common Nightingale (wlodeksmardz.pl)
Burung Common Nightingale (wlodeksmardz.pl)

Burung Nightingale dan kicauannya sering dikutip dalam sastra dan puisi sebagai metafora untuk cinta dan keindahan. Sehingga banyak yang beranggapan burung Nightingale betina yang sering berkicau. Padahal, faktanya burung Nightingale jantan yang berkicau untuk memikat betina.

4. Sarang Burung Sikatan Londo

Beda dari yang lain, burung ini suka membuat sarang di permukaan tanah. Jika burung lain membangun sarang yang aman di dahan atau ranting pohon. Namun, burung Sikatan Londo justru membuat rumah atau sarang di tanah.

5. Burung Nightingale di Musim Dingin

Kira-kira kalau musim dingin melanda, ke mana burung Nightingale pergi? Ternyata burung ini bermigrasi ke Afrika Barat. Hal ini diketahui dari penelitian di tahun 2009. Untuk pertama kalinya, burung Nightingale di Inggris dipasangi geolocator kecil.

Kemudian salah satu burung tersebut tertangkap di tahun 2010 dan mengungkap segalanya. Ternyata burung Nightingale di musim dingin melakukan perjalanan jauh 4.828 km ke daerah Guinea, Afrika Barat.

6. Makanan Burung Sikatan Londo

Burung yang berukuran kecil ini suka makan serangga yang didapat di permukaan tanah, terutama semut dan kumbang. Terkadang burung ini juga memakan buah yang dekat dengan sarangnya.

7. Burung Nightingale Mulai Langka

Burung Thrush Nightingale (wikipedia.org)
Burung Thrush Nightingale (wikipedia.org)

Dalam 50 tahun terakhir terjadi penurunan jumlah burung Nightingale sebanyak 90 persen. Penyebabnya karena perubahan iklim dan peningkatan jumlah rusa yang merusak habitat burung tersebut. Sehingga, burung Nightingale sulit mencari makan.

8. Ancaman Burung Sikatan Londo di Masa Lalu

Pada abad ke-19, burung Sikatan Londo ditangkap dalam jumlah besar. Alasan penangkapan ini untuk mendapat suara kicauannya yang indah. Burung ini juga banyak yang bunuh diri dengan menabrakkan diri ke dinding jeruji sangkar saat ingin sekali untuk bermigrasi.

9. Suara Burung Nightingale Live di Radio

Untuk pertama kalinya, burung Nightingale bernyanyi live di radio bersama dengan pemain cello, Beatrice Harrison pada tanggal 19 Mei 1924 bertempat di Oxted, Surrey. Konser di radio tersebut sukses dan diulangi terus di tahun-tahun berikutnya. Saking suksesnya, Beatrice sampai mendapat 50.000 surat dari penggemar.

Loading...

10. Alasan Suara Burung Sikatan Londo Sangat Indah

Ternyata burung Sikatan Londo memiliki repertoar yang banyak, sehingga mampu menghasilkan lebih dari 1000 suara kicau yang berbeda. Alasan lainnya karena otak burung Sikatan Londo yang cerdas sehingga dia mampu menciptakan jenis suara yang lebih banyak daripada burung biasa.

Baca juga:

Demikian fakta menarik tentang burung Sikatan Londo (Sikatan Rimba) atau Nightingale yang jarang diketahui. Siapapun yang mendengar suara kicauan burung ini pasti langsung jatuh hati.

Admin Instagram @burungnyadotcom sering mendapat pertanyaan tentang nama burung tersebut. Kebanyakan dari mereka terpikat dengan suara Sikatan Londo, tapi tidak mengetahui nama burung tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Burungnya.com (@burungnyadotcom) on

Apabila melihat video burung Sikatan Londo atau Nightingale siapa yang tidak terkesima? Suaranya saja seakan sudah mewakili berbagai jenis burung yang lain. Dengan begitu, kicau mania tidak perlu memelihara banyak burung dan cukup merawat seekor burung Sikatan Londo di rumah pasti sudah ramai sekali.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung sikatan
  • sikatan londo
  • burung sikatan rimba
  • sikatan rimba
  • mitos burung sikatan
  • jenis burung sikatan londo
  • gambar jalas burung sikatan londo
  • sikatan
  • jenis burung sikatan
  • membedakan tledekan jati betina dan jantan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!