Fakta dan Mitos Burung Lovebird (pakanmaster.com)

8 Fakta dan Mitos Burung Lovebird Harian dan Ternak

Burungnya.com – Banyak sekali rumor yang beredar seputar burung Lovebird. Namun, sebagian dari rumor tersebut terkadang tidak benar. Orang-orang hanya menyebarkan mitos dan bukan fakta yang sebenarnya. Sehingga banyak mitos yang beredar tapi dianggap menjadi fakta yang diyakini banyak orang.

Sebagai kicau mania pemahaman tentang burung Lovebird harus diperbanyak. Anda tidak boleh mempercayai info dari satu sumber saja. Kalau Anda penasaran, setidaknya bertanya pada teman atau komunitas Lovebird di wilayah tempat tinggal Anda atau di media sosial.

Nah, berhubung masih banyak masyarakat yang penasaran dengan Lovebird, kami akan menunjukkan fakta dan mitos burung Lovebird. Sehingga Anda nanti tidak penasaran lagi tentang burung tersebut. Mungkin saja, beberapa info ini sudah Anda ketahui sebelumnya. Namun, ada kemungkinan info tersebut belum diketahui orang lain.

Fakta dan Mitos Burung Lovebird

1. Tidak Boleh Pelihara Lovebird Satu Ekor

Ada seseorang yang mengatakan tidak boleh pelihara Lovebird hanya satu ekor. Katanya nanti Lovebird tersebut kesepian dan akhirnya mati.

Hal tersebut sebenarnya mitos karena banyak orang yang memelihara satu Lovebird di rumah dan bisa hidup lama bertahun-tahun.

Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena Lovebird termasuk burung koloni yang suka hidup berpasang-pasangan.

Jadi, kalau Lovebird tersebut sebelumnya sudah memiliki pasangan, tetapi pasangan satunya, maka Lovebird bisa stres dan menurunkan performanya.

Kendati demikian, kalau Anda mencarikan pasangan lagi, maka performa Lovebird tersebut akan pulih kembali.

Selain itu, kasihan kalau Anda hanya merawat satu Lovebird di rumah. Apalagi tetangga sekitar tidak ada yang memelihara burung tersebut, takutnya burung akan merasa kesepian.

Solusi untuk masalah ini sering-seringlah memaster burung Lovebird dengan suara masteran Lovebird lain dari YouTube atau MP3.

2. Lovebird Jantan dan Jantan Tidak Bisa Kawin

Nah, untuk kasus Lovebird jantan dan Lovebird jantan memang tidak bisa kawin.

Hal tersebut fakta tapi terkadang ada yang menolaknya karena gaya keduanya saat berada dalam satu kandang seperti pejantan dan betina kawin.

Jadi, burung yang satu naik ke tubuh burung satunya seperti sedang kawin. Padahal, mereka hanya over birahi saja. Sampai kapanpun burung Lovebird tersebut tidak akan bisa bertelur.

Sehingga Anda jangan membuang-buang waktu kalau benar-benar ingin menjadi peternak Lovebird. Lebih baik segera cari burung betina agar Lovebird Anda segera bertelur dan bisnis ternak Lovebird berjalan lancar.

3. Lovebird Betina dan Betina Tidak Bisa Kawin

Tadi Lovebird yang kelaminnya sesama jantan tidak bisa kawin tapi gayannya seperti burung kawin. Kalau burung betina bagaimana?

Sama saja, burung Lovebird betina dan betina tidak bisa kawin, tapi mereka bisa bertelur. Ya, telurnya memang keluar tapi invertil atau kopong.

Jadi, telur tersebut tidak ada isinya karena tidak dibuahi oleh pejantan. Banyak kasus peternak pemula kebingungan karena telur yang keluar tidak kunjung menetas. Hal tersebut karena telur kosong atau invertil.

4. Telur Lovebird Maksimal Empat Butir

Benarkah Lovebird hanya bisa bertelur maksimal 4 butir? Hal tersebut mitos karena Lovebird dapat bertelur hingga 8 butir.

Ada juga rumor yang mengatakan Lovebird yang bertelur lebih dari 4 butir maka indukannya sama-sama burung betina.

Untuk kasus ini masih mitos karena memang ada Lovebird jantan dan betina yang bisa bertelur lebih dari 4 butir. Jadi, walau jumlah telurnya banyak, hal tersebut wajar, selama telur tadi menetas.

Kalau telur tidak menetas, berarti memang indukan tadi sama-sama betina. Anda bisa menentukan jawabannya kalau telur tersebut sudah menetas.

Fakta dan Mitos Lovebird (pakanmaster.com)
Fakta dan Mitos Lovebird (pakanmaster.com)

5. Lovebird Berhenti Produksi Saat Usia 5 Tahun

Lagi-lagi ada mitos yang beredar tentang Lovebird berhenti produksi saat usianya 5 tahun. Bahkan, ada juga kicau mania yang mengatakan burung Lovebird mereka usia 2-3 tahun sudah tidak produksi lagi.

Loading...

Hal tersebut mitos karena faktanya burung Lovebird umur 8 tahun ada yang masih aktif produksi dan kawin. Namun, burung-burung tua seperti ini bisa tetap aktif bertelur kalau makanan yang dikonsumsi alami.

Jika burung makan suplemen atau vitamin-vitamin buatan, biasanya memang lebih cepat tidak produksi. Tak heran, banyak orang yang mengatakan burung usia 2-3 tahun sudah tidak produksi.

6. Indukan Lovebird Minimal Usia 2 Tahun

Apakah indukan Lovebird harus berusia minimal 2 tahun agar bisa bertelur? Ternyata hal ini fakta dan mitos.

Sebab, disarankan indukan Lovebird berusia di atas 1 tahun agar tidak berkelahi, tidak egg binding, dan telur bisa menetas.

Lovebird usia 1 tahun bisa dikatakan lebih mapan dan cukup dewasa. Namun, bukan berarti indukan Lovebird di bawah 1 tahun tidak bisa produksi.

Ada juga Lovebird usia 7-8 bulan yang bisa produksi dan bertelur tapi biasanya tidak sempurna. Kalau Anda menginginkan telur berkualitas, sebaiknya bersabar sampai usianya mapan dulu.

7. Anakan Lovebird Mirip dengan Indukan

Untuk masalah keturunan seperti ini, sudah pasti cuma mitos belaka. Keturunan atau trah mungkin bisa diturunkan, tapi tidak semua anakan Lovebird akan mirip dengan indukan.

Sebagai contoh, indukan warna biru, maka anakannya bisa hijau dan kuning. Namun, masih ada yang diturunkan, biasanya karakter, suara, dan performa di lapangan.

8. Burung Lovebird Tidak Bisa Poligami

Lovebird katanya burung yang setia, tapi di dunia nyata Lovebird jantan bisa mengawini beberapa burung betina. Hal ini sering dilakukan peternak untuk menekan pengeluaran.

Jadi, mereka mengawinkan satu Lovebird jantan dengan beberapa indukan Lovebird betina.

Cara mengawinkannya, Lovebird jantan dikawinkan dengan Lovebird betina A, jika sudah selesai, istirahat beberapa hari lalu dikawinkan dengan Lovebird betina B.

Ini bisa dilakukan selama burung betina tidak mendengar suara betina lainnya. Jadi, peternak harus memisah jauh lokasi kandang agar keduanya tidak saling mendengar.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian fakta dan mitos burung Lovebird harian dan ternak. Rasa penasaran Anda tentang Lovebird mungkin sedikit banyak sudah tercerahkan. Jangan pernah malu bertanya agar ilmu tentang merawat Lovebird lebih banyak.

Dunia Lovebird sangat luas, tidak hanya sekadar suara dan warna saja. Sebab, setingan, pakan, hingga terapi Lovebird sangat beragam. Anda yang baru memelihara Lovebird pasti sangat tertantang untuk menjadikannya Lovebird konslet atau fighter.

Silakan bermimpi dulu sambil mengamati perkembangan Lovebird. Sesekali amati perawatan Lovebird orang yang sudah berprestasi. Siapa tahu, dari setingan tersebut Lovebird Anda juga ketularan berprestasi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • mitos lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!