10 Fakta Menarik Burung Cenderawasih, Sejarah dan Mitosnya

10 Fakta Menarik Burung Cenderawasih, Sejarah dan Mitosnya

Burungnya.com – Burung Cenderawasih adalah burung indah dengan nama family Paradisaeidae. Nama tersebut diambil dari paradise yang artinya surga. Dengan kata lain, burung Cenderawasih merupakan burung dari surga. Bahkan burung ini juga mendapat julukan birds of paradise karena keindahan bulunya.

Sejarah Burung Cenderawasih

Nama burung dari surga tersebut diberikan oleh seorang ilmuwan Uskup Villadolid di Roma. Sejarah burung Cenderawasih berasal dari perjalanan para raja di seluruh dunia. Pada tahun 1522, Antonio Pigafetta dan Magelhan sudah selesai melakukan perjalanan keliling dunia dan kembali ke Sevilla.

Saat itu, Pigafetta membawa kulit Cenderawasih kuning sebagai oleh-oleh pada Raja Bacan dari Maluku Utara untuk Raja Spanyol. Nah, oleh-oleh tadi kemudian dikirim ke Uskup Villadolid untuk dipelajari secara ilmiah.

Baca juga: Kemunculan Jenis Burung Cenderawasih Baru di Papua Barat

Konon katanya, burung Cenderawasih sudah ada sejak 24 juta tahun yang lalu. Dulu bulu Cenderawasih digunakan masyarakat Papua untuk hiasan pakaian adat. Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, bulu Cenderawasih diperdagangkan dan menjadi tren penghias topi wanita di Eropa.

Cenderawasih Goldi (Goldie's Bird of Paradise) (pinterest.se)
Cenderawasih Goldi (Goldie’s Bird of Paradise) (pinterest.se)

Mitos Burung Cenderawasih

Warga di Eropa meyakini mitos burung Cenderawasih tidak pernah ada di bumi karena menurut keyakinan mereka, burung Cenderawasih cuma melayang-ayang di surga atau ruang angkasa. Bahkan, menurut mereka makanan burung Cenderawasih adalah embun dan proses kawin dilakukan di udara.

Uniknya lagi, Cenderawasih betina mengerami telur di punggung jantan karena keduanya terbang terus tanpa hinggap di daratan. Jika lelah terbang, ekornya akan dikaitkan pada dahan pohon dan burung Cenderawasih akan beristirahat.

Namun, setelah mitos burung Cenderawasih berkembang begitu lama, ternyata diketahui bahwa ini cuma karangan pedagang Eropa agar bisa menjual bulu burung Cenderawasih di Eropa dengan harga yang sangat mahal.

Fakta Menarik Burung Cenderawasih

1. Spesies Burung Cenderawasih

Tahukah Anda, burung Cenderawasih terdiri dari 14 genus dan 43 spesies. Nah, 30 spesies di antaranya terdapat di Indonesia.

2. Jenis Burung Cenderawasih

Cenderawasih Belah Rotan (Magnificent Bird of Paradise) (hbw.com)
Cenderawasih Belah Rotan (Magnificent Bird of Paradise) (hbw.com)

Diketahui jenis burung Cenderawasih dibedakan menjadi dua, yakni burung Cenderawasih merah (paradisaesa rubra) dan burung Cenderawasih biru (paradisaesa rudolphi).

3. Habitat Burung Cenderawasih

Burung Cenderawasih banyak ditemukan di Papua, Papua Nugini, dan Australia timur. Biasanya burung ini tinggal di hutan hujan tropis, sabana terbuka, dan hutan mid-montana.

4. Ukuran Tubuh Burung Cenderawasih

Ternyata ada burung Cenderawasih yang mempunyai ukuran tubuh sangat panjang mencapai 110 cm, yaitu burung Cenderawasih paruh hitam sabit. Sementara burung Cenderawasih paling kecil adalah Cenderawasih Raja dengan panjang tubuh 15 cm. Sementara, burung Cenderawasih terberat adalah Cenderawasih Maukod jambul bergulung mencapai 430 gram.

Loading...

5. Cara Kawin Burung Cenderawasih

Cenderawasih Raggiana (Raggiana Bird of Paradise) (jungledragon.com)
Cenderawasih Raggiana (Raggiana Bird of Paradise) (jungledragon.com)

Bagaimana cara burung Cenderawasih kawin atau memikat pasangan? Ternyata burung jantan akan memamerkan bulu-bulunya yang indah kemudian menari di dekat burung betina. Selain menari dan beratraksi memikat Cenderawasih betina, pejantan juga mengeluarkan kicauan yang indah. Tujuannya agar burung betina mau diajak kawin.

6. Bulu Burung Cenderawasih

Cenderawasih Panji (King of Saxony Bird of Paradise) (charismaticplanet.com)
Cenderawasih Panji (King of Saxony Bird of Paradise) (charismaticplanet.com)

Ternyata bulu Cenderawasih jantan mempunyai bulu yang lebih cerah dan licin dari Cenderawasih betina. Beberapa spesies Cenderawasih jantan mempunyai ciri khas bulu di kepala yang besar dan panjang seperti mahkota.

7. Cenderawasih termasuk Burung Soliter

Burung Cenderawasih merupakan burung soliter yang hanya berkumpul untuk kawin. Burung Cenderawasih membangun sarang dari daun, sulur anggur, pakis, dan lain-lain.

8. Telur Burung Cenderawasih

Dalam 22 hari sampai 30 hari, telur burung Cenderawasih akan menetas, tapi sebagian telur biasanya dimangsa oleh burung Elang dan ular. Bagi telur yang selamat akan menetas dan dirawat oleh induknya sampai dewasa.

9. Dulu Bulu Burung Cenderawasih Jadi Hiasan

Fredika Rumkorem, pengrajin burung Cenderawasih imitasi (Asrida Elisabeth-Mongabay.co.id)
Fredika Rumkorem, pengrajin burung Cenderawasih imitasi (Asrida Elisabeth-Mongabay.co.id)

Zaman dahulu, bulu burung Cenderawasih dipakai masyarakat Papua sebagai hiasan pakaian adat. Kemudian, pada abad ke-19 dan awal abad 20, bulu Cenderawasih diperjualbelikan dan menjadi tren penghias topi wanita di Benua Eropa.

10. Burung Cenderawasih Dilindungi

Untuk menjaga populasi burung Cenderawasih, pemerintah mengeluarkan UU No. 5 Tahun 1990 dan PP No. 7 Tahun 1999. Undang-undang tersebut menegaskan bahwa burung Cenderawasih merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia.

Demikian beberapa fakta menarik tentang burung Cenderawasih. Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, tentunya sudah tidak percaya dengan mitos burung Cenderawasih yang berasal dari surga. Pasalnya, sebagian dari Anda pasti sudah pernah melihat burung Cenderawasih secara langsung.

Sampai saat ini burung Cenderawasih masih sering dijadikan maskot suatu ajang kejuaraan. Kalau dulu bulu ekor burung Cenderawasih dijadikan mahkota oleh ketua suku pedalaman.

Kalung burung Cenderawasih imitasi (Asrida Elisabeth-Mongabay.co.id)
Kalung burung Cenderawasih imitasi (Asrida Elisabeth-Mongabay.co.id)

Namun, karena jumlahnya semakin berkurang, akhirnya mahkota bulu Cenderawasih diganti dengan bulu sintetis yang mirip dengan aslinya. Bahkan, Anda juga bisa membeli mahkota dari bulu ekor burung Cenderawasih sebagai oleh-oleh.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung cendrawasih belah rotan
  • cenderawasih paradise
  • cendrawasih goldi
  • fakta burung cenderawasih
  • fakta burung cendrawasih
  • gambar burung bidadari
  • sarang burung cendrawasih
  • sarang burung cendrawasih belah rotan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!