10 Fakta Menarik Burung Kiwi yang Mengejutkan

10 Fakta Menarik Burung Kiwi yang Mengejutkan

Burungnya.com – Sebagian besar dari Anda pasti belum pernah melihat burung Kiwi secara langsung. Ini dikarenakan burung Kiwi merupakan burung endemik Selandia Baru New Zealand. Burung ini mempunyai karakteristik yang unik dan mengejutkan. Bentuknya tidak mirip dengan burung, tapi disebut burung.

Mengapa Kiwi tidak mirip dengan burung? Jawabannya sederhana, burung Kiwi tidak memiliki sayap dan bulunya menyerupai marmut atau rambut. Ini masih keunikan burung Kiwi yang terlihat secara kasat mata, belum lagi hal-hal unik lainnya yang jarang diketahui.

Mengenal Burung Kiwi

Sebelum membahas fakta menarik burung Kiwi, mari mengenal burung ini lebih jauh. Burung Kiwi merupakan burung yang tidak bisa terbang dan burung endemik Selandia Baru. Tak heran, burung Kiwi dijadikan simbol nasional Selandia Baru.

Burung unik ini sampai dijadikan simbol karena dianggap mempunyai semangat nasional negeri tersebut yaitu mampu bertahan dan berevolusi selama jutaan tahun.

Keunikan Burung Kiwi (falconermuseum.co.uk)
Keunikan Burung Kiwi (falconermuseum.co.uk)

Ada kisah menarik tentang burung Kiwi yang menjadikan orang-orang di Selandia Baru disebut sebagai Kiwi. Awalnya dari seorang pria kelahiran Skotlandia yang pada tahun 1900 membuat produr semir sepatu. Dia mampu membuat sepatu terlihat mengilap, tahan air, awet, dan lembut. Semir tersebut dinamakan semir Kiwi.

Sebutan Kiwi diberikan sebagai bentuk penghargaan bagi negara calon istrinya yang berasal dari Oamaru, Selandia Baru. Semir Kiwi kemudian menjadi populer selama masa perang Dunia I. Pasukan Amerika dan Inggris sering menggunakan semir tersebut dan akhirnya menyebut orang-orang Selandia Baru dengan sebutan Kiwi.

Fakta Menarik Burung Kiwi

1. Bulu Burung Kiwi Sangat Tebal

Burung Kiwi selalu hidup di tanah karena tidak bisa terbang. Sehingga bulunya menjadi sangat tebal dan membantu burung Kiwi dalam menyamar menghindari predator. Dari kejauhan bulu burung Kiwi terlihat seperti semak belukar. Jadi, bulunya dapat mengecoh para pemangsa.

2. Burung Kiwi Setia

Kalau sudah kawin dan menemukan jodohnya burung Kiwi tidak akan mencari pasangan yang lain. Burung ini cuma berpasangan satu kali seumur hidup sampai mati. Bahkan, hubungan cinta pasangan burung Kiwi yang pernah tercatat yaitu sampai 20 tahun. Cinta mereka terpaksa terhenti karena salah satu dari pasangan burung Kiwi mati.

3. Telur Burung Kiwi Besar

Jika biasanya telur burung lebih kecil dari ukuran tubuh, tetapi burung Kiwi justru hampir sama ukurannya. Telur burung Kiwi berukuran 20 persen dari ukuran tubuh induknya dan berat telur tersebut 0,5 Kg. Telur Kiwi mengandung banyak kuning telur sehingga saat bayi burung Kiwi menetas, dia sudah memiliki banyak bulu dan ukurannya besar.

4. Burung Kiwi Tidak Punya Sayap

Alasan burung Kiwi tidak bisa terbang karena burung tersebut tidak mempunyai sayap. Ada yang menyebutkan bahwa burung ini mempunyai sayap tapi cuma 5 cm, sehingga sayap tersebut hampir tidak terlihat. Dulu burung ini bisa mencari makan dan bersarang bebas di permukaan tanah. Namun, semenjak manusia menginjakkan kakinya di Selandia Baru, populasi burung Kiwi mulai terancam.

5. Penciuman Burung Kiwi Sangat Tajam

Tidak seperti yang lain, biasanya burung mempunyai penglihatan yang tajam. Akan tetapi burung Kiwi justru mempunyai indra penciuman yang tajam. Lubang hidungnya besar tersemat di ujung paruh sehingga burung Kiwi dapat mencium bau apapun dengan mudah.

Loading...

6. Burung Kiwi dengan Senjata Cakar Tajam

Ternyata senjata burung Kiwi tidak terletak pada paruhnya yang panjang, tetapi malah cakarnya yang tajam. Cakar burung ini digunakan untuk bertahan hidup di malam hari. Jika ada pemangsa, burung Kiwi akan mencabik kaki pemangsa dengan cakar tajam lalu sembunyi di semak belukar.

7. Ingatan Burung Kiwi Tajam

Tak hanya manusia, ternyata burung Kiwi juga mempunyai ingatan yang tajam. Hal ini diketahui saat dia dapat mengingat kejadian buruk yang menimpanya selama 5 tahun. Burung ini juga tidak mudah ditipu. Mungkin rekaman panggilan suara burung Kiwi dapat menipunya sekali saja. Kemudian di kesempatan berikut burung Kiwi akan menyadari bahwa panggilan suara tadi cuma tipuan belaka.

8. Burung Nocturnal Aktif di Malam

"<yoastmark

Oh iya, burung Kiwi sama seperti burung Hantu dan kelelawar yang aktif di malam hari. Jadi aktivitas vital burung ini lebih banyak dilakukan di malam hari. Kalau beraktivitas di malam hari, burung ini merasa lebih aman karena pemangsa sulit menemukannya di kegelapan.

9. Nama Burung Kiwi karena Suaranya

Ternyata dipanggil burung Kiwi karena suaranya terdengar unik yakni kiii wiii kiii wiii kiii wiii. Dari situlah, masyarakat yang menemukannya memanggil burung tersebut dengan sebutan Kiwi.

10. Penglihatan Burung Kiwi Terbatas

Dalam mencari makanan, burung Kiwi sering mengandalkan hidungnya. Sebab, burung Kiwi memiliki jarang pandang yang terbatas. Kalau di malam hari, burung Kiwi bisa melihat sejauh 2 meter dan siang hari cuma 1 meter.

Demikian fakta menarik burung Kiwi yang mengejutkan. Anda yang baru mengetahuinya pasti terkejut dan tidak menyangka bahwa Kiwi termasuk salah satu jenis burung. Pasalnya, ciri dan tubuhnya tidak menyerupai burung yang lain. Bulunya justru terlihat seperti rambut kasar.

Baca juga:

Saat ini burung Kiwi sudah terancam punah karena banyak pemangsa dan tidak bisa terbang seperti burung lainnya. Sehingga burung ini sulit bertahan hidup. Untuk melestarikan burung ini pemerintah Selandia Baru menjadikan burung Kiwi sebagai simbol nasional.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!