5 Fakta Menarik Burung Kolibri yang Mengagumkan

Burungnya.com – Kolibri dikenal sebagai burung terkecil di dunia. Burung ini kalau di Indonesia sering dilombakan dalam kontes suara. Apakah suara burung Kolibri bisa gacor sama seperti jenis burung lainnya? Jangan salah, walau berukuran kecil, burung Kolibri suaranya gacor. Selain itu, terdapat pula sejumlah fakta menarik tentang burung tersebut.

Ya, bisa dibilang Kolibri merupakan burung yang kecil-kecil cabe rawit. Pasalnya, di balik tubuhnya yang mungil, burung ini mempunyai banyak keistimewaan yang mengagumkan. Sekilas mungkin kelebihan tersebut tidak terlihat, tapi bila Anda mempelajari burung Kolibri lebih jauh, pasti Anda akan mengetahuinya.

Kami merangkum beberapa fakta menarik burung Kolibri. Anda mungkin akan tercengang saat mengetahui apa yang bisa dilakukan burung tersebut.

Kelebihan dan Fakta Burung Kolibri (cameoglassuk.co.uk)
Kelebihan dan Fakta Burung Kolibri (cameoglassuk.co.uk)

Fakta Menarik Burung Kolibri

1. Burung Terkecil di Dunia

Salah satu jenis burung Kolibri tercatat sebagai burung terkecil di dunia. Hal ini karena panjang tubuhnya cuma 5,7 cm. Burung tersebut bernama Kolibri Lebah (Mellisuga helenae). Ukuran segitu termasuk Kolibri dewasa. Coba bayangkan, Kolibri muda kira-kira sekecil apa ya?

Kalau berat burung Kolibri lebah tidak perlu ditanyakan lagi karena sudah pasti ringan sekali. Burung ini beratnya sekitar 1,6 gram. Jadi jika dibandingkan dengan uang logam, berat burung Kolibri lebah lebih ringan lima kali lipat dari uang logam Rp 1.000.

2. Burung dengan Kepakan Sayap Tercepat di Dunia

Keistimewaan burung Kolibri tidak hanya terletak pada ukuran saja. Burung ini juga mempunyai rekor kepakan sayap tercepat di dunia. Memang seberapa cepat burung Kolibri dalam mengepakkan sayap?

Di saat musim kawin, burung Kolibri berleher rubi (Archilochus colubris) dapat mengepakkan sayap dengan kecepatan 200 kepakan per detik. Dalam keadaan normal pun burung ini dapat terbang dengan mengepakkan sayap sampai 90 kepakan per detik.

Tak heran, burung ini juga disebut hummingbird dalam Bahasa Inggris karena saat terbang sayapnya mengeluarkan suara hummm, seperti suara nyamuk.

3. Burung dengan Sistem Organ Tubuh Tercepat di Dunia

Tidak hanya kecepatan kepakan sayap, burung ini juga mempunyai sejumlah rekor kecepatan dalam sistem organ tubuh. Detak jantung burung Kolibri mempunyai kecepatan rata-rata 1.200 detak per menit. Sementara manusia kecepatan detak jantungnya 60-100 detak per menit.

Kecepatan napas burung Kolibri juga mengagumkan. Burung ini dapat bernapas dengan kecepatan 250 hembusan napas per menit. Bahkan, kecepatan tersebut akan meningkat saat burung sedang dalam keadaan terbang.

Loading...

Di samping itu, burung paling kecil di dunia ini juga mampu memasukkan paruh ke dalam bunga untuk mengambil nektar dengan kecepatan 10-15 jilatan per detik. Cepat sekali bukan?

4. Burung Kecil Terkuat di Dunia

Dalam urusan terbang dan migrasi, jangan pernah meremehkan burung Kolibri. Salah satu jenis burung Kolibri Rufus (Selaphorus rufus) dapat terbang sejauh 3.000 mil atau sekitar 4.800 Km dari Alaska, Kanada, hingga Meksiko.

Burung Kolibri berleher rubi (Archilochus colubris) juga tergolong hebat. Sebab, burung ini juga mampu bermigrasi menyeberangi teluk Meksiko sejauh 500 mil non-stop tanpa berhenti sekalipun.

5. Burung Terkecil dengan Mental Pemberani

Meski ukuran tubuhnya mungil, burung Kolibri ternyata mempunyai mental yang pemberani. Dia tak segan menyerang burung lain apabila burung tersebut masuk ke dalam teritori wilayahnya.

Lebih hebatnya lagi, tidak hanya burung sejenis saja, tapi burung dari spesies lain yang ukurannya lebih besar pun juga ikut diserang. Bahkan, Kolibri berani menyerang burung Gagak dan burung Elang yang ukurannya jauh lebih besar dari dirinya.

Kesimpulan

Demikian beberapa fakta menarik dan kelebihan burung Kolibri yang mengagumkan. Burung lain mungkin mempunyai kelebihan yang lebih menarik. Namun, melihat ukuran burung Kolibri yang kecil dan mungil, tentu sejumlah kelebihan sangat luar biasa.

Baca juga:

Itu tadi juga belum termasuk kecerdasan burung Kolibri dalam menirukan suara burung lain. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan mengapa burung Kolibri sering diikutkan lomba dalam kontes suara.

Bagi Anda yang mempunyai burung Kolibri, seharusnya Anda bangga karena sudah memiliki burung kecil paling menakjubkan di muka bumi. Bulunya saja bisa bersinar saat terkena cahaya matahari. Tentu hal tersebut dapat menambah nilai kecantikan burung Kolibri.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung colibri
  • Kelebihan burung Kolibri
  • sayap kolibri

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!